Bab 8 Apakah Budak diberikan Saham Ghonimah?

October 31, 2014 at 3:08 pm | Posted in Tulisan Lainnya | Leave a comment

بَابُ هَلْ يُسْهَمُ لِلْعَبْدِ

Bab 8 Apakah Budak diberikan Saham Ghonimah?

 

Penjelasan Bab :

Yakni apakah dalam syariat budak mendapatkan bagian dari ghonimah, jika mereka ikut dalam pertempuran? Berikut penjelasannya :

Imam Tirmidzi berkata :

1557 – حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ قَالَ: حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ المُفَضَّلِ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ زَيْدٍ، عَنْ عُمَيْرٍ، مَوْلَى آبِي اللَّحْمِ قَالَ: ” شَهِدْتُ خَيْبَرَ مَعَ سَادَتِي، فَكَلَّمُوا فِيَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَكَلَّمُوهُ أَنِّي مَمْلُوكٌ، قَالَ: فَأَمَرَ بِي، فَقُلِّدْتُ السَّيْفَ، فَإِذَا أَنَا أَجُرُّهُ، فَأَمَرَ لِي بِشَيْءٍ مِنْ خُرْثِيِّ المَتَاعِ، وَعَرَضْتُ عَلَيْهِ رُقْيَةً كُنْتُ أَرْقِي بِهَا المَجَانِينَ، فَأَمَرَنِي بِطَرْحِ بَعْضِهَا، وَحَبْسِ بَعْضِهَا ” وَفِي البَاب عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ وَهَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَالعَمَلُ عَلَى هَذَا عِنْدَ بَعْضِ أَهْلِ العِلْمِ، لَا يُسْهَمُ لِلْمَمْلُوكِ، وَلَكِنْ يُرْضَخُ لَهُ بِشَيْءٍ، وَهُوَ قَوْلُ الثَّوْرِيِّ، وَالشَّافِعِيِّ، وَأَحْمَدَ، وَإِسْحَاقَ

10). Hadits no. 1557

Haddatsanaa Qutaibah ia berkata, haddatsanaa Bisyir ibnul Mufadhdhol dari Muhammad bin Zaid dari Umair rodhiyallahu anhu –maula Abi lahm- ia berkata : “aku turut berperang di khoibar bersama dengan budak-budakku, mereka berbicara tentang hakku kepada Rasulullah sholallahu alaihi wa salam dan mereka berbicara bahwa aku adalah seorang budak, lalu Beliau sholallahu alaihi wa salam memerintahkanku, aku dibawakan sebuah pedang, ketika aku sedang menyerat pedang tersebut, lalu diperintahkan agar aku diberi peralatan pertanian. Kemudian aku menunjukan kepadanya ruqyah yang mana aku biasa meruqyah orang gila, maka Beliau memerintahkanku untuk membuang sebagian ruqyah tersebut dan memakai sebagian lainnya”.

Dalam bab ini ada hadits dari Ibnu Abbas rodhiyallahu anhu. Hadits ini sendiri adalah Hasan Shahih, dan telah diamalkan oleh sebagian ulama, bahwa budak tidak diberikan bagian ghonimah, namun ia diberikan sesuatu sebagai pemberian saja. Ini adalah pendapatnya ats-Tsauriy, asy-Syafi’i, Ahmad dan Ishaq.

Penjelasan kedudukan hadits :

Semua perowinya, perowi bukhori-Muslim. Kecuali Muhammad bin Zaid dan Umair rodhiyallahu anhu hanya dijadikan hujjah oleh Muslim.

Hadits ini Shahih, Imam Tirmidzi menilainya, Hasan Shahih, dishahihkan oleh Imam Al Albani. Lafadz yang mirip diriwayatkan dalam HR. Abu Dawud (no. 2730).

Penjelasan Hadits :

  1. Pendapat yang rajih bahwa budak tidak diberikan saham ghonimah. Ada ulama yang berpendapat bahwa budak diberikan ghonimah yaitu al-Hasan bin Shoolih, sebagaimana dinukil oleh Imam Syaukani dalam Nailul Author. Namun pendapat beliau lemah. Imam Malik berkata :

لَا أَعْلَمُ الْعَبْدَ يُعْطَى شَيْئًا

Aku tidak tahu bahwa seorang hamba diberi sesuatu (dari saham ghonimah).

Syaikh Sayyid Sabiq dalam Fiqhus Sunnah berkata :

من لا سهم له في الغنيمة :

تقدم أن شرط الاسهام في الغنيمة: البلوغ، والعقل، والذكورة، والحرية. فمن لم يكن مستوفيا لهذه الشروط فلا سهم له في الغنيمة، وإن كان له أن يأخذ منها دون السهم.

Orang yang tidak diberikan saham ghonimah :

Telah terdahulu bahwa syarat orang yang mendapatkan saham ghonimah adalah baligh, berakal, laki-laki dan merdeka. Maka barangsiapa yang tidak memenuhi syarat ini, tidak mendapatkan saham ghonimah, sekalipun nantinya ia diberikan bagian bukan sebagai saham.

  1. Imam Mubarokfuriy berkata dalam Tuhfathul Ahwadziy :

وَفِيهِ دَلِيلٌ عَلَى جَوَازِ الرُّقْيَةِ مِنْ غَيْرِ الْقُرْآنِ وَالسُّنَّةِ بِشَرْطِ أَنْ تَكُونَ خَالِيَةً عَنْ كَلِمَاتٍ شِرْكِيَّةٍ وَعَمَّا مَنَعَتْ عَنْهُ الشَّرِيعَةُ

Ini dalil bolehnya meruqyah bukan dari Al Qur’an dan Sunah dengan syarat tidak terdapat didalamnya kalimat syirik dan apa yang dilarang oleh syariat.

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: