HUKUM MENGUCAPKAN SALAM PADA SAAT BERTANYA

May 31, 2014 at 2:49 am | Posted in fiqih | Leave a comment

HUKUM MENGUCAPKAN SALAM PADA SAAT BERTANYA

 

Sebelumnya saya telah memposting fatwa dari Imam Ibnu Utsaimin berkaitan dengan mengucapkan salam pada saat bertanya, berikut teks fatwanya :

السؤال: السلام عليكم ورحمة الله وبركاته، ما حكم ركعتي تحية المسجد، مع ذكر الدليل؟ وما هو دليل المخالف للرد عليه؟ وهل يلزم القائلين بوجوب ركعتي تحية المسجد عند دخولهم المسجد في وقت النهي ركعتين أم لا؟ أفيدونا مأجورين!

الجواب: نعم! بارك الله فيك! أولاً: السلام عند إلقاء السؤال ليس من السنة، ونبَّهنا على هذا كثيراً، لأن الصحابة كانوا مع الرسول عليه الصلاة والسلام يجلسون ولا يسلمون إذا أرادوا السؤال، لو قدم الإنسان على الحلقة وسلم فهذا لا بأس

Soal : Assalamu ‘alaikum wa rokhmatullahi wa barokaatuhu, apa hukum sholat 2 rakaat tahiyyatul masjid –sebutkan juga dalillnya-? Dan apa dalil orang yang membantahnya? Apakah mengharuskan bagi orang yang berpendapat wajibnya sholat 2 rakaat tahiyyatul masjid ketika masuk masjid pada waktu larangan untuk sholat 2 rakaat atau tidak? Berikan faedah kepada kami.

Jawab : iya, Barokallahu Fiik. Pertama, salam ketika melontarkan pertanyaan bukan termasuk sunnah, penjelasan tentang ini sangat banyak. Karena sahabat mereka senantiasa bermajelis dengan Rasulullah sholallahu alaihi wa salam, mareka tidak pernah mengucapkan salam ketika hendak bertanya. Seandainya seorang baru datang di sebuah halaqoh, lalu mengucapkan salam, maka ini tidak mengapa…

Demikian fatwa dari Imam Ibnu Utsaimin yang mengatakan bahwa kebiasan mengucapkan salam sebelum bertanya, bukan termasuk sunnah atau dengan bahasa lain bukan adab-adab dalam bertanya.

Namun seorang ikhwan –Jazakallah khoir- mengingatkanku bahwa ada sebuah hadits yang menunjukkan disyariatkannya salam sebelum bertanya. Berikut lafadz hadits yang saya dapatkan :

السلام قبل السؤال، فمن بدأكم بالسؤال قبل السلام فلا تجيبوه

“as-Salaam sebelum bertanya, barangsiapa yang mendahului kalian dengan bartanya sebelum salam, maka jangan dijawab”.

Hadits ini telah ditakhrij dengan baik oleh Imam Al Albani dalam “Silsilah ahaadist ash-Shohihaah” (no. 816-cet. Maktabah al-Ma’aarif, Riyadh) dari riwayatnya Imam Ibnu Adiy dalam “al-Kaamil”, kemudian Imam Al Albani mengatakan haditsnya hasan dengan penguat-penguatnya.

Tentu berdasarkan hadits yang hasan ini, mengucapkan salam sebelum bertanya adalah disyariatkan. Barangkali Imam Ibnu Utsaimin belum mengetahui hadits ini atau beliau memandang hadits ini lemah atau sebab-sebab lainnya yang memalingkan beliau dari berpegang dengan hadits ini.  

 

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: