SYARAH BUKHORI KITAB WUDHU BAB 44 MEWUDHUKAN ORANG LAIN

December 21, 2013 at 4:15 am | Posted in Penjelasan Bukhori | Leave a comment

 صَبِّ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – وَضُوءَهُ عَلَى الْمُغْمَى عَلَيْهِ

Bab 44 Basuhan Nabi r dengan Air Wudhu Kepada Orang yang Menderita Sakit Sampai Tidak Sadarkan Diri

 

Penjelasan :

 

Bab ini masih terkait dengan bab sebelumnya berkaitan dengan air musta’mal (bekas pakai), yakni disini Rasulullah r mewudhukan sahabatnya yang sakit hingga tidak sadarkan diri, dimana berarti air tersebut adalah sisa Nabi r. Dan adanya pihak-pihak yang mengatakan bahwa ini kekhususan Nabi r, maka tidak bisa diterima, memang benar bahwa jasad Nabi r memiliki keberkahan yang tidak dimiliki oleh seorang pun selain para Nabi. Namun berkaitan hukum air sisa bersuci, hal ini perlu dalil yang mengatakan bahwa ini adalah kekhususan Nabi r, tidak berlaku kepada umatnya dan disana tidak ada dalil yang mengkhususkannya.

Berkata Imam Bukhori :

 

194 – حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيدِ قَالَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ قَالَ سَمِعْتُ جَابِرًا يَقُولُ جَاءَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَعُودُنِى ، وَأَنَا مَرِيضٌ لاَ أَعْقِلُ ، فَتَوَضَّأَ وَصَبَّ عَلَىَّ مِنْ وَضُوئِهِ ، فَعَقَلْتُ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ لِمَنِ الْمِيرَاثُ إِنَّمَا يَرِثُنِى كَلاَلَةٌ . فَنَزَلَتْ آيَةُ الْفَرَائِضِ

 

61). Hadits no. 194

“Haddatsanaa Abul Waliid ia berkata, haddatsanaa Syu’bah dari Muhammad ibnul Munkadir ia berkata, aku mendengar Jaabir berkata : ‘Rasulullah r datang menjengukku, aku sakit sampai tidak sadarkan diri, lalu Beliau mewudhukanku dan membasuh air wudhu kepadaku, lalu aku sadar dan berkata : ‘wahai Rasulullah, kepada siapakah warisan itu? Aku mewarisi Kalaalah, lalu turunlah ayat tentang warisan”.

HR. Muslim no. 4233

 

Penjelasan biografi perowi hadits :

 

Semua biografi perowinya telah berlalu sebelumnya, kecuali :

 

1.  Nama                      : Abu Abdillah Muhammad ibnul Munkadir

Kelahiran                : Wafat 130 H atau setelahnya

Negeri tinggal         : Madinah

Komentar ulama      : Tabi’I wasith. Ditsiqohkan oleh Imam Ibnu Ma’in, Imam Abu Hatim, Imam Al’ijli dan Imam Ibnu Hibban.

Hubungan Rowi       : Jaabir Rodhiyallahu anhu adalah salah seorang gurunya, sebagaimana ditulis oleh Imam Al Mizzi.

 

(Catatan : Semua biografi rowi dirujuk dari kitab tahdzibul kamal Al Mizzi dan Tahdzibut Tahdzib Ibnu Hajar)

 

Penjelasan Hadits :

  1. Imam Ibnu Bathol berkata :

قال المهلب: فيه دليل على طهور الماء الذى توضأ به، لأنه لو كان نجسًا لم يصبه عليه، وقد أمر النبى، – صلى الله عليه وسلم -، الذى عَانَ سهلا أن يتوضأ له، ويغسل داخلة إزاره ويصبه عليه، ولو كان نجسًا لم يأمر سهلا أن يغتسل منه، بل رجاء بركته، وأن يحمل عنه شر العين

“ Al Muhallab berkata : ‘didalamnya dalil sucinya air yang digunakan untuk memwudhukan orang lain, karena seandainya najis, tentu tidak akan dibasuhkan kepadanya. Nabi r telah memerintahkan Sahal untuk memuwudhukannya dan memandikan bagian tubuh didalam sarungnya lalu mengguyurkan air diatasnya (diciti bs. Jawa), seandainya hal tersebut najis, tentu Beliau r tidak memerintahkan Sahal Rodhiyallahu anhu untuk memandikannya, namun mengharapkan keberkahannya dan mungkin ini adalah sejelek-jeleknya pertolongan”.

  1. Dari nukilan Imam Ibnu Bathol, membantah mereka yang mengatakan hal tersebut adalah kekhususan Nabi r, dengan bukti hal yang sama dilakukan oleh Sahal Rodhiyallahu anhu sepengetahuan dan atas perintah Nabi r.

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: