TAFSIR AL BAQOROH AYAT 189

October 13, 2014 at 2:20 pm | Posted in Syarah Kitab Tafsir min Shahih Muslim | Leave a comment

Imam Muslim berkata :

23 – (3026) حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا غُنْدَرٌ، عَنْ شُعْبَةَ، ح وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى، وَابْنُ بَشَّارٍ – وَاللَّفْظُ لِابْنِ الْمُثَنَّى – قَالَا: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، عَنْ شُعْبَةَ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، قَالَ: سَمِعْتُ الْبَرَاءَ، يَقُولَ: ” كَانَتِ الْأَنْصَارُ إِذَا حَجُّوا فَرَجَعُوا، لَمْ يَدْخُلُوا الْبُيُوتَ إِلَّا مِنْ ظُهُورِهَا، قَالَ: فَجَاءَ رَجُلٌ مِنَ الْأَنْصَارِ فَدَخَلَ مِنْ بَابِهِ، فَقِيلَ لَهُ فِي ذَلِكَ “، فَنَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةَ: {وَلَيْسَ الْبِرُّ بِأَنْ تَأْتُوا الْبُيُوتَ مِنْ ظُهُورِهَا} [البقرة: 189]

23). Hadits no. 3026

Haddatsana Abu Bakar bin Abi Syaibah, haddatsanaa Ghundar dari Syu’bah (ganti sanad)

Haddatsanaa Muhammad ibnul Mutsanaa dan Ibnu Basysyaar –lafadz milik ibnul Mutsanaa- mereka berdua berkata, haddatsanaa Muhammad bin Ja’far dari Syu’bah dari Abi Ishaaq ia berkata, aku mendengar al-Barooa berkata : “adalah orang Anshor jika mereka berhaji lalu kembali pulang, mereka tidak masuk rumah kecuali dari belakang rumah. Lalu ada salah seorang Anshor yang masuk rumah lewat pintu depan, maka dikomentari perbuatannya tersebut, sehingga turunlah ayat : {bukanlah kebajikan memasuki rumah-rumah dari belakangnya} (QS. Al Baqoroh : 189).

Bukhori no. 1083.

 

Penjelasan Hadits :

  1. Hadits ini memberikan gambaran kebiasaan orang arab jahiliyah dulu, ketika mereka pulang dari safar setelah menunaikan ibadah haji atau keperluan lainnya, ketika kembali mereka masuk dari belang rumah, dan dianggap sebagai suatu kebaikan. Imam Ibnu Katsir dalam Tafsirnya menukil ucapan Imam ‘Athoo’ sebagai berikut :

وَقَالَ عَطَاءُ بْنُ أَبِي رَبَاحٍ: كَانَ أَهْلُ يَثْرِبَ إِذَا رَجَعُوا مِنْ عِيدِهِمْ دَخَلُوا مَنَازِلَهُمْ مِنْ ظُهُورِهَا ويَرَوْنَ أَنَّ ذَلِكَ أَدْنَى إِلَى الْبَرِّ

Dulu penduduk Yatsrib jika mereka kembali dari hari raya mereka, masuk kedalam rumah lewat bagian belakang dan mereka memandang hal tersebut sebagai kebaikan.

  1. Perbuatan yang dilakukan oleh orang Anshor jahiliyyah terdahulu jangan diikuti, dan itu adalah perbuatan bid’ah. Imam as-Sa’diy dalam Tafsirnya mengeluarkan faedah yang bagus dari ayat ini, kata beliau :

وهذا كما كان الأنصار وغيرهم من العرب، إذا أحرموا، لم يدخلوا البيوت من أبوابها، تعبدا بذلك، وظنا أنه بر. فأخبر الله أنه ليس ببر  لأن الله تعالى، لم يشرعه لهم، وكل من تعبد بعبادة لم يشرعها الله ولا رسوله، فهو متعبد ببدعة، وأمرهم أن يأتوا البيوت من أبوابها لما فيه من السهولة عليهم، التي هي قاعدة من قواعد الشرع.

Ini sebagaimana yang dilakukan Anshor dan selain mereka dari kalangan bangsa arab, jika mereka berihram, mereka tidak masuk rumah dari pintunya dalam rangka beribadah dengan perbuatan tersebut, mereka menganggap hal itu perbuatan baik.

Maka Allah mengabari bahwa hal tersebut bukan merupakan kebaikan, karena Allah Subhaanahu wa Ta’aalaa tidak mensyariatkan hal tersebut. Setiap orang yang beribadah dengan suatu ibadah yang tidak disyariatkan Allah dan tidak juga Rasul-Nya, maka peribadatannya adalah bid’ah.

Allah Subhaanahu wa Ta’aalaa memerintahkan mereka untuk masuk lewat pintu karena hal tersebut memudahkan mereka yang itu adalah termasuk kaedah dari kaedah-kaedah syariat.

  1. Namun jika seseorang masuk dari rumah lewat belakang karena memang ada suatu keperluan atau tujuan tertentu dan bukan sebagai ibadah, maka hal ini tidak mengapa, sebagaimana yang difatwakan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Majmu Fatawa (11/632-cet. Daarul Wafaa’) :

وَكَذَلِكَ لَوْ دَخَلَ الرَّجُلُ إلَى بَيْتِهِ مِنْ خَلْفِ الْبَيْتِ لَمْ يَحْرُمْ عَلَيْهِ ذَلِكَ وَلَكِنْ إذَا فَعَلَ ذَلِكَ عَلَى أَنَّهُ عِبَادَةٌ . كَمَا كَانُوا يَفْعَلُونَ فِي الْجَاهِلِيَّةِ

Demikian juga sekiranya seorang masuk ke rumahnya lewat belakang rumah, hal ini tidak diharamkan, namun jika ia melakukannya karena ibadah, sebagaimana orang-orang arab jahiliyyah dahulu melakukannya (maka ini haram-pent.).

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: