MENGANGKAT TANGAN KETIKA DOA QUNUT

September 23, 2014 at 2:24 pm | Posted in fiqih | Leave a comment

MENGANGKAT TANGAN KETIKA DOA QUNUT

 

Soal : apa hukum mengangkat tangan ketika qunut?

Jawab : mengangkat kedua tangan ketika doa secara umum itu mutawatir hadits-haditsnya. Misalnya kisah Ibrohim ‘alaihi as-Salaam ketika meninggalkan istrinya, Haajar dan anaknya Ismail ‘alaihi as-Salaam, setelah Beliau ‘alaihi as-Salaam salam di ats-Tsaniyyah, diangkat tangannya sambil berdoa menghadap kiblat : {Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat} (QS. Ibrohim : 37).

Telah datang hadits-hadits shahih bahwa Nabi Sholallahu ‘alaihi wa salaam mengangkat kedua tangannya dalam banyak kesempatan, seperti ketika meminta hujan (Istisqoo), pada waktu perang Badar, di Arafah, di Shofa dan tempat-tempat lain. Nabi Sholallahu ‘alaihi wa salaam mengangkat tangannya ketika berdoa dan aku tidak bisa menyebutkan sekarang hadits khusus tentang mengangkat tangan ketika qunut, namun telah datang pada kesempatan yang banyak, hingga mencapai derajat mutawatir, bahwa Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wa salaam mengangkat tangannya ketika berdoa.

 

Teks Asli :

السؤال: ما حكم رفع الأيدي في القنوت؟

الجواب: رفع الأيدي في الدعاء عموما تواترت به الأحاديث حتى قصة إبراهيم عليه السلام لما ترك زوجته هاجر وابنها إسماعيل لما وصل الثنية رفع يديه يدعو؛ استقبل الكعبة و رفع يديه يدعو (ربنا إنّي أسكنت من ذريتي بواد غير ذي زرع عند بيتك المحرم ربنا ليقيموا الصلاة) الآية. ورد في الأحاديث الصحيحة أنه صلى الله عليه وسلم رفع يديه و في كثير من المناسبات في الاستسقاء , يوم بدر , في عرفات ,على الصفا ,في مواطن كثيرة ,ورد أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يرفع يديه عند الدعاء , أنا لا أذكر الآن حديثا خاصا بالقنوت , لكن ورد في مناسبات كثيرة تبلغ حدّ التواتر أن الرسول كان يرفع يديه في الدعاء.

 

Tambahan Penerjemah :

Penerjemah lengkapi dengan fatwa asy-Syaikh Khoolid bin Abdullah al-Muslih :

Soal : apa hukum mengangkat tangan ketika doa qunut pada sholat tarawih? Untuk diketahui bahwa kami mendapatkan ucapan asy-Syaikh Muqbil al-Waadi’iy –Rahimahullah- yang mendhoifkan hadits yang berkaitan dengan masalah ini?

Jawab :

Ulama dalam masalah mengangkat dua tangan ada 2 pendapat : mayoritas ulama dari kalangan fuqoha dan muhadditsin berpendapat disunnahkannya mengangkat tangan ketika doa witir, dikiyaskan kepada yang datang dari Nabi Sholallahu ‘alaihi wa salaam dan para sahabatnya Rodhiyallahu ‘anhum berkaitan mengangkat tangan ketika qunut (nazilah-pent.). demikian diriwayatkan oleh Baihaqi dengan sanad yang laa ba’sa bih dari Anas Rodhiyallahu ‘anhu tentang kisah ahlu Quroo’ yang terbunuh, beliau Rodhiyallahu ‘anhu berkata : “aku melihat Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wa salaam setiap kali sholat Subuh mengangkat kedua tangannya mendoakan (kejelekan) kepada mereka (orang kafir-pent.) yang telah membunuh ahlu quroo’”.

Imam Ahmad pernah ditanya, apakan mengangkat tangan ketika (qunut) Witir?, beliau menjawab : ‘iya, (sambil keheranan)’. Telah datang mengangkat tangan ketikaa qunut dari sejumlah sahabat yang disebutkan oleh Bukhori dalam Juz Raf’ul Yadain, dari Umar bin Khothob, Abdullah bin Mas’ud, Ibnu Abbas, Abi Musa Rodhiyallahu ‘anhum. Begitu juga dari sejumlah Tabi’in dan ini adalah madzhabnya Abu Hanifah. Baihaqi berkata : ‘sesungguhnya beberapa sahabat Nabi Sholallahu ‘alaihi wa salaam mengangkat tangan ketika qunut’.

Sebagian ulama berpendapat tidak disunnahkan mengangkat tangan ketika qunut, az-Zuhri berkata : ‘tidak (boleh) mengangkat tangan ketika witir dalam bulan Ramadhan. Telah datang juga pelarangan ini dari Al Auzaa’I dan ini adalah madzhabnya Malik, mereka berpegang kepada tidak adanya dalil tentang hal ini dari Nabi Sholallahu ‘alaihi wa salaam.

 

Teks Asli :

السؤال: ما حكم رفع اليدين في دعاء القنوت في صلاة التراويح؟ مع العلم أنا وقفنا على كلام للشيخ مقبل الوادعي -رحمه الله- يضعف فيه الحديث الذي ورد في هذه المسألة.

الإجابة: للعلماء في رفع اليدين قولان: فذهب جمهور العلماء من الفقهاء والمحدثين إلى أنه يسن رفع اليدين في دعاء الوتر، قياسا على ما جاء عن النبي صلى الله عليه وسلم و أصحابه رضي الله عنهم من رفع اليدين في القنوت، وذلك فيما رواه البيهقي بإسناد لا بأس به عن أنس رضي الله عنه في قصة القراء الذين قتلوا، قال: “رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم كلما صلى الغداة يرفع يديه يدعوا عليهم، عني الذين قَتلوا“.

وقد سئل الإمام أحمد هل ترفع الأيدي في الوتر؟ فقال:نعم، يعجبني.  وقد جاء رفع اليدين في القنوت عن جماعة من الصحابة ذكر ذلك البخاري في جزء رفع اليدين عن عمر بن الخطاب وعبد الله بن مسعود وابن عباس وأبي موسى رضي الله عنهم، وعن جماعة من التابعين، وهو مذهب أبي حنيفة، وقال البيهقي: إن عددا من أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم قد رفعوا أيديهم في القنوت.

وذهب طائفة من أهل العلم إلى أنه لا يسن رفع اليدين في القنوت، قال الزهري رحمه الله: لم تكن ترفع الأيدي في الوتر في رمضان، وجاء المنع أيضا عن الأوزاعي، وهو مذهب مالك، استنادا إلى عدم وروده عن النبي صلى الله عليه وسلم.

17-9-1427هـ.

المصدر: موقع الشيخ خالد المصلح

 

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: