Ta’liq Nukhbatul Fikr (makna hadits Hasan Shahih)

July 13, 2013 at 11:31 pm | Posted in Tulisan Lainnya | Leave a comment
Tags: , ,

قال الإمام الحافظ :
فإن جمعافللتردد في الناقل حيث التفرد وإلا فباعتبار إسنادين
“Jika digabungkan (shahih dan Hasan), maka terjadi perbedaan dari orang yang menukilnya, yang mana hal tersebut apakah satu kesatun (Hasan dan shahih) atau memiliki 2 sanad (Hasan atau Shahih).
Ta’liq :
Imam Tirmidzi dalam kitab sunannya, sering menggunakan istilah “hadits Hasan Shahih”. Al Hafidz Ibnu Hajar menjelaskan bahwa maksud perkataan Imam Tirmidzi ada 2 yakni :
1. Istilah ini digunakan untuk menunjukkan bahwa pada hadits tersebut terdapat 2 jenis jalan yaitu jenis yang pertama, haditsnya Hasan dan jenis yang kedua, haditsnya shahih. Sehingga seolah-olah Imam Tirmidzi berkata haditsnya Hasan dan shahih. Namun terdapat sedikit isykal padanya, ketika diketahui bahwa hadits shahih adalah tingkatan yang paling tinggi, maka labih elok kalau dikatakan hadits shahih hasan, namun kenyataannya terbalik. Berdasarkan keterangan ini maka kedudukannya diatas hadits yang sekedar dikatakan shahih saja.
2. Maksudnya adalah terjadi perselisihan didalam penilaian ulama terhadap perowinya, apakah ia perowi shahih atau perowi hasan, sehingga seolah-olah Imam Tirmidzi berkata : ‘hadits hasan atau shahih’. Berdasarkan keterangan ini maka kedudukannya seolah-olah diatas hadits hasan, namun dibawah hadits shahih.
Ada sebagian ulama lagi yang menafsirkan bahwa yang dimaksud adalah :
3. Hasan (bagus) dari segi isinya dan shahih ditinjau dari segi sanadnya. Namun penafsiran ini juga masih menyisakan isykal, yaitu terkadang isi haditsnya adalah perkara neraka jahanam, hudud dan semisalnya, sehingga sangat rancu kalau dikatakan hasan matannya (isinya).

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: