HADITS PALSU DALAM SUNAN IBNU MAJAH (HADITS KE-12)

November 15, 2013 at 12:24 am | Posted in Hadits | 2 Comments

12. Hadits no. 1316, Imam Ibnu Majah berkata :

حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ الْجَهْضَمِيُّ قَالَ: حَدَّثَنَا يُوسُفُ بْنُ خَالِدٍ قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو جَعْفَرٍ الْخَطْمِيُّ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عُقْبَةَ بْنِ الْفَاكِهِ بْنِ سَعْدٍ، عَنْ جَدِّهِ الْفَاكِهِ بْنِ سَعْدٍ، وَكَانَتْ لَهُ صُحْبَةٌ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ «كَانَ يَغْتَسِلُ يَوْمَ الْفِطْرِ وَيَوْمَ النَّحْرِ وَيَوْمَ عَرَفَةَ» ، وَكَانَ الْفَاكِهُ يَأْمُرُ أَهْلَهُ بِالْغُسْلِ فِي هَذِهِ الْأَيَّامِ

“Haddatsanaa Nashr bin Ali Al Jahdhomiy ia berkata, haddatsanaa Yusuf bin Khoolid ia berkata, haddatsanaa Abu Ja’far Al Khotmiy dari Abdur Rokhman bin ‘Uqbah ibnul Faakih bin Sa’ad  dari kakeknya Al Faakih bin Sa’ad ia seorang sahabat Rodhiyallahu anhu ia berkata : ‘bahwa Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wa Salaam mandi untuk hari Idhul Fitri, Idhul Adha dan Hari Arafah’. Lalu Al Faakih memerintahkan keluarganya untuk mandi pada hari-hari tersebut”..

Mari kita bedah para perowinya :

  1. Nashr, wafat tahun 250 H atau setelahnya, Perowi Bukhori-Muslim, dinilai tsiqoh tsabat oleh Al Hafidz dalam “At-Taqriib”.
  2. Yusuf bin Kholid, wafat tahun 189 H, Imam Ibnu Ma’in berkata keras tentangnya : “كذاب ، زنديق لا يكتب عنه” (pendusta, zindik tidak boleh menulis darinya). Imam ‘Amr bin Ali berkata : “يكذب” (ia berdusta). Imam Ibnu Hibban berkata : “كان يضع الأحاديث على الشيوخ ، و يقرأها عليهم ثم يرويها عنهم ، لا تحل عنه” (ia memalsukan hadits dari gurunya, ia membacakannya kepada para gurunya, lalu meriwayatkan dari mereka, tidak halal meriwayatakan darinya). Tahdzibain.
  3. Abu Ja’far ‘Umair, dinilai oleh Al Hafidz “shoduq”.
  4. Abdur Rokhman, dinilai majhul oleh Al Hafidz”.
  5. Kakeknya, Al Faakih Rodhiyallahu anhu seorang sahabat.

Imam Al Albani dalam tahkiqnya terhadap hadits ini berkata : “موضوع” (hadits palsu).

Imam Al Albani dalam “Hjtaun Nabiy” (122) mengatakan :

وأما حديث ” أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يغتسل يوم الفطر ويوم النحر ويوم عرفة ” فهو ضعيف جدا كما بينه الزيلعي في ” نصب الراية ” (1 / 85) وابن الهمام في ” الفتح ” (1 / 45) وقد خفي حاله على ابن تيمية فقال في ” مجموعه ” (2: 380) : ” ولم ينقل عن النبي صلى الله عليه وسلم ولا عن أصحابه في الحج إلا ثلاثة أغسال: غسل الإحرام والغسل عند دخول مكة والغسل يوم عرفة وما سوى ذلك كالغسل لرمي الجمار والطواف وللمبيت بمزدلفة فلا أصل له بل هو بدعة “

“Adapun hadits bahwa “Nabi Sholallahu ‘alaihi wa Salaam mandi pada hari idhul fitri, idhul adha dan hari Arafah”, maka haditsnya sangat lemah, sebagaimana dijelaskan oleh Az-Zailaa’I dalam “Nashbur Royyah” (1/85) dan Ibnul Hamaam dalam “Al Fath” (1/45). Keadaan hadits ini tersembunyi bagi Ibnu Taimiyyah yang berkata dalam “Al Majmu” (2/380) : ‘tidak dinukil dari Nabi Sholallahu ‘alaihi wa Salaam, tidak juga dari para sahabatnya dalam berhaji (tentang mandi), kecuali 3 mandi : mandi Ihrom, mandi ketika masuk mekkah dan mandi pada hari Arafah. selain ketiga mandi tersebut seperti mandi untuk melempar jumroh, mandi thowaf, dan menginap di Muzdalifah, tidak ada asalnya (dari sunnah) bahkan hal itu adalah bid’ah”.

Kemudian dalam “Irwaul Gholiil” (1/176) beliau berkata :

وهذا إسناد موضوع آفته السمتى هذا , فإنه كذاب خبيث كما قال ابن معين. وقال ابن حبان: ” كان يضع الحديث “

“ini sanadnya palsu, kesalahan ada pada As-Sumtiy (Yusuf bin Khoolid) ini, karena ia pendusta jelek, sebagaimana dikatakan Ibnu Ma’in. Ibnu Hibban berkata : ‘ia memalsukan hadits’”.

Namun berkaitan dengan mandi pada hari I’ed, Imam Malik dalam “Muwatho” (no. 432) meriwayatkan :

عَنْ نَافِعٍ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ كَانَ يَغْتَسِلُ يَوْمَ الْفِطْرِ قَبْلَ أَنْ يَغْدُوَ إِلَى الْمُصَلَّى

“Dari Naafi’ bahwa Abdullah bin Umar mandi pada hari idhul fitri pagi harinya sebelum pergi ke lapangan (untuk sholat I’ed).

Kemudian barangkali Imam Al Albani lupa bahwa mandi pada hari Arofah juga dianjurkan oleh sahabat, diantaranya Ali bin Abi Tholib Rodhiyallahu anhu, maha suci Allah barangkali Imam Al Albani lupa atau kitab “Irwaul Gholiil” ditulis setelah makalah beliau “Hujatun Nabi” karena Imam Al Albani berkata dalam “Irwaul Gholiil” (1/176-177) :

” فائدة “: وأحسن ما يستدل به على استحباب الاغتسال للعيدين ما روى البيهقى من طريق الشافعى عن زاذان قال: سأل رجل عليا رضى الله عنه عن الغسل؟ قال: اغتسل كل يوم إن شئت , فقال: لا , الغسل الذى هو الغسل , قال: يوم الجمعة , ويوم عرفة , ويوم النحر , ويوم الفطر. وسنده صحيح.

“Faedah : ‘yang paling bagus berkaitan dalil dianjurkannya mandi pada 2 hari raya adalah apa yang diriwayatkan Imam Baihaqi dari jalan Imam Syafi’I dari Zaadzaan ia berkata : ‘seorang laki-laki bertanya kepada Ali Rodhiyallahu anhu tentang mandi?, jawab Ali Rodhiyallahu anhu : ‘mandilah setiap hari jika engkau mau’. Ia berkata : ‘bukan itu maksudku, tapi mandi yang ia memiliki keutamaan’. Ali Rodhiyallahu anhu berkata : ‘mandi jum’at, hari Arafah, hari Idhul Adha dan Idhul Fitri’. Sanadnya shahih”.

Advertisements

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Ass. ust. maaf jawaban gak sinkron, ane minta tolong pelajari tulisan ane, mungkin bisa menjadi metode untuk mensyarah suatu masalah yang menjadi khilafiyah. Klik http://agungswasana.blogspot.com/

    Like

  2. Waalaikum salam,
    afwan saya belum sempat mempelajari tulisan bapak,
    mungkin karena keterbatasan ilmu saya.
    artikel ini adalah maksud saya hadits palsu dalam sunan ibnu majah,
    bukan untuk menjawab pertanyaan bapak, ini adalah tulisan yang sudah saya programkan.
    Insya Allah biidznillah, saya akan mencoba membahas tulisan bapak

    Jazakallah khoir sudah mampir

    Like


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: