DEFINISI ZIYADAH TSIQOH

March 7, 2014 at 12:05 am | Posted in Mustholah Hadits | Leave a comment

DEFINISI ZIYADAH TSIQOH

 

Soal : Apa benar pembagian yang dilakukan oleh Ibnu ash-Sholaah terhadap Ziyadah tsiqoh, jika bertentangan, maka tidak diterima dan jika tidak bertentang, maka diterima. Apakah pembagian ini bertentangan dengan manhaj Aimah Mutaqodimin yang mana mereka melihatnya kepada indikator-indikator yang ada bukan kepada pembagian ini?

Jawab :

Ini adalah ucapan al-Milyabaariy, menurutnya kita tidak melihat sanadnya, kita melihat kepada indikator-indikatornya saja dan al-Milyabaariy tidak mengetahui indikator-indikator tersebut.

Apa yang ditetapkan oleh Ibnu ash-Sholaah, dikuatkan juga oleh Ibnu Hajar dan selainnya dan asalnya ini terdapat juga dalam pendapatnya salaf, maka ziyadah tsiqoh jika bertentangan dengan pokoknya yakni hadits yang ia tambahkan dan tidak mungkin dapat dikompromikan keduanya, ketika itu kita kembali kepada dalil-dalil (yang tidak ada tambahan), jika ziyadah tsiqohnya menafikan dalil yang tidak ada tambahan, maka kita terima dalil tersebut. Namun jika ziyadah tsiqoh tidak menafikannya, maka pada asalnya ziyadah tadi diterima, karena ziyadah ini seperti matan yang terpisah yang mana Aimah Hadits meriwayatkan dari ulama hadits tsiqoh dari tsiqoh sampai kepada Nabi sholallahu alaihi wa salam, maka ini adalah hadits shahih, sekalipun termasuk hadits yang ghorib dan afrod. Didapatkan hadits dengan bentuk seperti ini sekitar 200-an hadits dalam shahihain, Aimah menamakannya dengan ‘ghoroib ash-shahihain’, dan itu adalah hadits shahih yang umat telah menerimanya. Maka hukum ziyadah, jika tidak menafikan diterima, kita menerimanya sebagaimana kita menerima nash-nash yang tersendiri yang datang kepada kita dari jalan tunggal dan tafarudnya hafidz dari hafidz, hafidz tsiqoh dari hafidz tsiqoh.

Jika tambahannya menafikan atau kita melihat dhohirnya terjadi pertentangan, maka kita bawa kepada pengkompromian diantara keduanya, sebagaimana jika terjadi dua nash shahih yang saling bertentangan, maka langkah pertama kita adalah mengkompromikannya diantara dua nash tersebut yang dhohirnya bertentangan, demikian juga kita lakukan terhadap ziyadah tsiqoh, kita kompromikan diantara duanya tanpa memaksakannya, fal Hamdulillah, jika memungkinkan ketika itu kita merajihkannya, sebagaimana yang kita lakukan terhadap hadits-hadits dan nash-nash yang tersendiri secara sempurna. Jika kita rajihkan ziyadah maka kita katakan yang rajih adalah ziyadah dan jika ziyadah tidak rajih, maka kita lemahkan ziyadah tersebut.

(dijawab oleh Al-‘Alamah Robii bin Hadi Al-Madkholiy dalam Liqoo haditsy dan manhajiy).

 

 

Teks Aslinya :

– السؤال السادس:

ما مدى صحة التقسيم الذي ذكره ابن الصلاح في زيادة الثقة إذا كانت منافية فلا تقبل و إذا كانت غير منافية فهي مقبولة , و هل هذا يتعارض مع منهج الأئمّة المتقدمين الذين كانوا يلجؤون إلى القرائن دون هذا التقسيم؟

– الشيخ: هذا كلام المليباري , عنده ما ننظر إلى الإسناد , ننظر إلى القرائن فقط وهو لا يعرف القرائن.

ما قرّره ابن الصلاح أيّده فيه ابن حجر و غيره ,و أصوله موجودة عند السلف ,فزيادة الثقة إن كانت مخالفة لأصلها أي المزيد عليه مخالفة لا يمكن التوفيق بينهما حينئذ نرجع إلى الأدلة إن كانت منافية رجعنا إلى الأدلة و إن كانت غير منافية فالأصل فيها القبول لأنّ هذه الزيادة بمنزلة متن مستقل يأتي به إمام من الأئمّة يرويه محدث عن محدث ثقة عن ثقة إلى أن يصل إلى النبي صلى الله عليه و سلم ,فهذا حديث صحيح و لو كان من الغرائب و الأفراد , و يوجد من هذا الشكل حوالي مائتي حديث في الصحيحين , سماها الأئمة (غرائب الصحيحين) ,وهي من الأحاديث الصحيحة التي تلقتها الأمة بالقبول , فحكم الزيادة إذا كانت غير منافية القبول نقبلها كما نقبل النصوص المستقلة التي جاءتنا عن طريق الأفراد و التي تفرد بها حافظ عن حافظ , حافظ ثقة عن حافظ ثقة.

و إذا جاءت منافية أو نرى ظاهرهما التعارض فنحاول الجمع بينهما كما إذا تعارض نصّان صحيحان فإننّا في الخطوة الأولى نحاول أن نوّفق و نجمع بين هذين النصين الذين ظاهرهما التعارض.

كذلك نفعل في زيادة الثقة , نحاول أن نجمع بينها و بين ما يظهر أنّه معارض لها فإن أمكن الجمع بدون تعسّف فالحمد لله ,و إذا ما أمكن فحينئذ نرجع إلى الترجيح كما نفعل مع الأحاديث و النصوص المستقلة تماما.

فإن ترجحت الزيادة قلنا بها و إن ترجح عدم الزيادة ضعفنا هذه الزيادة.

 

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: