DIAM DALAM MASALAH FITNAH LEBIH SELAMAT DAN LEBIH BERHATI-HATI

December 4, 2014 at 5:01 pm | Posted in Nasehat | Leave a comment

DIAM DALAM MASALAH FITNAH LEBIH SELAMAT DAN LEBIH BERHATI-HATI

 Nawalul ‘Ied berkata :

السكوت في زمن الفتن أسلم وأحوط لعقيدتك وعقيدة أبنائك

Diam pada waktu fitnah itu lebih selamat dan lebih berhati-hati bagi akidahmu dan akidah anak-anakmu. (http://almutakhasses.com/vb/t6294.html)

Imam ibnu Utsaimin berkata :

إن الهدوء في مواقع الفتن خير من التمادي . والسكوت خير من النطق . فالقاعد خير من القائم . والقائم خير من الماشي . والانسان يجب ان يكف لسانه وأن يصم آذانه عن الكلام الذي لافائدة منه وليس فيه الا القيل والقال وكثرة السؤال وكلما كان الانسان احفظ للسانه كان أسلم لدينه

Sesungguhnya tidak berkecimpung dalam kejadian fitnah lebih baik daripada tercebur kedalamnya. Diam lebih baik daripada bicara. Yang duduk lebih baik daripada yang berdiri. Yang berdiri lebih baik dari yang berjalan.

Seseorang wajib menahan lisannya dan menutup telinganya dari membicarakan sesuatu yang tidak ada faedahnya, yang tidak terdapat didalamnya, kecuali desas-desus dan banyaknya pertanyaan. Semakin seorang menjaga lisannya, maka akan semakin selamat agamanya. (http://forum.sedty.com/t588111.html)

Kami tutup dengan nasehat Imam Abu Hatim Ibnu Hibban Al-Busti dalam kitabnya, Raudhah Al-‘Uqala wa Nazhah Al-Fudhala, hlm. 45 :

“Orang yang berakal selayaknya lebih banyak diam daripada bicara, karena betapa banyak orang yang menyesal karena bicara dan sedikit yang menyesal karena diam. Orang yang paling celaka dan paling besar mendapat bagian musibah adalah orang yang lisannya senantiasa berbicara, sedangkan pikirannya tidak mau jalan”.( http://muslimah.or.id/akhlak-dan-nasehat/bicara-baik-atau-diam.html)

 

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: