KATA AIMAH SYAFIIYYAH TENTANG BIDAHNYA SHOLAT NISFU SYA’BAN

June 8, 2014 at 3:56 pm | Posted in fiqih | Leave a comment

PENDAPAT AIMAH SYAFI’YYAH TENTANG SHOLAT NISFU SYA’BAN

 

Para Aimah Syafi’iyyah adalah panutan dan teladan kita didalam memerangi bid’ah, karena mereka senantiasa yang terdepan didalam menjelaskan bid’ah-bid’ah yang berurat akar ditengah-tengah manusia. Salah satu bid’ah yang sangat diingkari keras oleh mereka adalah apa yang tersebar dan terkenal dikalangan manusia yang jauh dari sunnah dengan acara yang mereka ada-adakan, yang tidak menambah mereka, kecuali kelelahan dan penyesalan saja, yakni sholat pada malam nisfu Sya’ban. Karena itu adalah sholat bid’ah yang diada-adakan atas nama agama. Allah Subhanaahu wa Ta’aalaa berfirman :

أَمْ لَهُمْ شُرَكَاءُ شَرَعُوا لَهُمْ مِنَ الدِّينِ مَا لَمْ يَأْذَنْ بِهِ اللَّهُ

“Apakah mereka mempunyai sembahan-sembahan selain Allah yang mensyariatkan untuk mereka agama yang tidak diizinkan Allah?” (QS. Asy-Syuura : 21). 

وَقَدِمْنَا إِلَى مَا عَمِلُوا مِنْ عَمَلٍ فَجَعَلْنَاهُ هَبَاءً مَنْثُورًا

“Dan kami hadapi segala amal yang mereka kerjakan, lalu kami jadikan amal itu (bagaikan) debu yang berterbangan” (QS. Al Furqoon : 23).

Berikut kami nukilkan sebagian perkataan Aimah Syafi’iyyah berkaitan bid’ahnya sholat Nisfu Sya’ban :

  1. Imam Nawawi (w. 676 H) dalam kitabnya “al-Majmu Syarah al-Muhadzdzab” (4/56-cet. Daarul Fikr) berkata :

الصَّلَاةُ الْمَعْرُوفَةُ بصلاة الرغائب وهي ثنتى عَشْرَةَ رَكْعَةً تُصَلَّى بَيْنَ الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ لَيْلَةَ أَوَّلِ جُمُعَةٍ فِي رَجَبٍ وَصَلَاةُ لَيْلَةِ نِصْفِ شَعْبَانَ مِائَةُ رَكْعَةٍ وَهَاتَانِ الصَّلَاتَانِ بِدْعَتَانِ وَمُنْكَرَانِ قَبِيحَتَانِ وَلَا يُغْتَرُّ بِذَكَرِهِمَا فِي كِتَابِ قُوتِ الْقُلُوبِ وَإِحْيَاءِ عُلُومِ الدِّينِ وَلَا بِالْحَدِيثِ الْمَذْكُورِ فِيهِمَا فَإِنَّ كُلَّ ذَلِكَ بَاطِلٌ وَلَا يُغْتَرُّ بِبَعْضِ مَنْ اشْتَبَهَ عَلَيْهِ حُكْمُهُمَا مِنْ الْأَئِمَّةِ فَصَنَّفَ وَرَقَاتٍ فِي اسْتِحْبَابِهِمَا فَإِنَّهُ غَالِطٌ فِي ذَلِكَ وَقَدْ صَنَّفَ الشَّيْخُ الْإِمَامُ أَبُو مُحَمَّدٍ عبد الرحمن بن اسمعيل الْمَقْدِسِيُّ كِتَابًا نَفِيسًا فِي إبْطَالِهِمَا فَأَحْسَنَ فِيهِ وَأَجَادَ رَحِمَهُ اللَّهُ

Sholat yang dikenal dengan sholat Roghoib yakni dikerjakan sebanyak 12 rakaat pada waktu antara maghrib dan isya pada malam jum’at pertama di bulan rajab dan Nisfu Sya’ban yang dikerjakan 100 rokaat, kedua sholat tersebut adalah sholat Bid’ah yang mungkar lagi jelek. Jangan tertipu penyebutannya dalam kitab Quutul Quluub dan Ihyaa Ulumuddiin.

Tidak ada hadits yang menyebutkan tentang pensyariatan kedua sholat tersebut, karena  semuanya batil dan jangan tertipu dengan sebagian ulama yang terkena syubhat dengan menghukumi disunnahkannya amalan tersebut, karena hal itu adalah keliru. Syaikhul Imam Abu Muhammad Abdur Rokhman bin Ismail al-Maqdisy telah menulis sebuah kitab yang berharga yang isinya membatalkan semua hujjah kedua sholat diatas, dengan penyajian yang sangat bagus dan apik.   

  1. Imam Ahmad bin Lu’lu’ ibnu an-Naqiib (w. 769 H) dalam kitabnya “Umdatus Saalik” (hal. 62-cet. Asy-Syu’unid Diiniiyyah) berkata :

وصلاة الرغائب في رجب وصلاة نصف شعبان بدعتان مكروهتان

Sholat Roghoib pada bulan Rojab dan sholat Nisfu Sya’ban adalah bid’ah yang dibenci.    

  1. Syaikhul Islam Ibnu Hajar al-Haitamiy (w. 974 H) dalam kitab “al-Manhaajul Qowiim” (1/141-cet. Daarul Kutubil ‘Ilmiyyah) berkata :

ومن البدع القبيحة صلاة الرغائب أول جمعة من رجب وصلاة نصف شعبان وحديثهما باطل، وقد بالغ النووي وغيره في إنكارهما

Termasuk bid’ah yang jelek adalah sholat Roghoib pada awal jum’at pada bulan Rojab dan sholat pertengahan bulan Sya’ban, hadits-hadits berkaitan kedua sholat ini adalah batil. Imam Nawawi dan selainnya sangat mengingkarinya.    

  1. Asy-Syaikh Ahmad bin Salaamah al-Qolyuubiy (w. 1070 H) dalam “Hasyiyahnya” (1/247-cet. Daarul Fikr) berkata :

 وَأَمَّا صَلَاةُ الرَّغَائِبِ وَهِيَ اثْنَتَا عَشْرَةَ رَكْعَةً فِي أَوَّلِ جُمُعَةٍ مِنْ رَجَبٍ، وَصَلَاةُ مِائَةِ رَكْعَةٍ فِي لَيْلَةِ نِصْفِ شَعْبَانَ فَهُمَا بِدْعَتَانِ مَذْمُومَتَانِ قَبِيحَتَانِ سَوَاءً فُعِلَتَا جَمَاعَةً أَمْ فُرَادَى.

Adapun sholat Roghoib sebanyak 12 rakaat pada jum’at pertama di bulan Rojab dan sholat sebanyak 100 rakaat pada malam nisfu Sya’ban, maka kedua sholat ini adalah bid’ah yang tercela lagi jelek, sama saja mengerjakannya secara jamaah maupun sendiri-sendiri.   

  1. Asy-Syaikh Sa’id bin Muhammad Ba Aliy al-Hadhromiu (w. 1270 H), dalam kitabnya “Syarah Muqodimah al-Hadhromiyyah” (h. 320-cet. Daarul Minhaj) berkata :

ومن البدع القبيحة: صلاة الرغائب أولّ جمعة من رجب، وصلاة نصف شعبان، وحديثهما باطل، كما قاله النووي

 Termasuk bid’ah adalah sholat roghoib pada jumat pertama di bulan Rojab dan sholat nisfu Sya’ban, karena hadits tentang kedua sholat ini batil, sebagaimana dikatakan oleh Imam Nawawi.

  1. Asy-Syaikh Utsman bin Muhammad ad-Dimyaathi (w. 1310 H), penulis kitab “I’aanatut Thoolibiin” (1/312-cet. Daarul Fikr) menukil dari penulis kitab “Irsyaadul ‘Ibaad” yang berkata :

وصلاة ليلة نصف شعبان مائة ركعة، وصلاة آخر جمعة من رمضان سبعة عشر ركعة، بنية قضاء الصلوات الخمس التي لم يقضها.

وصلاة يوم عاشوراء أربع ركعات أو أكثر.وصلاة الأسبوع، أما أحاديثها فموضوعة باطلة، ولا تغتر بمن ذكرها.

Sholat Nisfu Sya’ban dengan 100 rakaat dan sholat pada akhir jum’at Ramadhon sebanyak 17 kali dengan niat mengqodho sholat lima waktu yang belum diqodhonya, lalu sholat pada hari ‘Aasyuuraa’ sebanyak 4 rakaat atau lebih serta sholat mingguan, maka hadits-haditsnya palsu dan batil, jangan tertipu dengan ulama yang menyebutkannya.  

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: