IMAM AL BAZAR MUTASAAHIL?

March 31, 2014 at 1:03 pm | Posted in Mustholah Hadits | Leave a comment

IMAM AL BAZAAR DAN IMAM DARUQUTHNI MUTASAAHIL?

 

Soal : para ulama  menyebutkan kaedah Ibnu Khuzaimah dan muridnya Ibnu Hibban dalam mentautsiq para perowi majhul, kemudian as-Sakhowiy –Rahimahullah- memasukkah ad-Daruquthni dan al-Bazaar bahwa mereka berdua mentautsiq perowi jika memiliki 2 orang murid. Maka apakah penilaian kepada seorang perowi yang tidak disana tautsiq kecuali dari ad-Daruquthni dan al-Bazaar. Ini adalah kasus yang aku lihat dalam at-Taqriib, namun aku tidak menyebutkan perowi tersebut yang mendapatkan tautsiq dari ad-Daruquthni, yang mana al-Hafidz menganggapnya maqbul. Aku telah menulis di catatan kaki : ‘bagaimana ini, sungguh ad-Daruquthni telah mentautsiqnya? Lalu ketika aku merujuk kesana, aku membaca ucapan as-Sakhowiy yang memasukkan ad-Daruquthni diantara orang yang sejenis dengan Ibnu Hibban dan Ibnu Khuzaimah, maka bagaimana pendapat antum?

Jawab :

Adapun al-Bazaar, telah dikenal ketasaahulannya. Adapun ad-Daruquthni maka butuh kepada penelitian-Wallahu A’lam-. Al-Haakim mutasaahil dalam pentashihan hadits-hadits para perowi majhul, dalam al-Mustadrok setelah meriwayatkan hadits Abu Huroiroh rodhiyallahu anhu : “barangsiapa yang tidak berdoa kepada Allah, akan mendapatkan kemurkaan-Nya”. Al-Haakim berkata : ‘ini hadits shahih sanadnya, Abu Shoolih al-Khuuziy dan Abul Maliih al-Faarisiy (perowi hadits ini-pent.), tidak disebutkan jarh kepadanya, dan keduanya terhitung sebagai perowi yang majhuul’.

 

Yang bertanya : Syaikh Abul Hasan Al Ma’ribiy

Yang menjawab : Syaikh Muqbil bin Hadi

Sumber : www.sulaymani.net

 

Teks asli :

ذكروا قاعدة ابن خزيمة وتلميذه ابن حبان في توثيق المجاهيل، وألحق السخاوي رحمه الله تعالى

الدارقطني والبزار أنه يوثق الرجل إذا روى عنه اثنان، فهل الترجمة التي ليس فيها إلا توثيق البزار وتوثيق الدارقطني -وهذا أمر رأيته في “التقريب” ولكن لا أذكر صاحب الترجمة- الرجل وثقة الدارقطني، ومع ذلك الحافظ اعتبره وقال عنه: (مقبول)، فأنا كنت قد كتبت في الحاشية قلت: كيف وقد وثقه الدارقطني؟! ثم لما رجعت وقرأت كلام السخاوي جعل الدارقطني ممن يقول بمقالة ابن حبان وابن خزيمة، فماذا ترى؟


الجواب: أما البزار فقد عرف تساهله، وأما الدارقطني فيحتاج إلى دراسة والله أعلم. والحاكم متساهل في تصحيح أحاديث المجهولين فقد ذكر في “المستدرك” بعد حديث أبي هريرة: ((من لا يدعو الله يغضب عليه)) قال: هذا حديث صحيح الإسناد، فإنّ أبا صالح الخوزي، وأبا المليح الفارسي، لم يذكرا بالجرح، إنما هما في عداد المجهولين.

 

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: