Bab 5 Tentang Bagian Pasukan Penunggang Kuda

August 8, 2014 at 9:32 pm | Posted in Syarah Kitab Siyar min Sunan Tirmidzi | Leave a comment

بَابٌ فِي سَهْمِ الْخَيْلِ

Bab 5 Tentang Bagian Pasukan Penunggang Kuda

 

Penjelasan Bab :

Ini adalah penjelasan tentang bagian ghonimah yang diterima oleh tentara yang berjuang di jalan Allah, setelah mendapatkan kemenangan dari musuh-musuhnya. Pembagiannya telah saya singgung dalam syarah Shahih Bukhori Kitab Iman bab 40, silakan merujuknya kesana. Pembagian ghonimah adalah 1/5 untuk Allah dan Rasulnya, sedangkan 4/5 untuk pasukan yang ikut berperang. Kemudian dari 4/5 bagian inilah pasukan berkuda mendapatkan bagian yang lebih banyak dibandingkan pasukan pejalan kaki.

Hal ini tentunya karena pada waktu itu kuda menjadi kendaraan andalan dalam peperangan dan butuh perawatan lebih kepada kuda-kuda tersebut agar dalam kondisi prima ketika terjun ke medan tempur. Allah Subhaanahu wa Ta’aalaa berfirman :

وَأَعِدُّوا لَهُمْ مَا اسْتَطَعْتُمْ مِنْ قُوَّةٍ وَمِنْ رِبَاطِ الْخَيْلِ تُرْهِبُونَ بِهِ عَدُوَّ اللَّهِ وَعَدُوَّكُمْ وَآَخَرِينَ مِنْ دُونِهِمْ لَا تَعْلَمُونَهُمُ اللَّهُ يَعْلَمُهُمْ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فِي سَبِيلِ اللَّهِ يُوَفَّ إِلَيْكُمْ وَأَنْتُمْ لَا تُظْلَمُونَ

Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah dan musuhmu dan orang orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalasi dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan) (QS. Al Anfaal : 60).

Bahkan Allah Subhaanahu wa Ta’aalaa mengabadikan kegagahan kuda dalam sebuah surat yang dinamakan dengan surat  al ‘Aadiyaat (kuda perang yang berlari kencang). Allah Subhaanahu wa Ta’aalaa berfirman :

وَالْعَادِيَاتِ ضَبْحًا (1) فَالْمُورِيَاتِ قَدْحًا (2) فَالْمُغِيرَاتِ صُبْحًا (3) فَأَثَرْنَ بِهِ نَقْعًا (4) فَوَسَطْنَ بِهِ جَمْعًا (5)

Demi kuda perang yang berlari kencang dengan terengah-engah. dan kuda yang mencetuskan api dengan pukulan (kuku kakinya), dan kuda yang menyerang dengan tiba-tiba di waktu pagi, maka ia menerbangkan debu, dan menyerbu ke tengah-tengah kumpulan musuh (QS Al ‘Aadiyaat : 1-5).

Imam Tirmidzi berkata :

1554 – حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدَةَ الضَّبِّيُّ، وَحُمَيْدُ بْنُ مَسْعَدَةَ، قَالَا: حَدَّثَنَا سُلَيْمُ بْنُ أَخْضَرَ، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ، عَنْ نَافِعٍ، عَنْ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ «قَسَمَ فِي النَّفَلِ لِلْفَرَسِ بِسَهْمَيْنِ، وَلِلرَّجُلِ بِسَهْمٍ» حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ، عَنْ سُلَيْمِ بْنِ أَخْضَرَ نَحْوَهُ وَفِي البَاب عَنْ مُجَمِّعِ بْنِ جَارِيَةَ، وَابْنِ عَبَّاسٍ، وَابْنِ أَبِي عَمْرَةَ، عَنْ أَبِيهِ وَحَدِيثُ ابْنِ عُمَرَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَالعَمَلُ عَلَى هَذَا عِنْدَ أَكْثَرِ أَهْلِ العِلْمِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَغَيْرِهِمْ، وَهُوَ قَوْلُ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ، وَالأَوْزَاعِيِّ، وَمَالِكِ بْنِ أَنَسٍ، وَابْنِ المُبَارَكِ، وَالشَّافِعِيِّ، وَأَحْمَدَ، وَإِسْحَاقَ قَالُوا: لِلْفَارِسِ ثَلَاثَةُ أَسْهُمٍ، سَهْمٌ لَهُ، وَسَهْمَانِ لِفَرَسِهِ، وَلِلرَّاجِلِ سَهْمٌ

7). Hadits no. 1554

Haddatsanaa Ahmad bin ‘Abdah adh-Dhobiy dan Humaid bin Mas’adah mereka berdua berkata, haddatsanaa Sulaim bin Akhdhor dari Ubaidillah bin Umar dari Naafi’ dari Ibnu Umar rodhiyallahu anhu bahwa Rasulullah sholallahu alaihi wa salam membagi harta rampasan perang untuk kuda dua bagian dan untuk pejalan kaki satu bagian”.

Haddatsanaa Muhammad bin Basyaar ia berkata, haddatsanaa Abdur Rokhman bin Mahdiy dari Sulaim bin Akhdhor semisalnya.

Dalam bab ini terdapat hadits dari Mujammi’ bin Jaariyah, Ibnu Abbas, Ibnu Abi ‘Amroh dari Bapaknya rodhiyallahu anhum ajmain.

Haditsnya ibnu Umar rodhiyallahu anhu adalah hadits hasan shahih.

Kebanyakan ulama berpegang dengan hadits ini, baik dari sahabat Nabi sholallahu alaihi wa salam dan selainnya, ini juga ucapannya Sufyaan ats-Tsauri, Al Auzaa’iy, Maalik bin Anas, ibnul Mubarok, asy-Syafi’i, Ahmad dan Ishaaq, mereka semuanya berkata : ‘bagi pasukan berkuda 3 bagian, satu bagian untuk jokinya dan dua bagian untuk kudanya, sedangkan pasukan pejalan kaki mendapatkan satu bagian’.

Penjelasan kedudukan hadits :

Semua perowinya, perowi bukhori-Muslim, kecuali Ahmad, Humadi dan Sulaim, mereka bertiga hanya dipakai Imam Muslim saja.

Hadits ini shahih, dishahihkan oleh Imam Al Albani. Imam Tirmidzi menilainya, Hasan Shahih. Lafadz yang mirid diriwayatkan dalam HR. Bukhori (no. 4228) dan HR. Muslim (no. 1762).

 

Penjelasan Hadits :

  1. Para ulama berbeda pendapat tentang bagian pasukan berkuda, Abu Hanifah dan yang sependapat dengannya mengatakan bahwa pasukan berkuda mendapatkan 2 bagian, sedangkan ulama lainnya, berpendapat pasukan berkuda mendapatkan 3 bagian, dua bagian untuk kudanya dan satu bagian untuk penunggangnya, sebagaimana bagian pasukan pejalan kaki. Hal ini didukung oleh hadits berikut :

قَسَمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ خَيْبَرَ لِلْفَرَسِ سَهْمَيْنِ، وَلِلرَّاجِلِ سَهْمًا» قَالَ: فَسَّرَهُ نَافِعٌ فَقَالَ: «إِذَا كَانَ مَعَ الرَّجُلِ فَرَسٌ فَلَهُ ثَلَاثَةُ أَسْهُمٍ، فَإِنْ لَمْ يَكُنْ لَهُ فَرَسٌ فَلَهُ سَهْمٌ»

Rasulullah sholallahu alaihi wa salam pada perang Khaibar membagi rampasan perang untuk kuda 2 bagian dan untuk orang 1 bagian.

Lalu Naafi’ menafsirkan sabda Nabi sholallahu alaihi wa salam tersebut : “jika seorang memiliki kuda, maka ia mendapatkan 3 bagian, jika tidak memiliki kuda mendapatkan 1 bagian” (HR. Bukhori).

Kemudian dalam lafadz Abu Dawud (no. 2733) :

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَسْهَمَ لِرَجُلٍ وَلِفَرَسِهِ ثَلَاثَةَ أَسْهُمٍ: سَهْمًا لَهُ وَسَهْمَيْنِ لِفَرَسِهِ

Bahwa Rasulullah sholallahu alaihi wa salam membagi harta ghonimah untuk orang dan kudanya 3 bagian, satu bagian untuk orangnya dan dua bagian untuk Kudanya.

  1. Pembagian Kuda lebih banyak karena untuk biaya perawatannya
Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: