IMAM AL ALBANI MUTAASAHIL?

July 13, 2014 at 1:50 am | Posted in Mustholah Hadits | Leave a comment

Imam Al Albani Mutasaahil?

 

Ada beberapa ulama yang memberikan penilaian bahwa Imam Al Albani terkadang mutasaahil (gampang) dalam menshahihkan atau menghasankan hadits, berikut nukilan komentar ulama tersebut :

  • Imam Ibnu Utsaimin pernah berkomentar tentang beliau yang dinukil dari buku Biografi Al Albani karya Muhammad asy-Syaibaaniy :

أما من حيث التحقيقات العلمية الحديثية فناهيك به، على تساهل منه أحيانًا في ترقية بعض الأحاديث إلى درجة لا تصل إليها من التحسين، أو التصحيح، وعدم ملاحظة ما يكون شاذ المتن، مخالفًا لأحاديث كالجبال صحة، ومطابقة لقواعد الشريعة

Adapun dari sisi penelitian ilmiyyah, beliau memang pakar dalam hal tersebut, hanya saja ada ketasahulan (bermudah-mudahan) didalam mengangkat sebagian hadits-hadits kepada derajat hasan atau shahih yang seharusnya tidak sampai kesitu, dan terkadang beliau, tidak memperhatikan syadz (ganjilnya) isi hadits, yang menyelisihi hadits-hadits yang kokoh keshahihannya, dan kaedah-kaaedah syariah.

  • Syaikh Musthofa al-Adawiy pernah ditanya sebagaimana dalam buku mustholahnya Soal dan jawab, sebagai berikut :

ما درجة الشيخين الفاضلين: أحمد شاكر، وناصر الألباني في تصحيح الأحاديث من ناحية التساهل أو التشدد؟

فأجاب: أما الشيخ الفاضل أحمد شاكر – رحمه الله – فيجنح إلى التساهل في الحكم على الحديث بالصحة، ومنشأ ذلك أنه عمد إلى رجال دارت عليهم جملة هائلة من أحاديث رسول الله صلى الله عليه وسلم فوثَّقهم، ومن ثَم صحَّح أحاديثهم، من هؤلاء ابن لهيعة، وشهر بن حوشب، وعبد الله (مكبر الاسم) بن عمر العمري، وليث بن أبي سليم، وعبد الله بن صالح كاتب الليث، ويزيد بن أبي زياد، وهؤلاء الراجح من أمرهم أنهم أقرب إلى الضعف.

أما الشيخ ناصر الألباني – حفظه الله – فهو أحسن حالاً في هذا الجانب، إلا أن عمله لا يخلو من شيء من ذلك، ووجه ذلك أنه يصحح الحديث في كثير من الأحيان بناء على صحة الإسناد فقط، ولا ينظر إلى أوجه إعلاله، وأحيانًا يصحح الحديث بمجموع الطرق، وكثرتها، مع شدة ضعفها. اهـ.

Soal : bagaimana kedudukan 2 syaikh yang utama ini, yakni Ahmad Syaakir dan Naashir al-Albani dalam menshahihkan hadits dari sisi tasahul dan tasyadud?

Jawab :

Adapun syaikh al-Fadhil Ahmad Syaakir, lebih condong kepada tasaahul dalam menghukumi keshahihan hadits, alasannya beliau berpegang dengan perowi yang mana mereka adalah sumber utama periwayatan hadits tersebut, lalu beliau tsiqoh-kan, sehingga ujungnya beliau menshahihkan haditsnya, misalnya Ibnu Luhaiah, Syahr bin Hautsab, Abdullah bin Umar al-Umariy, Laits bin Abi Saliim, Abdullah bin Shoolih –sekretarisnya al-Laits-, dan Yaziid bin Abi Ziyaad. Mereka semua, menurut pendapat yang rajih adalah lebih dekat kepada para perowi dhoif.

Adapun syaikh Naashir al-Albani, lebih mending keadaannya dari sisi ini, namun tulisan juga tidak terlepas dari hal tersebut. Alasan mutasaahilnya, bahwa beliau banyak menshahihkan hadits berdasarkan atas keshahihan sanadnya saja, tidak melihat kepada sisi adanya cacat, terkadang juga beliau menshahihkan hadits karena gabungan dan banyaknya jalan, padahal sangat dhoif sanadnya.

  • Asy-Syaikh Abu Ishaq al-Huwainiy –salah satu muridnya asy-Syaikh Al Albani- berkata :

إن الشيخ الألباني في التصحيح دقيق جدًّا، والتساهل من الشيخ يقع في الحديث الحسن أحيانًا

Sesungguhnya syaikh Al Albani dalam menshahihkan sangat teliti sekali, dan tasaahulnya syaikh terkadang dalam penghasanan hadits saja.

  • Asy-Syaikh DR. Sa’ad al-Humaid berkata :

أما بالنسبة لتصحيحات الشيخ الألباني، فالشيخ من المجتهدين في علم الحديث، وفي الغالب أنه إذا ضعف حديثًا لا تجد بعده شيئًا – في الغالب -، ولكن لست أدعي أنه لا يفوته شيء، ولكن إذا ضعف حديثًا ففي الغالب أن حكمه يكون لائقًا على ذلك الحديث، وكذلك في كثير من الأحيان إذا حكم على حديث بالصحة أن حكمه يكون جيدًا، وقد يخطئ في نظري.

أما إذا حكم على حديث بالحُسن؛ فهذا الذي هو محل نظر، فالشيخ له منهج يسير عليه في تحسين الأحاديث، وأنا عندي تحفظ على ذلك المنهج؛ فهو يتساهل في جمع طريق ضعيفة، مع طريق ضعيفة، وهكذا يجمع بينهما، ويحكم على الحديث “بالحسن لغيره” ـ مع العلم بأن بعض تلك الطرق قد تكون مناكير، أو مما تفرد به بعض الرواة تفردًا منكرًا عند العلماء، والشيخ لا يُبالي بهذا. اهـ.

Adapun dilihat dari penshahihan syaikh Al Albani, maka Syaikh adalah termasuk mujtahid dalam ilmu hadits, umumnya jika beliau melemahkan suatu hadits, beliau tidak akan mengambilnya sedikitpun –umumnya seperti itu-, namun aku tidak mengklaim bahwa tidak ada yang terlewat dari beliau. Namun jika beliau melemahkan suatu hadits, pada umumnya hukumnya sesuai dengan kondisi hadits tersebut, demikian juga seringnya, beliau tepat dalam menshahihkan hadits atau menghukuminya dengan ‘jayyid’ (diatas hasan, dibawah shahih-pent.), namun terkadang beliau keliru, menurutku.

Adapun jika menghukumi hasannya hadits, ini adalah tempat yang butuh penelitian, syaikh memiliki manhaj yang gampang dalam menghasankan hadits, saya memiliki catatan terhadap manhaj tersebut, beliau gampang (menghasankan) dengan menggabungkan jalan yang lemah dengan jalan yang lemah lainnya, lalu beliau menghukuminya dengan hasan lighoirihi, padahal beliau mengetahui bahwa jalan-jalan tersebut ada yang mungkar atau sebagian perowinya menyendiri dalam meriwayatkannya dengan penyedirian yang mungkar menurut ulama, maka syaikh Al Albani mengacuhkan hal tersebut.

  • Asy-Syaikh Abdul Aziiz ath-Thoriifiy pernah ditanya sebagai berikut :

سمعنا في الآونة الأخيرة من يطعن في تخريجات الشيخ الألباني فما رأيك يا شيخ؟

فأجاب: العلامة الألباني من الأئمة الكبار في السنة، وقد نفع الله به نفعًا عظيمًا في هذا القرن، مما لا يكاد يحصل لمثله في وقته، وذلك فضل الله يؤتيه من يشاء.

وهو كسائر علماء الحديث يؤخذ من قوله ويرد، والشيخ الألباني له منهج في نقد الأحاديث يخالفه فيه غيره من أهل العلم، وهو يجري على ما يجري عليه سائر المحدثين الكبار من المتأخرين، كالسيوطي، والسخاوي، وغيرهم.

وانتقد عليه تساهله في مواضع من أحكامه، كالتصحيح بمجموع الطرق، والتسامح في تحسين روايات بعض الضعفاء، ونحو ذلك.

وأخذ عليه تشدده في بعض أحكامه، كتشدده في رد روايات من وصف بالتدليس، ورد كل ما ثبت انقطاعه مطلقًا، ولو كانت القرائن احتفت به، فاغتفر الأئمة علة الانقطاع لقوة القرائن، كمعرفة الواسطه عينًا أو حالًا، كرواية سعيد عن عمر، أو أبي عبيدة عن أبيه، ونحو ذلك.

والشيخ الألباني ليس بدعًا بهذا الرأي، فهناك من سبقه من الأئمة المتأخرين إلى هذا الرأي، وهو مجتهد حاصل على الأجر في الحالين، رحمه الله، وأسكنه فسيح جنته. اه

Soal : kami mendengar akhir-akhir ini orang-orang yang mencela takhrij asy-Syaikh Al Albani, maka bagaimana pendapat anda?

Jawab : al-‘Alaamah Al Albani termasuk Aimah kibar dalam sunnah, Allah Subhanaahu wa Ta’aalaa telah memberikan manfaat kepadanya dengan manfaat yang besar pada abad ini, yang mana tidak ada orang yang mampu menyamainya pada zaman ini, demikian karunia Allah diberikan kepada siapa yang dikehendaki-Nya.

Beliau seperti ulama hadits lainnya yang bisa diambil dan ditolak perkataannya, syaikh Al Albani memiliki manhaj kritik hadits yang berbeda dengan ulama lainnya, beliau berjalan diatas jalannya ahli hadits besar dari kalangan mutaakhirin seperti Suyuthi, Sakhowiy dan selainnya yang telah dikritik karena tasahulnya dalam menghukumi sebagian hadits, seperti menshahihkan dengan banyaknya jalan, longgar dalam menghasankan sebagian riwayat para perowi dhoif dan semisalnya.

Dan juga dikritik karena tasyadud (ketat) dalam menghukumi sebagian hadits, seperti keras dalam menolak riwayat dari para perowi yang disifati dengan tadlis, menolak apa yang telah tetap bahwa itu terputus secara mutlak, sekalipun memliki indikator penguatnya, maka sebagian Aimah menguatkan haditsnya karena adanya penguat tersebut, seperti adanya perantara dengan majhul ain atau majhul haal, contohnya riwayat Said dari Umar atau Abi Ubaidah dari Bapaknya dan semisalnya.

Asy-Syaikh Al Albani bukan membuat bid’ah dalam masalah ini, disana ada Aimah muta’akhirin yang mendahului beliau dalam masalah tersebut, beliau adalah mujtahid yang akan tetap mendapatkan pahala (pada saat benar dan keliru-pent.), semoga Allah merakhmatinya dan menempatkan beliau di surga-Nya.

(dinukil dari :  http://fatwa.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=232957).

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: