BIOGRAFI RINGKAS SAMAHATUL MUFTI ASY-SYAIKH ABDUL AZIZ ALU SYAIKH

December 6, 2014 at 6:52 pm | Posted in Siroh | Leave a comment

MENGENAL MUFTI BESAR ARAB SAUDI SEKARANG

  Ada pepatah yang sangat populer dikalangan kita yaitu “tak kenal maka tak sayang”. Oleh karena itu sebagai seorang pengikut sunnah, sudah semestinya kita mengenal siapa ulama besar ahlus sunnah, khususnya pada zaman kita hidup sekarang. Barangkali salah satu ulama besar yang hidup pada zaman sekarang adalah pemimpinnya ulama kibar saudi, bagaimana tidak lembaga ulamanya saja bernama Hai’ah Kibarul Ulama, yang tentunya orang-orang yang duduk disitu adalah mereka para ulama yang sudah sangat senior dalam ilmu dan pengamalan ajaran-ajaran Islam, merekalah ulama yang seharusnya dirujuk ketika menghadapi permasalahan-permasalahan besar, khususnya dalam masalah an-Nawaazil (kontemporer). Apabila terjadi fitnah-fitnah yang melanda kaum Muslimin, lebih khusus ahlus sunnah, merekalah orang yang layak dan tepat untuk dijadikan rujukan.

Dalam sebuah hadits Nabi sholallahu alaihi wa salam bersabda :

الْبَرَكَةُ مَعَ أَكَابِرِكُمْ

Keberkahan bersama pembesar kalian. (HR. Ibnu Hibban dan al-Hakim, dishahihkan oleh Imam al-Hakim, Imam adz-Dzahabi, Imam al-Albani dan Syaikh Syu’aib Arnauth).

Abdullah bin Mas’ud rodhiyallahu anhu pernah mengatakan :

لايزال الناس بخير ما أخذوا العلم عن أكابرهم وعن أمنائهم وعلمائهم فإذا أخذوا عن صغارهم وشرارهم هلكوا

Senantiasa manusia dalam kebaikan, selama mereka mengambil ilmu dari para pembesar ulamanya. Jika mereka mengambil ilmu dari orang kecilnya, niscaya akan jelek perkara manusia dan akan menjadi binasa (Jaami’ul Bayaan li Imam Ibnu Abdil Bar).

Kembali kepada pembahasan, disini kami akan menampilkan biografi ringkas pemimpin dari lembaga ulama kibar Saudi Arabia sekarang ini, yaitu fadhilatus Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah Alu Syaikh, berikut ulasannya :

 

Nasab beliau :

Beliau dilahirkan pada tanggal 30 November 1943 bertepatan dengan 3 Dzulhijjah 1362 H, sehingga sekarang beliau sudah berumur lebih dari 81 tahun menurut perhitungan tahun masehi. Nama beliau adalah Abdul Aziz bin Abdullah bin Muhammad Alu asy-Syaikh at-Tamiimiy, masih keturunan Imam Muhammad bin Abdul Wahhab. Beliau dilahirkan di Kota Riyadh dan semenjak usia 8 tahun, tepatnya pada tahun 1370, ayahndanya meninggal dunia. Sejak kecil Syaikh Abdul Aziz Alu Syaikh sangat bersemangat belajar dan memiliki kecerdasan dibanding anak-anak seusianya, terbukti menginjak usia 11 tahun, beliau sudah hapal 30 juz Al Qur’anul Kariim, dibawah bimbingan Syaikh Muhammad bin Sinaan, ulama kotanya pada waktu itu.

 

Riwayat belajar beliau :

Syaikh kita ini sejak kecil sudah belajar kepada para ulama besar pada zamannya. Beliau menimba ilmu tentang akidah dan hadits pada Mufti Saudi Arabia pada waktu itu yaitu Fadhilatus Syaikh Muhammad bin Ibrohim Alu Syaikh. Dibawah bimbingannya, syaikh kita mempelajari Kitabut Tauhid, al-Ushulus Tsalasah, keduanya karya kakek buyutnya yakni Imam al-Mujaddid Muhammad bin Abdul Wahab. Kemudian dalam bidang hadits beliau mempelajari kitab al-Arba’iin Nawawi dihadapan Syaikh Muhammad Alu Syaikh. Pelajaran-pelajaran tersebut berlangsung selama kurun waktu tahun 1374 H sampai dengan 1380 H.

Syaikh kita juga belajar kepada Mufti kedua setelah Syaikh Muhammad Alu Syaikh, yaitu Fadhilatus Syaikh Abdul Aziz bin Baz, selama kurun waktu tahun 1377 H sampai 1380 H. Beliau mendapatkan pengajaran masalah Faroidh dari Syaikh bin Baz. Kemudin pada tahun 1379 H juga, Syaikh Alu Syaikh belajar mata pelajaran Tauhid, Nahwu dan Faroidh kepada Fadhilatus Syaikh Abdul Aziz bin Shoolih al-Mursyid, begitu juga pada tahun 1375 dan 1376 H, beliau berguru kepada Fadhilatus Syaikh Abdul Aziz asy-Syuriy dan berhasil mereguk kitab Umdahtul Ahkam dan Zaadul Mustaqni’.

Yang menakjubkan adalah beliau terlahir dalam keadaan sudah lemah penglihatannya dan benar-benar buta pada tahun 1381 H. Namun kelemahan fisiknya tidak menghalangi beliau untuk kuat untuk belajar. Subhanallah, bandingkan dengan kita, yang pada waktu kecil dengan fisik yang lengkap hanya bisa bermain dan bermain, sehingga tidak heran kalau kita tetap istiqomah dalam keawaman.

Pada tahun 1375 H, disamping beliau menghadiri halaqoh para ulama pada waktu itu, syaikh kita menyempatkan diri untuk kuliah di universitas Imam ad-Da’wah dan lulus pada tahun 1383/1384 H. Beliau waktu itu mendapat gelar LC (license) untuk jurusan lughoh arabiyyah, sebagaimana mahasiswa lainnya yang lulus. Kemudian beliau diangkat menjadi dosen di unirvesitas almamaternya.

Sambil mengajar menjadi dosen, beliau juga menyempatkan diri untuk melanjutkan kuliah pasca sarjana hingga sampai S-3 di universitas Imam Muhammad ibnu Sa’ud. Beliau berhasil mendapatkan gelar Doktor (DR.) untuk jurusan syariah dan Ushulud Diin. Beliau menjadi dosen mulai dari tahun 1384 H sampai dengan tahun 1392 H.

 

Aktivitas Pekerjaan beliau :

Syaikh kita ini sangat aktif didalam dakwah dan menyebarkan Islam, sehingga beliau menghabiskan waktunya untuk melakukan kegiatan-kegiatan dakwah sebagai berikut :

  1. Dosen di universitas Imam Dakwah mulai tanggal 1/7/1384 H.
  2. Menjadi Imam dan khothib di Masjid Jaami’ asy-Syaikh Muhammad bin Ibrohim Alu Syaikh, setelah wafatnya Syaikh Muhammad pada tahun 1389 H.
  3. Dosen perbantuan untuk jurusan syariah mulai tanggal 7/5/1399 H.
  4. Dosen tamu di kuliah syariah pada tanggal 13/11/1400 H.
  5. Pada tahun 1402 H, beliau dijadikan Imam dan khothib di masjid Namroh di kota ‘Arofah.
  6. Pada bulan Syawal tahun 1407 H, beliau diangkat menjadi anggota Hai’ah Kibaarul Ulama.
  7. Pindah dari universits pada tanggal 15/7/1412 yang bertepatan dengan 14 Mei 1999, untuk menduduki posisi barunya sebagai anggota lajnah Daimah dengan dikeluarkannya Surat keputusan (SK) nomor 1/76 tanggal 15/7/1412 H.
  8. Pada bulan Romadhon tahun 1412, beliau ditunjuk untuk menjadi Imam dan khotib di Masjid Imam Turki bin Abdullah di kota Riyadh.
  9. Raja Saudi mengeluarkan perintah dengan nomor 838 pada tanggal 25/8/1416 untuk mengangkat beliau menjadi wakil mufti yang kedudukannya setingkat menteri.
  10. Raja Saudi kembali mengeluarkan perintah dengan nomor A/20 pada tanggal 29/1/1420 H untuk menunjuk beliau menjadi Mufti umum, ketua Hai’ah Kibarul Ulama dan ketua Lajnah Daimah, setelah wafatnya asy-Syaikh Abdul Aziz bin Baz. Syaikh kita sampai sekarang masih menduduki jabatan Mufti ‘Aam yang berarti masa jabatannya sudah lebih dari 16 tahun. Tentu ini adalah sebuah amanah yang hanya bisa dipegang oleh para ulama yang sangat mendalam ilmunya.

 

Kesungguhan dakwah beliau :

Asy-Syaikh telah menghabiskan usianya untuk berdakwah di jalan Allah. Beliau telah berpindah-pindah masjid untuk mengimami manusia dan membuka halaqoh kajian di masjid-masjid tersebut guna menyebarkan dan mengajarkan ajaran Islam kepada orang-orang yang hadir. Beliau juga aktif mengisi program acara yang dikenal dengan nama Nuurun ‘alaa Darb sejak tahun 1402 H yang berisi tanya jawab dari masyarakat islam, khususnya masyarakat Saudi Arabia.

 

Buah Karya beliau :

Beliau memiliki banyak tulisan-tulisan ilmiah yang berbobot dan juga pelajaran-pelajaran ilmiah dari berbagai macam disiplin ilmu. Semua hasil karya beliau dapat dinikmati di webite resmi beliau : http://www.mufti.af.org.sa.

Dari website tersebut, karya tulis beliau yang berbentuk makalah telah dipubilkasikan sebanyak kurang lebih 44 buah. Kemudian pelajaran Kitabut Tauhid ada sekitar 26 buah kaset dan belum lagi fatwa-fatwa beliau –Hafidhahullah- yang jumlahnya sangat banyak. Jazakumullah khoir atas sumbangsih beliau kepada Islam dan kaum Muslimin.

 

Keluarga beliau :

Asy-Syaikh memiliki 4 orang putra yang beliau namai dengan : Abdullah, Muhammad, Umar dan Abdur Rokhman.

 

Referensi :

 

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: