JIHAD FI SABILILLAH ADALAH YANG BERPERANG DENGAN IKHLAS

May 11, 2014 at 4:03 am | Posted in Taliq Riyadhus Shoolihin | Leave a comment

Barangsiapa yang Berperangnya dengan Ikhlas,

maka itulah Jihad Fii Sabilillah

 

Hadits No. 8

وعن أبي موسى عبدِ اللهِ بنِ قيسٍ الأشعريِّ – رضي الله عنه – ، قَالَ : سُئِلَ رسولُ الله – صلى الله عليه وسلم – عَنِ الرَّجُلِ يُقاتلُ شَجَاعَةً ، ويُقَاتِلُ حَمِيَّةً، ويُقَاتِلُ رِيَاءً، أَيُّ ذلِكَ في سبيلِ الله ؟ فقال رَسُول الله – صلى الله عليه وسلم – : (( مَنْ قَاتَلَ لِتَكونَ كَلِمَةُ اللهِ هي العُلْيَا ، فَهوَ في سبيلِ اللهِ )) مُتَّفَقٌ عَلَيهِ

“dari Abu Musa Abdillah bin Qois al-Asy’ariy rodhiyallahu anhu beliau berkata : “Rasulullah sholallahu alaihi wa salam pernah ditanya oleh seseorang yang manakah diantara ini yang merupakan jihad fii sabilillah, seorang berperang kerena keberaniannya atau karena melindungi sesuatu atau karena riya?”, maka Rasulullah sholallahu alaihi wa salam menjawab : “Barangsiapa yang berperang agar kalimat Allah tinggi, maka itulah jihad fii sabilillah”.

Disepakati keshahihannya oleh Bukhori-Muslim.

Faedah :

  1. Berjihad dengan niat yang ikhlaslah yang akan diperhitungkan sebagai amal sholih.
  2. Seandainya seorang Muslim berperang karena membela negrinya, maka hendaknya diniatkan juga untuk membela Islam, karena negerinya adalah negeri Islam, tidak sekedar hanya membela negerinya, karena jika seperti itu, tidak ada bedanya dengan orang kafir yang juga mencintai negeri tersebut. Dari sinilah diketahui batilnya hadits yang mengatakan : “Cinta tanah air sebagian daripada iman” (penulis memiliki artikel terkait hadits ini, silakan merujuk kesana).
  3. Hadits ini masih terkait dengan hadits sebelumnya, yakni jika seorang karena kekuatan fisik dan pikirannya, sehingga ia berani berperang, kalau ia memang berperang sekedar hanya untuk menunjukkan keberaniannya saja, tidak terbesit dalam hatinya untuk membela islam, maka ia tidak sedang berperang di jalan Allah.

 

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: