Allah Subhanahu wa Ta’alaa Tidak Melihat Fisik, namun Hati dan Amalan Sholihnya

May 10, 2014 at 2:33 pm | Posted in Taliq Riyadhus Shoolihin | Leave a comment

Allah Subhanahu wa Ta’alaa Tidak Melihat Fisik, namun Hati dan Amalan Sholihnya

 

Hadits No. 7

وعنْ أبي هريرةَ عبدِ الرحمانِ بنِ صخرٍ – رضي الله عنه – ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ الله – صلى الله عليه وسلم – : (( إنَّ الله لا ينْظُرُ إِلى أجْسَامِكُمْ ، ولا إِلى صُوَرِكمْ ، وَلَكن ينْظُرُ إلى قُلُوبِكمْ وأعمالكم )) رواه مسلم

“dari Abu Huroiroh Abdur Rokhman bin Shokhr Rodhiyallahu ‘anhu beliau berkata : “Sesungguhnya Allah tidak melihat jasad dan rupa kalian, namun Dia melihat hati dan amalan kalian”.

HR. Muslim.

Faedah :

  1. Betapa banyak orang yang kuat badannya, namum ternyata fisiknya menyebabkan ia sombong dan mengantarkannya kepada kemurkaan sang Pencipta. Allah Subhanahu wa Ta’alaa berfirman :

“(keadaan kamu hai orang-orang munafik dan musyrikin) adalah seperti keadaan orang-orang sebelum kamu, mereka lebih kuat daripada kamu, dan lebih banyak harta dan anak-anaknya dari kamu. Maka mereka telah menikmati bagian mereka, dan kamu telah menikmati bagian kamu sebagaimana orang-orang yang sebelummu menikmati bagiannya, dan kamu mempercakapkan (hal yang batil) sebagaimana mereka mempercakapkannya. Mereka itu amalannya menjadi sia-sia di dunia dan di akhirat; dan mereka itulah orang-orang yang merugi” (QS. At Taubah : 68).

  1. Rupa yang bagus tidak menjamin bahwa amal perbuatannya bagus. Allah Subhanahu wa Ta’alaa berfirman :

” Dan apabila kamu melihat mereka, tubuh-tubuh mereka menjadikan kamu kagum. Dan jika mereka berkata kamu mendengarkan perkataan mereka. Mereka adalah seakan-akan kayu yang tersandar” (QS. Al Munafikun : 4).

Tim penerjemah Depag RI berkata : ‘Mereka diumpamakan seperti kayu yang tersandar, maksudnya untuk menyatakan sifat mereka yang buruk meskipun tubuh mereka bagus-bagus dan mereka pandai berbicara, akan tetapi sebenarnya otak mereka adalah kosong tak dapat memahami kebenaran‘.

  1. Allah hanya melihat hati yaitu keikhlasannya dan amal yakni sesuai petunjuk-Nya dan kedua perkara inilah yang akan diberikan ganjaran pahala.

 

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: