MENGQODHO SHOLAT SUNAH RAWATIB

April 27, 2014 at 1:33 am | Posted in fiqih | 4 Comments
Tags: , , ,

MENGQODHO SHOLAT SUNNAH RAWATIB

 

Terkadang karena kelelahan atau karena kelupaan, seseorang luput dari sholat pada waktunya. Misalnya sholat Subuh, seseorang ketiduran sehingga ia baru bangun pada saat Matahari sudah meninggi, maka apa yang harus ia lakukan dan kebiasaaanya ia mengerjakan sholat sunnah Qobliyah Subuh, sehingga apakah ia mengqodho sholat sunnah Qobliyah baru sholat Subuhnya atau bagaimana?

Jawabannya adalah terletak pada kisah yang diceritakan oleh sahabat mulia Abu Huroiroh rodhiyallahu anhu :

أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حِينَ قَفَلَ مِنْ غَزْوَةِ خَيْبَرَ، سَارَ لَيْلَهُ حَتَّى إِذَا أَدْرَكَهُ الْكَرَى عَرَّسَ، وَقَالَ لِبِلَالٍ: «اكْلَأْ لَنَا اللَّيْلَ»، فَصَلَّى بِلَالٌ مَا قُدِّرَ لَهُ، وَنَامَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَصْحَابُهُ، فَلَمَّا تَقَارَبَ الْفَجْرُ اسْتَنَدَ بِلَالٌ إِلَى رَاحِلَتِهِ مُوَاجِهَ الْفَجْرِ، فَغَلَبَتْ بِلَالًا عَيْنَاهُ وَهُوَ مُسْتَنِدٌ إِلَى رَاحِلَتِهِ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظْ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَلَا بِلَالٌ، وَلَا أَحَدٌ مِنْ أَصْحَابِهِ حَتَّى ضَرَبَتْهُمُ الشَّمْسُ، فَكَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَوَّلَهُمُ اسْتِيقَاظًا، فَفَزِعَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: «أَيْ بِلَالُ» فَقَالَ بِلَالُ: أَخَذَ بِنَفْسِي الَّذِي أَخَذَ – بِأَبِي أَنْتَ وَأُمِّي يَا رَسُولَ اللهِ – بِنَفْسِكَ، قَالَ: «اقْتَادُوا»، فَاقْتَادُوا رَوَاحِلَهُمْ شَيْئًا، ثُمَّ تَوَضَّأَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَأَمَرَ بِلَالًا فَأَقَامَ الصَّلَاةَ، فَصَلَّى بِهِمُ الصُّبْحَ، فَلَمَّا قَضَى الصَّلَاةَ قَالَ: «مَنْ نَسِيَ الصَّلَاةَ فَلْيُصَلِّهَا إِذَا ذَكَرَهَا»، فَإِنَّ اللهَ قَالَ: {أَقِمِ الصَّلَاةَ لِذِكْرِي} [طه: 14] قَالَ يُونُسُ: وَكَانَ ابْنُ شِهَابٍ: «يَقْرَؤُهَا لِلذِّكْرَى»

“bahwa Rasulullah sholallahu alaihi wa salam ketika berjihad pada perang Khaibar, Beliau berjalan pada malam hari, hingga ketika Beliau mengantuk di tempat peristirahatan, Beliau berkata kepada Bilaal : “jagalah untuk kami pada malam ini!”. Lalu Bilaal pun sholat sesuai kemampuannya, sedangkan Rasulullah sholallahu alaihi wa salam dan para sahabatnya tidur, ketika mendekati subuh, Bilaal rodhiyallahu anhu bersandar di tunggangannya menunggu sholat Subuh, namun rasa kantuk menyelimuti Bilaal rodhiyallahu anhu dan Beliau tertidur dalam keaadaan bersandar di tunggangannya. (ketika Subuh) Rasulullah sholallahu alaihi wa salam tidak bangun, tidak juga Bilaal dan tidak juga seorang sahabat pun sampai terik Matahari mengenai mereka, adalah Rasulullah sholallahu alaihi wa salam yang pertamakali bangun, kemudian Beliau bangun dan berkata : “wahai Bilaal!”, maka Bilaal berkata : “demi bapakku dan ibuku wahai Rasulullah- yang telah mengambil jiwaku dan jiwamu”. Nabi sholallahu alaihi wa salam berkata : “berjalanlah kalian”, lalu mereka pun berjalan, lalu Nabi sholallahu alaihi wa salam berwudhu, lalu memerintahkan Bilaal untuk mengiqomati sholat, kemudian Nabi sholallahu alaihi wa salam pun mengimami sholat Subuh. Ketika selesai sholat Beliau bersabda : ” Barangsiapa yang lupa sholatnya, maka sholatlah ketika ingat, karena Allah Subhanaahu wa Ta’aalaa berfirman : “dirikanlah sholat untuk mengingat-Ku”.

Yunus berkata : ‘adalah Ibnu Syihaab berkata, mereka membacanya untuk mengingatnya’.  (HR. Muslim no. 680-cet. Daar Ihyaa’ at-Turots, Beirut).

Masih dalam riwayat Imam Muslim, Abu Huroiroh rodhiyallahu anhu meriwayatkan secara ringkas dengan lafadz :

عَرَّسْنَا مَعَ نَبِيِّ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَلَمْ نَسْتَيْقِظْ حَتَّى طَلَعَتِ الشَّمْسُ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لِيَأْخُذْ كُلُّ رَجُلٍ بِرَأْسِ رَاحِلَتِهِ، فَإِنَّ هَذَا مَنْزِلٌ حَضَرَنَا فِيهِ الشَّيْطَانُ»، قَالَ: فَفَعَلْنَا، ثُمَّ دَعَا بِالْمَاءِ فَتَوَضَّأَ، ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ، وَقَالَ يَعْقُوبُ: ثُمَّ صَلَّى سَجْدَتَيْنِ، ثُمَّ أُقِيمَتِ الصَّلَاةُ فَصَلَّى الْغَدَاةَ

“kami tertidur bersama Nabi sholallahu alaihi wa salam, tidak ada yang bangun, hingga Matahari telah terbit. Nabi sholallahu alaihi wa salam bersabda : “setiap orang mengambil tali tunggangannya, karena tempat ini telah didatangi syaithon”, lalu kami pun berjalan. Kemudian Beliau sholallahu alaihi wa salam meminta air dan berwudhu, kemudian sujud dengan dua sujud –Ya’quub (salah seorang perowinya-pent.) berkata – : lalu Nabi sholat dengan dua sujud, lalu diiqomati sholat, kemudian Nabi sholallahu alaihi wa salam mengimami sholat Ghodah (Subuh)”.

Imam Ibnu Hibban dalam “Shahihnya” (6/376-cet. Muasasah ar-Risaalah) membuat satu bab yang beliau namai :

ذِكْرُ الْبَيَانِ بِأَنَّ قَوْلَ أَبِي هُرَيْرَةَ: ثُمَّ صَلَّى سَجْدَتَيْنِ، أَرَادَ بِهِ الرَّكْعَتَيْنِ اللَّتَيْنِ قَبْلَ صَلَاةِ الْفَجْرِ

“Penjelasan bahwa maksud ucapan Abu Huroiroh rodhiyallahu anhu : “lalu Nabi sholallahu alaihi wa salam sholat 2 sujud”, adalah sholat (sunnah) 2 rakaat sebelum sholat Subuh.

Kemudian Imam Ibnu Hibban menurunkan sebuah hadits dengan sanadnya sampai Abu Huroiroh rodhiyallahu anhu, dimana beliau rodhiyallahu anhu berkata :

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَامَ عَنْ رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ، فَصَلَّاهَا بَعْدَمَا طَلَعَتِ الشَّمْسُ

“bahwa Nabi Sholallahu ‘alaihi wa salaam tertidur dari mengerjakan sholat sunah qobliyah Subuh, maka Beliau sholat setelah Matahari terbit”.

Syaikh Syu’aib Arnauth dalam tahqiqnya terhadap Shahih Ibnu Hibban, mengomentari hadits ini :

إسناده ضعيف وهو حديث صحيح

sanadnya lemah, namun ia adalah hadits Shahih”.

Imam Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim, ketika mengomentari hadits riwayat Muslim diatas berkata :

فِيهِ : اِسْتِحْبَاب قَضَاء النَّافِلَة الرَّاتِبَة

didalamnya terdapat faedah dianjurkannya mengqodho sholat sunnah Rawatib”.

Kami tutup dengan penjelasan dari Mufti ‘Aam Saudi Arabia terdahulu, Imam Muhammad bin Ibrohim Alu Syaikh :

(473- هل على من نام ولم يستيقظ إلا بعد طلوع الشمس اثم، وهل يقضي ركعتي الفجر مع صلاة الفجر أَم لا؟)

وأَما من نام ولم يستيقظ إِلا بعد طلوع الفجر فلا إِثم عليه، لما روى الترمذي في (باب النوم عن الصلاة) من جامعة من حديث أَبي قتادة رضي الله عنه، أَنه قال: ذكروا لرسول الله صلى الله عليه وسلم نومهم عن الصلاة فقال: ((إِنَّه ليْسَ فِيْ النَّوْم تفريْطٌ إِنَّمَا التفريْط فِيْ الْيَقظةِ، فإِذا نسيَ أَحَدُكمْ صلاة أَوْ نامَ عنها فليُصلِّها إِذا ذكرَها)) قال الترمذي: حديث أَبي قتادة هذا حديث حسن صحيح. قال: وفي الباب عن أَبي مسعود وأَبي مريم وعمران بن حصين وجبير بن مطعم وأَبي جحيفة وأَبي سعيد وعمرو ابن أُمية الضمري وذي مضير وهو ابن أَخي النجاشي. اهـ.

وأَما قضاء المستيقظ من النوم بعد طلوع الشمس سنة الفجر مع الفجر فيدل عليه ما جاء في حديث أَبي قتادة رضي الله عنه عند مسلم في قصة نوم النبي صلى الله عليه وسلم وأَصحابه عن صلاة الصبح منصرفه من خيبر فإِن فيه ((ثمَّ صلَّى – أَي رسول الله صلى الله عليه وسلم – رَكعَتيْن قبْل الصُّبح ثمَّ صلَّى كمَا كان يُصلِّيْ)) وعنده من حديث أَبي هريرة في هذه القصة أَيضًا ((ثمَّ دَعا بمَاءٍ فتوَضَّأَ ثمَّ صلَّى سَجْدَتيْن – أَي ركعتين – ثمَّ أُقِيْمَت الصَّلاة فصلَّى صلاة الْغدَاةِ)) وللنسائي من حديث جبير بن مطعم ((ثمَّ أَذَّنَ بلالٌ فصلَّى رَكعَتيْن وَصلُّوْا رَكعَتيْ الْفجْر ثمَّ صلُّوْا الْفجْرَ)) ولابن خزيمة والدارقطني من طريق سعيد بن المسيب عن بلال في هذه القصة ((فأمَرَ بلال فأَدَّن ثمَّ توَضَّأَ فصلُّوْا رَكعَتيْن ثمَّ صلُّوْا الْغدَاة)) ونحوه للدارقطني من طريق الحسن عن عمران بن حصين.

وممن استدل بهذه القصة على قضاء سنة الفجر مع الفجر شيخ الإِسلام ابن تيمية وتلميذه العلامة ابن القيم قال شيخ الإِسلام في الجزء الأَول من ((فتاواه المصرية)): أَما الذي ثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم أَنه كان يصلي في السفر من التطوع فهو ركعتا الفجر. حتى إِنه لما نام عنها هو وأَصحابه منصرفين من خيبر قضاهما مع الفريضة هو وأَصحابه. وذكر في موضع آخر: أَن المسارعة إِلى قضاء الفوائت الكثيرة أَولى ن الاشتغال عنها بالنوافل. ثم قال: وأَما مع قلة الفوائت فقضاء السنن معها حسن؛ فإِن النبي صلى الله عليه وسلم لما نام هو وأَصحابه عن الصلاة – صلاة الفجر عام خيبر – قضوا السنة والفريضة، ولما فاتته الصلوات يوم الخندق قضى الفوائت بلا سنن. وقال ابن القيم في ((زاد المعاد)) بعد كلامه على فوائد هذه القصة: فيها أَن السنن الرواتب تقضى كما تقضى الفرائض، وقد قضى رسول الله صلى الله عليه وسلم سنة الفجر معها، وقضى سنة الظهر وحدها، وكان هديه صلى الله عليه وسلم.

Soal : apakah berdosa orang yang tidur dan ia tidak bangun kecuali setelah terbitnya Matahari, kemudian apakah ia mengqodho sholat qobliyah Subuh bersama dengan sholat Subuh atau tidak?

Jawab :

Orang yang tidur dan ia tidak bangun kecuali setelah terbitnya Matahari, maka tidak berdosa, berdasarkan riwayat Tirmidzi di kitab Sunannya bab “tidur dari sholat” dari haditsnya Abu Qotadah Rodhiyallahu ‘anhu bahwa beliau berkata : “ditanyakan kepada Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wa salaam tentang orang yang tertidur dari sholat, maka Nabi Sholallahu ‘alaihi wa salaam bersabda : “sesungguhnya tidaklah tidur itu merupakan suatu peremehan (terhadap pelaksanaan sholat-pent.), hanyalah yang dikatakan peremehan, ketika ia sadar, jika salah seorang diantara kalian lupa atau tertidur dari sholatnya, maka sholatlah ketika ia ingat”.

Tirmidzi berkata : ‘hadits Abu Qotadah Rodhiyallahu ‘anhu ini adalah hadits Hasan Shahih, dalam bab ini dikatakan juga oleh Abu Mas’ud, Abu Maryam Imroon bin Khushoin, Jubair bin Muth’im, Abu Juhaifah, Abu Sa’id, ‘Amr bin Umayah, adh-Dhomiriy, Dzii Mashiir –Ibnu Akhi an-Najaasyi- Rodhiyallahu ‘anhum ajmain’.

  Adapun orang yang bangun dari tidur pada waktu Matahari terbit untuk mengqodho sholat qobliyah Subuh bersama dengan sholat Subuh, maka telah ditunjukkan oleh hadits Abu Qotadah Rodhiyallahu ‘anhu dalam riwayat Muslim tentang kisah tertidurnya Nabi Sholallahu ‘alaihi wa salaam dan para sahabatnya dari sholat Subuh ketika berjihad di Khoibar, disebutkan dalam riwayat tersebut : “lalu Nabi Sholallahu ‘alaihi wa salaam sholat 2 rokaat sebelum Subuh, lalu Beliau sholat, sebagaiman biasanya sholat”.

Dalam riwayat Muslim dari Abu Huroiroh Rodhiyallahu ‘anhu tentang kisah ini juga : “lalu Nabi Sholallahu ‘alaihi wa salaam meminta air, lalu berwudhu, kemudian sholat 2 sujud -2 rakaat-, lalu diiqomati sholat, kemudian Nabi Sholallahu ‘alaihi wa salaam sholat Subuh”. Dalam riwayat an-Nasa’I dari hadits Jubair bin Muth’im dengan lafadz : “lalu Bilaal Rodhiyallahu ‘anhu mengumandangkan adzan, Nabi sholat 2 rakaat (qobliyah Subuh), para sahabat juga sholat qobliyah, lalu mereka sholat Subuh”. Dalam riwayat Ibnu Khuzaimah, Daruquthni dari jalan Sa’id ibnul Musayyib dari Bilaal tentang kisah ini dengan lafadz : “Nabi Sholallahu ‘alaihi wa salaam memerintahkan Bilaal Rodhiyallahu ‘anhu, maka Bilaal adzan, lalu Beliau berwudhu dan mereka sholat qobliyah subuh, lalu sholat Subuh”. Dan Daruquthni meriwayatkan hal yang serupa dari al-Hasan dari ‘Imroon bin Khushoin.     

  Diantara ulama yang berdalil dengan kisah ini tentang qodhonya sunah qobliyah Subuh bersama dengan sholat subuh yaitu, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dan muridnya al-‘Alamah Ibnul Qoyyim. Syaikhul Islam berkata di juz pertama dalam “Fatawa al-Mishriyyah” :‘adapun yang tsabit dari Nabi Sholallahu ‘alaihi wa salaam bahwa Beliau sholat sunnah dalam safarnya yaitu sholat Qobliyyah Subuh, sampai-sampai ketika Beliau dan para sahabatnya tertidur dalam perjalanan dari Khoibar, Beliau dan para sahabatnya mengqodho sholat qobliyah bersama sholat Subuhnya’. Dalam tempat lain, Syaikhul Islam berkata : ‘bersegara untuk menqodho yang terluput jika banyak, lebih utama untuk tidak menyibukkan diri dengan sholat nawafil’. lalu beliau berkata : ‘adapun jika yang terluput sedikit, maka menqodho sholat sunah rawatibnya adalah bagus, karena Nabi Sholallahu ‘alaihi wa salaam dan para sahabatnya ketika tertidur dari sholat Subuh –pada perang Khoibar- mereka mengqodho sholat sunahnya dan sholat wajibnya, namun ketika terluput dari beberapa sholat dalam perang Khondaq, Nabi Sholallahu ‘alaihi wa salaam mengqodhonya, tanpa melakukan sholat sunah’.

Ibnul Qoyyim dalam “Zaadul Ma’aad” setelah menyebutkan beberapa faedah tentang kisah ini, beliau berkata : ‘didalamnya terdapat faedah bahwa sunah rowatib diqodho, sebagaimana mengqodho sholat-sholat yang wajib, Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wa salaam mengqodho sunah qobliyah Subuh bersama sholat subuh dan pernah mengqodho sholat sunah Dhuhur saja, ini adalah petunjuk Nabi Sholallahu ‘alaihi wa salaam’.      

4 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuhu.
    Bagaimana jika hanya dimungkinkan satu shalat sunnah, apakah qabliyah atau tahiyyatul masjid?
    Wassalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuhu.

    Like

  2. Wa Alaikum salam wa Rokhmatullahi wa Barokatuhu,

    Maksudnya gimana pak?

    Like

  3. Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuhu.
    Jika kita terlambat datang hingga hanya dimungkinkan satu shalat sunnah, apakah qabliyah atau tahiyyatul masjid? sebelum shalat fardhu berjamaah dilaksanakan. Terima kasih
    Wassalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuhu.

    Like

  4. Jawaban untuk pertanyaan bapak bisa dilihat di artikel saya yang baru

    Like


Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.