SYARAH BUKHORI KITAB WUDHU BAB 42 MENGUSAP KEPALA SATU KALI

December 17, 2013 at 12:14 am | Posted in Penjelasan Bukhori | Leave a comment

42 – باب مَسْحِ الرَّأْسِ مَرَّةً

Bab 42 Mengusap Kepala Satu Kali

 

Penjelasan :

Telah berlalu sebelumnya bahwa yang wajib dalam berwudhu adalah membasuh anggota wudhu sebanyak satu kali satu kali, kemudian disunnahkan untuk menambah jumlahnya dengan dua kali dua kali, sampai tiga kali tiga kali, dan diharamkan melebihi jumlah tiga kali. Namun pembahasan kali ini adalah apakah dalam mengusap kepala berlaku juga hukum seperti membasuh anggota wudhu lainnya sebanyak dua sampai tiga kali, ataukah ia khusus, sehingga hanya diusap satu kali?

       Imam Bukhori nampaknya condong kepada pendapat kepala hanya diusap satu kali. Al Hafidz Ibnu Hajar dalam “Al Fath” menyebutkan bahwa ini juga pendapatnya Imam Abu Dawud dan Imam Ibnul Mundzir. Alasannya karena dalam hadits-hadits yang shahih hanya disebutkan mengusap kepala sebanyak satu kali dan mengusap kepala tidak bisa diqiyaskan kepada membasuh anggota wudhu lainnya, karena mengusap itu sendiri adalah keringanan, maka ketika hal itu dilakukan sebanyak tiga kali seperti yang lainnya, maka hal ini seolah-olah bertentangan dengan semangat memberikan keringanan tersebut.

Sebagian ulama seperti sahabat Anas Rodhiyallahu anhu, Imam Sa’id bin Jubair, Imam Athoo’, Imam Ibrohim At Tamiimiy, Imam Syafi’I dan selainnya berpendapat mengusap kepala disunnahkan sampai sebanyak tiga kali. Al Hafidz merajihkan pendapat terakhir ini, dalam “Al Fath” beliau berkata :

وَقَدْ رَوَى أَبُو دَاوُد مِنْ وَجْهَيْنِ صَحَّحَ أَحَدهمَا اِبْن خُزَيْمَة وَغَيْره فِي حَدِيث عُثْمَان تَثْلِيث مَسْح الرَّأْس ، وَالزِّيَادَة مِنْ الثِّقَة مَقْبُولَة

”Abu Dawud telah meriwayatkan dari 2 jalan, salah satunya dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah dan selainnya tentang hadits Utsman Rodhiyallahu anhu yang mengusap kepala tiga kali, dan tambahan dari perowi tsiqoh diterima”.

Imam Al Albani dalam “Tamaamul Minnah” berkata :

بلى قد صح من حديث عثمان رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم مسح رأسه ثلاثا أخرجه أبو داود بسندين حسنين وله إسناد ثالث حسن أيضا وقد تكلمت على هذه الأسانيد بشيء من التفصيل في ” صحيح أبي داود ” ( رقم 95 98 ) وقد قال الحافظ في ” الفتح ” : ” وقد روى أبو داود من وجهين صحح أحدهما ابن خزيمة وغيره في حديث عثمان تثليث مسح الرأس والزيادة من الثقة مقبولة “

وذكر في ” التلخيص ” أن ابن الجوزي مال في ” كشف المشكل ” إلى تصحيح التكرير

قلت : وهو الحق لأن رواية المرة الواحدة وإن كثرت لا تعارض رواية التثليث إذ الكلام في أنه سنة ومن شأنها أن تفعل أحيانا وتترك أحيانا وهو اختيار الصنعاني في ” سبل السلام ” فراجعه إن شئت

”Bahkan telah shahih dari hadits Utsman Rodhiyallahu anhu bahwa Nabi r mengusap kepalanya sebanyak tiga kali, dikeluarkan oleh Abu Dawud dengan dua sanad hasan dan ada juga sanad ketiga yang hasan, saya telah membahas sanad-sanad ini dalam perincian “Shahih Abu Dawud” (no. 95-98). Al Hafidz berkata dalam “Al Fath” (sebagaimana diatas).

Al Hafidz menyebutkan dalam “At-Talkhiish” : ‘Ibnul Jauzi dalam “Kasyful Musykil” condong kepada pendapat penshahihan mengusap kepala lebih dari satu kali’.

Saya (Al Albani) berkata : ‘ini pendapat yang benar, Karena riwayat satu kali, sekalipun banyak tidak bertentangan dengan riwayat tiga kali, yang mana pendapat tersebut adalah sunnah, sehingga kadang dikerjakan dan pada kesempatan lain tidak dikerjakan sebagaimana ini adalah pilihannya Shon’aniy dalam “Subulus Salam”, silakan merujuk bagi yang mau’”.

 

Berkata Imam Bukhori :

192 – حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ حَرْبٍ قَالَ حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ قَالَ حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ يَحْيَى عَنْ أَبِيهِ قَالَ شَهِدْتُ عَمْرَو بْنَ أَبِى حَسَنٍ سَأَلَ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ زَيْدٍ عَنْ وُضُوءِ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – فَدَعَا بِتَوْرٍ مِنْ مَاءٍ ، فَتَوَضَّأَ لَهُمْ ، فَكَفَأَ عَلَى يَدَيْهِ فَغَسَلَهُمَا ثَلاَثًا ، ثُمَّ أَدْخَلَ يَدَهُ فِى الإِنَاءِ ، فَمَضْمَضَ وَاسْتَنْشَقَ ، وَاسْتَنْثَرَ ثَلاَثًا بِثَلاَثِ غَرَفَاتٍ مِنْ مَاءٍ ، ثُمَّ أَدْخَلَ يَدَهُ فِى الإِنَاءِ ، فَغَسَلَ وَجْهَهُ ثَلاَثًا ، ثُمَّ أَدْخَلَ يَدَهُ فِى الإِنَاءِ ، فَغَسَلَ يَدَيْهِ إِلَى الْمِرْفَقَيْنِ مَرَّتَيْنِ مَرَّتَيْنِ ، ثُمَّ أَدْخَلَ يَدَهُ فِى الإِنَاءِ ، فَمَسَحَ بِرَأْسِهِ فَأَقْبَلَ بِيَدَيْهِ وَأَدْبَرَ بِهِمَا ، ثُمَّ أَدْخَلَ يَدَهُ فِى الإِنَاءِ فَغَسَلَ رِجْلَيْهِ .

 وَحَدَّثَنَا مُوسَى قَالَ حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ قَالَ مَسَحَ رَأْسَهُ مَرَّةً

59). Hadits no. 192

“Haddatsanaa Sulaiman bin Harb ia berkata, haddatsanaa Wuhaib ia berkata, haddatsanaa ‘Amr bin Yahya dari Bapaknya ia berkata, aku menyaksikan ‘Amr bin Abi Hasan bertanya kepada Abdullah bin Zaid Rodhiyallahu anhu tentang wudhu Nabi r, lalu beliau meminta satu bejana air, beliau mengajarkan wudhu kepada mereka. Beliau mencelumkan telapak tangannya ke air, lalu mencucinya sebanyak tiga kali, lalu memasukkan tangannya ke air, lalu berkumur-kumur dan menghirup serta mengeluarkan air dari hidung, sebanyak 3 kali cidukan, lalu memasukkan tangannya dan membasuh wajahnya sebanyak 3 kali. Lalu memasukkan tangannya dan mencuci tangannya sampai siku sebanyak 2 kali, lalu memasukkan tangannya dan mengusap kepalanya, beliau memulai dari depan lalu mengembalikannya ke depan lagi, lalu memasukkan tangannya kedalam air, lalu membasuh kedua kakinya”.

HR. Muslim no. 578

Haddatsanaa Musa ia berkata haddatsanaa Wuhaib ia berkata : ‘Abdullah bin Zaid mengusap kepalanya sebanyak satu kali’”.

 

Penjelasan biografi perowi hadits :

 

Semua biografi perowinya telah berlalu sebelumnya. Perkataan Wuhaib yang dinukil Imam Bukhori dalam akhir hadits telah beliau tulis riwayatnya sebelumnya pada bab 39 hadits no. 186.

Penjelasan Hadits :

  1. Pendapat yang terpilih adalah disunahkan mengusap kepala lebih dari satu kali sampai tiga kali.
  2. Sekalipun banyak riwayat mengusap kepala dilakukan sebanyak satu kali, namun tidak bertentangan dengan riwayat mengusapnya sebanyak tiga kali.
  3. Jika tidak ada pertentangan, maka tambahan perowi tsiqoh diterima disisi ulama hadits.
Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: