BARANGSIAPA DIJADIKAN HAKIM, MAKA IA DISEMBELIH

February 5, 2014 at 11:11 pm | Posted in Hadits | Leave a comment

BARANGSIAPA DIJADIKAN HAKIM, MAKA IA TELAH DISEMBELIH TANPA MENGGUNAKAN PISAU

 

Dewasa ini dengan kehidupan yang hedonis, maka orang rela untuk berprofesi apapun demi mendapatkan harta, gengsi, kedudukan dan kehormatan. Banyak kaum muslimin sekarang berduyun-duyun melamar dan mengikuti proses penerimaan karyawan atau profesi yang dapat membuat agama dan kehidupannya hilang tak berbekas. Salah satu profesi yang berbahaya adalah menjadi hakim. Ditengah maraknya hakim-hakim yang korup dan dholim serta mudah disuap dan yang lebih parah banyak menggunakan hukum yang bertentangan dengan syariat Islam, namun ternyata tidak menyurutkan semangat pemuda muslim untuk berbondong-bondong masuk menjadi seorang hakim. Bahkan sebagian diantara mereka siap mengorbankan harta yang tidak sedikit dengan menyuap oknum didalam kantor kehakiman, agar dapat diterima menjadi seorang hakim-wallahul musta’an-.

Nabi sholallahu alaihi wa salam pernah bersabda :

مَنْ جُعِلَ قَاضِيًا بَيْنَ النَّاسِ فَقَدْ ذُبِحَ بِغَيْرِ سِكِّينٍ

“Barangsiapa yang dijadikan hakim diantara manusia, maka sungguh ia telah disembelih tanpa menggunakan pisau”.

Hadits ini ditakhrij oleh Imam Abu dawud dalam sunannya, Imam Tirmidzi dalam sunannya dan Imam Ibnu Majah dalam sunannya serta Aimah lainnya. Imam Al Albani menilai shahih haditsnya.

Al Hafidz Ibnu Hajar berkata sebagaimana dinukil dalam “’Aunul Maubud Syarah Sunan Abu Dawud” :

قَالَ الْحَافِظ فِي التَّلْخِيص : وَمِنْ النَّاس مَنْ فُتِنَ بِحُبِّ الْقَضَاء فَأَخْرَجَهُ عَمَّا يَتَبَادَر إِلَيْهِ الْفَهْم مِنْ سِيَاقه فَقَالَ إِنَّمَا ذُبِحَ بِغَيْرِ سِكِّين إِشَارَة إِلَى الرِّفْق بِهِ وَلَوْ ذُبِحَ بِالسِّكِّينِ لَكَانَ عَلَيْهِ أَشَقَّ وَلَا يَخْفَى فَسَاده اِنْتَهَى . وَفِي السُّبُل : دَلَّ الْحَدِيث عَلَى التَّحْذِير مِنْ وِلَايَة الْقَضَاء وَالدُّخُول فِيهِ كَأَنَّهُ يَقُول مَنْ تَوَلَّى الْقَضَاء فَقَدْ تَعَرَّضَ لِذَبْحِ نَفْسه فَلْيَحْذَرْهُ وَلْيَتَوَقَّهُ ، فَإِنَّهُ إِنْ حَكَمَ بِغَيْرِ الْحَقّ مَعَ عِلْمه بِهِ أَوْ جَهْله لَهُ فَهُوَ فِي النَّار .

وَالْمُرَاد مِنْ ذَبْح نَفْسه إِهْلَاكُهَا أَيْ فَقَدْ أَهْلَكَهَا بِتَوْلِيَةِ الْقَضَاء ، وَإِنَّمَا قَالَ بِغَيْرِ سِكِّين لِلْإِعْلَامِ بِأَنَّهُ لَمْ يُرَدْ بِالذَّبْحِ قَطْع الْأَوْدَاج الَّذِي يَكُون غَالِبًا بِالسِّكِّينِ ، بَلْ أُرِيدَ بِهِ إِهْلَاك النَّفْس بِالْعَذَابِ الْأُخْرَوِيّ اِنْتَهَى

“diantara manusia ada orang yang difitnah untuk menyukai menjadi hakim, maka ini keluar dari apa yang segera dipahami dari konteks kalimatnya, hanyalah ia disembelih tanpa menggunakan pisau sebagai isyarat lembut kepadanya, seandainya ia disembelih dengan pisau, maka ini tentu akan memberatkannya dan tidak tersembunyi kerusakannya.

Dalam “as-Subul” beliau berkata : ‘hadits ini menunjukkan peringatan dari kekuasaan hakim dan masuk berkecimpung didalamnya, seolah-olah Nabi sholallahu alaihi wa salam berkata : “barangsiapa yang diserahi sebagai hakim, maka ia telah menawarkan diri untuk disembelih dirinya, maka waspadalah dan berhati-hatilah, karena jika ia memutuskan tanpa kebenaran padahal ia mengetahui atau tidak mengetahui, maka akan mendapatkan neraka’.

Yang dimaksud menyembelih diri sendiri adalah kebinasaannya yakni kebinasaan dengan kekuasaan kehakimannya, dan hanyalah ucapan tanpa pisau untuk memberitahu bahwa yang dimaksud menyembelih bukan memutus urat kerongkongan yang biasanya dilakukan dengan pisau, namun adalah kehancuran diri dengan azab akhirat-selesai”.

 

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: