Bab 7 Orang yang Diberi Fa’i

August 28, 2014 at 11:27 pm | Posted in Syarah Kitab Siyar min Sunan Tirmidzi | Leave a comment

بَابُ مَنْ يُعْطَى الفَيْءَ

Bab 7 Orang yang Diberi Fa’i

 

Penjelasan Bab :

Fa’i adalah harta rampasan yang tidak melalui pertempuran, sebagaimana dalam Firman-Nya I :

وَمَا أَفَاءَ اللَّهُ عَلَى رَسُولِهِ مِنْهُمْ فَمَا أَوْجَفْتُمْ عَلَيْهِ مِنْ خَيْلٍ وَلَا رِكَابٍ وَلَكِنَّ اللَّهَ يُسَلِّطُ رُسُلَهُ عَلَى مَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ (6) مَا أَفَاءَ اللَّهُ عَلَى رَسُولِهِ مِنْ أَهْلِ الْقُرَى فَلِلَّهِ وَلِلرَّسُولِ وَلِذِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَابْنِ السَّبِيلِ كَيْ لَا يَكُونَ دُولَةً بَيْنَ الْأَغْنِيَاءِ مِنْكُمْ وَمَا آَتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ(7)

“Dan apa saja harta rampasan (fai-i) yang diberikan Allah kepada RasulNya (dari harta benda) mereka, maka untuk mendapatkan itu kamu tidak mengerahkan seekor kudapun dan (tidak pula) seekor untapun, tetapi Allah yang memberikan kekuasaan kepada RasulNya terhadap apa saja yang dikehendakiNya. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Apa saja harta rampasan (fai-i) yang diberikan Allah kepada RasulNya (dari harta benda) yang berasal dari penduduk kota-kota maka adalah untuk Allah, untuk Rasul, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang dalam perjalanan, supaya harta itu jangan beredar di antara orang-orang kaya saja di antara kamu. Apa yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah amat keras hukumannya”. (QS. Al Hasyr (59) 6-7: )

Imam As-Sa’di dalam “Tafsir” nya menyebutkan pembagian harta Fa’I, yaitu terbagi menjadi 5 bagian :

  1. Untuk Rasulullah r yang disalurkan untuk kepentingan kaum Muslimin pada zaman ini.
  2. Untuk kerabat Rasulullah r dari kalangan ahlu bait yaitu dari Bani Hasyim dan Bani Al Mutholib dibagi sama rata, baik yang laki-laki maupun yang perempuan.
  3. Untuk anak-anak Yatim yang miskin dan Fakir.
  4. Untuk orang-orang Miskin.
  5. Untuk orang-orang asing pendatang yang sedang Safar.

 

Imam Tirmidzi berkata :

1556 – حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ قَالَ: حَدَّثَنَا حَاتِمُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ، عَنْ جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ يَزِيدَ بْنِ هُرْمُزَ، أَنَّ نَجْدَةَ الحَرُورِيَّ كَتَبَ إِلَى ابْنِ عَبَّاسٍ  يَسْأَلُهُ، هَلْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَغْزُو بِالنِّسَاءِ؟ وَهَلْ كَانَ يَضْرِبُ لَهُنَّ بِسَهْمٍ؟ فَكَتَبَ إِلَيْهِ ابْنُ عَبَّاسٍ: «كَتَبْتَ إِلَيَّ تَسْأَلُنِي هَلْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَغْزُو بِالنِّسَاءِ، وَكَانَ يَغْزُو بِهِنَّ، فَيُدَاوِينَ المَرْضَى، وَيُحْذَيْنَ مِنَ الغَنِيمَةِ، وَأَمَّا يُسْهِمُ، فَلَمْ يَضْرِبْ لَهُنَّ بِسَهْمٍ» وَفِي البَاب عَنْ أَنَسٍ، وَأُمِّ عَطِيَّةَ وَهَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَالعَمَلُ عَلَى هَذَا عِنْدَ أَكْثَرِ أَهْلِ العِلْمِ، وَهُوَ قَوْلُ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ، وَالشَّافِعِيِّ، وقَالَ بَعْضُهُمْ: يُسْهَمُ لِلْمَرْأَةِ وَالصَّبِيِّ، وَهُوَ قَوْلُ الأَوْزَاعِيِّ قَالَ الأَوْزَاعِيُّ: وَأَسْهَمَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِلصِّبْيَانِ بِخَيْبَرَ، وَأَسْهَمَتْ أَئِمَّةُ المُسْلِمِينَ لِكُلِّ مَوْلُودٍ وُلِدَ فِي أَرْضِ الحَرْبِ قَالَ الأَوْزَاعِيُّ: «وَأَسْهَمَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِلنِّسَاءِ بِخَيْبَرَ»، وَأَخَذَ بِذَلِكَ المُسْلِمُونَ بَعْدَهُ، حَدَّثَنَا بِذَلِكَ عَلِيُّ بْنُ خَشْرَمٍ قَالَ: حَدَّثَنَا عِيسَى بْنُ يُونُسَ، عَنِ الأَوْزَاعِيِّ بِهَذَا وَمَعْنَى قَوْلِهِ: «وَيُحْذَيْنَ مِنَ الغَنِيمَةِ»، يَقُولُ: يُرْضَخُ لَهُنَّ بِشَيْءٍ مِنَ الغَنِيمَةِ يُعْطَيْنَ شَيْئًا

9). Hadits no. 1556

Haddatsanaa Qutaibah ia berkata, haddatsanaa Haatim bin Ismail dari Ja’far bin Muhammad dari Bapaknya dari Yaziid bin Hurmuz bahwa Najdah Haruriy menulis surat kepada Ibnu Abbas rodhiyallahu anhu bertanya, apakah Rasulullah sholallahu alaihi wa salam pernah berperang bersama wanita? Dan apakah wanita tersebut mendapatkan bagian ghonimah?. Maka Ibnu Abbas rodhiyallahu anhu membalas suratnya : “engkau telah menulis surat kepadaku yang isinya, apakah Rasulullah sholallahu alaihi wa salam berperang bersama wanita? (iya) Beliau berperang bersama wanita, mereka para wanita merawat orang yang terluka. Mereka diberi bagian ghonimah, adapun masalah saham ghonimah, maka Nabi sholallahu alaihi wa salam tidak memberikan para wanita saham”. Dalam bab ini ada dari Anas rodhiyallahu anhu dan Ummu ‘Athiyyah, ini hadits hasan shahih. Diamalkan oleh kebanyakan ulama dan ini adalah pendapatnya Sufyaan ats-Tsauri dan asy-Syafi’i.

Sebagian mereka berkata, diberikan saham untuk wanita dan anak kecil, ini adalah pendapatnya al-Auzaa’iy, beliau berkata : ‘Rasulullah sholallahu alaihi wa salam memberikan saham untuk anak kecil  pada waktu perang Khaibar’. para pemimpin kaum Muslimin memberika saham kepada setiap anak yang dilahirkan di negeri peperangan. Al-Auzaa’i berkata : ‘Nabi sholallahu alaihi wa salam memberikan saham kepada para wanita pada waktu perang Khoiibar’. Pendapat ini diantu oleh kaum Muslimin setelahnya.

Haddatsanaa Ali bin Khosyram ia berkata, haddatsanaa Isa bin Yunus dari al-Auzaa’i dengan makna ini.

sabdanya : “diberikan bagian ghonimah”. Kata beliau : ‘diberikan bagian sesuatu dari ghonimah kepada para wanita’.

Penjelasan kedudukan hadits :

Semua perowinya, perowi bukhori-Muslim. Kecuali Ja’far dan Yaziid bin Hurmuz, hanya dipakai oleh Imam Muslim.

Hadits ini Shahih, Imam Tirmidzi menilainya, Hasan Shahih, dishahihkan oleh Imam Al Albani.

Lafadz yang mirip diriwayatkan dalam HR. Muslim (no. 1812).

 

Penjelasan Hadits :

  1. Wanita dan anak-anak tidak diberikan saham ghonimah, namun mereka diberikan sesuatu dari ghonimah tersebut.
  2. Kata Imam Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim, bahwa keluarnya wanita untuk berpartisipasi dalam jihad bersama dengan mahromnya atau suaminya. Kemudian jika ada kebutuhan yang mendesak, mereka bisa menyentuh pria untuk memberikan perawatan luka-luka yang diderita akibat perang, dengan tetap menjaga diri.

 

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: