DOA RINGAN PAHALANYA BERJUTA-JUTA

October 24, 2013 at 10:51 pm | Posted in Hadits | Leave a comment

DOA RINGAN, PAHALANYA BERJUTA-JUTA

            Allah r sangat Pemurah kepada hamba-Nya, Dia akan membalasi amal hamba-Nya dengan ganjaran yang berlipat-lipat. Allah r berfirman :

إِنَّ اللَّهَ لَا يَظْلِمُ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ وَإِنْ تَكُ حَسَنَةً يُضَاعِفْهَا وَيُؤْتِ مِنْ لَدُنْهُ أَجْرًا عَظِيمًا

“Sesungguhnya Allah tidak menganiaya seseorang walaupun sebesar zarrah, dan jika ada kebajikan sebesar zarrah, niscaya Allah akan melipat gandakannya dan memberikan dari sisi-Nya pahala yang besar” (QS. An Nisaa’ : 40).

Imam Syinqithi dalam “Tafsir Adhwaul Bayan” berkata :

قوله تعالى : { وَإِن تَكُ حَسَنَةً يُضَاعِفْهَا } الآية .

لم يبين في هذه الآية الكريمة أقل ما تضاعف به الحسنة ، ولا أكثره ولكنه بين في موضع آخر أن أقل ما تضاعف به عشر أمثالها ، وهو قوله : { مَن جَآءَ بالحسنة فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا } [ الأنعام : 160 ] .

وبين في موضع آخر أن المضاعفة ربما بلغت سبعمائة ضعف إلى ما شاء الله ، وهو قوله : { مَّثَلُ الذين يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ الله كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ } [ البقرة : 261 ] الآية كما تقدم

“Firman Allah r : {dan jika ada kebajikan sebesar zarrah, niscaya Allah akan melipat gandakannya}. Dalam ayat yang mulia ini tidak dijelaskan berapa jumlah minimal dan berapa jumlah maksimal suatu kebaikan itu dilipat gandakan, namun dalam ayat lain dijelaskan, bahwa jumlah minimal pahala dilipat gandakan adalah 10 kali lipat, yakni dalam Firman-Nya :

{“Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya” (QS. Al An’aam : 160}. Kemudian dalam ayat lainnya juga dijelaskan bahwa jumlah maksimalnya adalah mencapai 700 kali lipat sampai jumlah yang Allah r kehendaki, seperti Firman-Nya :

{“ Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah[ adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki”(QS. Al Baqoroh : 261)}.

Begitu Maha Dermawannya Allah r, sehingga memberikan ganjaran yang berlipat-lipat ganda dari 1 amalan kebaikan hamba-Nya. Bahkan Allah r tidak hanya memberikan ganjaran sampai 700 kali lipat, namun lebih dari itu sesuai dengan yang Allah r kehendaki. Melalui lisan Nabi-Nya r, seorang hamba dengan mengucapkan doa yang mudah, Allah r balas dengan kebaikan sampai berjuta-juta. Misalnya hadits berikut :

مَنْ دَخَلَ السُّوقَ فَقَالَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكُ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِى وَيُمِيتُ وَهُوَ حَىٌّ لاَ يَمُوتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ كَتَبَ اللَّهُ لَهُ أَلْفَ أَلْفِ حَسَنَةٍ وَمَحَا عَنْهُ أَلْفَ أَلْفِ سَيِّئَةٍ وَرَفَعَ لَهُ أَلْفَ أَلْفِ دَرَجَةٍ

“Barangsiapa yang masuk pasar, lalu berdoa : “Tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi, kecuali Allah saja, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dialah pemilik kerajaan yang segala pujian, Yang menghidupkan dan Yang Mematikan. Dia Maha Hidup tidak akan mati, di-Tangan-Nya segala kebaikan. Dia Maha Berkuasa atas segala sesuatu”. Allah r akan membalasnya 1000-1000 (1 juta) kebaikan, dihapuskan kesalahan sebanyak 1 juta kesalahan dan diangkat derajatnya 1 juta derajat”.

Hadits ini diriwayatkan melalui beberapa jalan yaitu :

  1. Dari Sahabat Umar bin Khothob t

Haditsnya diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dalam “Sunannya” (no. 3756), Imam Darimi dalam “Sunannya” (no. 2748), Imam Al Hakim dalam “Al Mustadrok” (no. 1930), Imam Abdu bin Humaid dalam “Al Musnad” (no. 2), dari jalan Al Azhar bin Sinaan dari Muhammad bin Waasi’ dari Salim bin Abdullah bin Umar t dari Bapaknya Ibnu Umar dari Bapaknya Umar bin Khotob t dari Nabi r.

Kemudian Imam Tirmidzi dalam “Sunannya” (no. 3757), Imam Ibnu Majah dalam “Sunannya” (no. 2320), Imam Ath-Thoyaalisiy menulis dalam “Musnadnya” (no. 11) dari jalan Hammad bin Zaid dari ‘Amr bin Dinar dari Salim dan seterusnya

Kedudukan sanad :

Jalan pertama terdapat didalamnya perowi yang bernama Al Azhar bin Sinaan, Imam Ahmad menilainya Layyin, Imam Ibnu Madini menilai haditsnya sangat lemah jika meriwayatkan dari Muhammad bin Waasi (dalam masalah ini, ia meriwayatkan dari Ibnu Waasi’), kemudian yang menilainya lemah lagi adalah Imam As-Saji dan Imam Ibnu Syahiin. Penilaian agak positif diberikan oleh Imam Ibnu Ady, beliau berkata :

أحاديثه صالحة ليست بالمنكرة جدا و أرجو أن لا يكون به بأس

“Hadits-haditsnya baik, tidak mungkar sekali, aku berharap ia perowi yang tidak mengapa (untuk meriwayatkan haditsnya)”.

Sehingga barangkali kesimpulan yang khusnud Dzhon kepadanya, Azhar ini perowi yang bisa dijadikan penguat. Kemudian perowi diatasnya adalah para perowi tsiqoh.

Adapun jalan yang kedua didalamnya terdapat perowi yang bernama ‘Amr bin Diinar Aluu Zubair, para ulama mendoifkannya.

Namun Imam Al Hakim dalam “Al Mustadrok” (no. 1931) menulis mutaba’ah untuk Azhar yaitu Imam Al Hakim menulis dari Abdullah bin Wahhab, akhbaronii Umar bin Muhammad bin Zaid dari seorang laki-laki penduduk Bashroh dari Saalim dan seterusnya. Umar bin Muhammad seorang perowi tsiqoh, perowi Bukhori-Muslim. Hanya saja sanad ini Mubham karena ada perowi yang tidak disebutkan namanya, kalau yang dimaksud dengan penduduk Bashroh adalah Muhammad bin Waasi’, maka jelas sanad ini Shahih, karena Ibnu Waasi’ adalah penduduk Bashroh, namun jika bukan dia, maka sanad ini masih majhul dan besar harapan hadits ini Hasan karena saling menguatkan wallahu a’lam.

 

  1. Dari Sahabat Abdullah bin Umar t

Diriwayatkan oleh Imam Hakim dalam “Al Mustadrok” (no. 1933), dari jalan Masruuq bin Marzabaan dari Hafs bin Ghiyaats dari Hisyaam bin Hasaan dari Abdullah bin Dinar dari Abdullah bin Umar dari Nabi r.

Kedudukan sanad :

Masruuq dinilai shoduq oleh Al Hafidz dalam “At-Taqriib” sedangkan perowi lainnya adalah para perowi tsiqoh, perowi Bukhori-Muslim. Oleh karenanya setelah meriwayatkan hadits ini Imam Al Hakim berkata :

هذا إسناد صحيح على شرط الشيخين ، ولم يخرجاه ، والله أعلم

“Sanad ini shahih atas syarat Bukhori-Muslim, namun keduanya tidak mengeluarkan dalam kitabnya. Wallahu a’lam”.

Namun yang lebih mendekati sanadnya hasan saja, karena Masruuq hanya perowi shoduq. Wallahu a’lam.

 

  1. Abdullah bin ‘Amr bin Ash t

Ditakhrij oleh Imam Baghowi dalam “Syarhus Sunah” (2/458) dari jalan Humaid bin Zanjuwaih dari Utsman bin Sholih dari Ibnu Luhaiyah dari Abu Qobiil Huyai bin Hanii dari Abdullah bin ‘Amr bin Ash t bahwa Rasulullah r bersabda :

مَنْ ذَكَرَ اللَّهَ فِي السُّوقِ مُخْلِصًا عِنْدَ غَفْلَةِ النَّاسِ ، وَشُغْلِهِمْ بِمَا هُمْ فِيهِ ، كَتَبَ اللَّهُ لَهُ أَلْفَ أَلْفِ حَسَنَةٍ ، وَلَيَغْفِرَنَّ اللَّهُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مَغْفِرَةً لَمْ تَخْطُرْ عَلَى قَلْبِ بَشَرٍ

“Barangsiapa yang berdzikir di pasar, ketika manusia lalai karena kesibukan mereka (dalam berdagang), Allah r akan menuliskan baginya 1 juta kebaikan dan Allah r akan mengampuninya pada hari kiamat dengan ampunan yang belum pernah terbetik dihati manusia”.

Kedudukan sanad :

Sanad ini memiliki minimal 2 cacat, yaitu Ibnu Luhaiyah seorang yang mukhtalith (setelah terbakar kitabnya) dan yang kedua Abu Qobiil tidak bertemu dengan sahabat Abdullah bin ‘Amr t karena Abu Qobiil wafat pada tahun 145 H sedangkan Ibnu Amr’ t wafat tahun 65 H, sehingga terpaut masa bertemunya. Sehingga sanad ini lemah. Wallahu a’lam.

 

Kesimpulan akhirnya adalah hadits doa masuk pasar diatas minimalnya Hasan, sebagaimana penilaian Imam Al Albani di beberapa kitabnya. Sehingga layak dijadikan amalan. Semoga kita semua dapat mengamalkan hadits ini ketika pergi ke pasar dan mendapatkan jutaan kebaikan dari Rabb kita Yang Maha Pengasih lagi Pemurah. Amiin

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: