Bab 6 Tentang Turunnya Pengharaman Minuman Keras

December 12, 2014 at 2:56 pm | Posted in Syarah Kitab Tafsir min Shahih Muslim | Leave a comment

6 – بَابٌ فِي نُزُولِ تَحْرِيمِ الْخَمْرِ

Bab 6 Tentang Turunnya Pengharaman Minuman Keras

 

Imam Muslim berkata :

32 – (3032) حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُسْهِرٍ، عَنْ أَبِي حَيَّانَ، عَنِ الشَّعْبِيِّ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ: خَطَبَ عُمَرُ عَلَى مِنْبَرِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَحَمِدَ اللهَ وَأَثْنَى عَلَيْهِ، ثُمَّ قَالَ: ” أَمَّا بَعْدُ، أَلَا وَإِنَّ الْخَمْرَ نَزَلَ تَحْرِيمُهَا يَوْمَ نَزَلَ وَهِيَ مِنْ خَمْسَةِ أَشْيَاءَ مِنَ الْحِنْطَةِ، وَالشَّعِيرِ، وَالتَّمْرِ، وَالزَّبِيبِ، وَالْعَسَلِ – وَالْخَمْرُ: مَا خَامَرَ الْعَقْلَ – وَثَلَاثَةُ أَشْيَاءَ، وَدِدْتُ أَيُّهَا النَّاسُ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، كَانَ عَهِدَ إِلَيْنَا فِيهَا الْجَدُّ، وَالْكَلَالَةُ، وَأَبْوَابٌ مِنْ أَبْوَابِ الرِّبَا “

32). Hadits no. 3032

Haddatsanaa Abu Bakar bin Abi Syaibah, haddatsanaa Ali bin Mushir dari Abi Hayyan dari asy-Sya’biy dari Ibnu Umar rodhiyallahu anhu beliau berkata, Umar rodhiyallahu anhu berkhutbah diatas mimbar Rasulullah sholallahu alaihi wa salam, lalu beliau memuja dan memuji Allah, lalu berkata : “Amma Ba’du, ketahuilah sesungguhnya minuman keras turun pengharamannya pada hari turunnya ada 5 macam, yaitu minuman keras yang terbuat dari gandum, selai, kurma, anggur kering dan madu –khomr adalah seuatu yang menutupi akal-. Ada tiga hal yang aku menyenanginya wahai manusia bahwa Rasulullah sholallahu alaihi wa salam telah mengamanatkan kepada kami yaitu : kakek, al-Kalaalah dan pintu dari pintu-pintu riba”.

Bukhori no. 5588

Imam Muslim berkata :

33 – (3032) وَحَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ، أَخْبَرَنَا ابْنُ إِدْرِيسَ، حَدَّثَنَا أَبُو حَيَّانَ، عَنِ الشَّعْبِيِّ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ: سَمِعْتُ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ، عَلَى مِنْبَرِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، يَقُولَ: ” أَمَّا بَعْدُ أَيُّهَا النَّاسُ، فَإِنَّهُ نَزَلَ تَحْرِيمُ الْخَمْرِ، وَهِيَ مِنْ خَمْسَةٍ مِنَ الْعِنَبِ، وَالتَّمْرِ، وَالْعَسَلِ، وَالْحِنْطَةِ، وَالشَّعِيرِ – وَالْخَمْرُ: مَا خَامَرَ الْعَقْلَ – وَثَلَاثٌ أَيُّهَا النَّاسُ، وَدِدْتُ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، كَانَ عَهِدَ إِلَيْنَا فِيهِنَّ عَهْدًا نَنْتَهِي إِلَيْهِ: الْجَدُّ، وَالْكَلَالَةُ، وَأَبْوَابٌ مِنْ أَبْوَابِ الرِّبَا “

33 – وَحَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ ابْنُ عُلَيَّةَ، ح وَحَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، أَخْبَرَنَا عِيسَى بْنُ يُونُسَ كِلَاهُمَا عَنْ أَبِي حَيَّانَ، بِهَذَا الْإِسْنَادِ، بِمِثْلِ حَدِيثِهِمَا غَيْرَ أَنَّ ابْنَ عُلَيَّةَ فِي حَدِيثِهِ الْعِنَبِ كَمَا، قَالَ ابْنُ إِدْرِيسَ، وَفِي حَدِيثِ عِيسَى الزَّبِيبِ، كَمَا قَالَ: ابْنُ مُسْهِرٍ

33). Hadits no. 3032

Haddatsanaa Abu Kuroib, akhbaronaa ibnu Idriis, haddatsanaa Abi Hayyan dari asy-Sya’biy dari Ibnu Umar rodhiyallahu anhu beliau berkata, aku mendengar Umar rodhiyallahu anhu berkhutbah diatas mimbar Rasulullah sholallahu alaihi wa salam, lalu berkata : “Amma Ba’du, wahai manusia sesungguhnya minuman keras telah turun pengharamannya, yaitu  ada 5 macam : minuman keras yang terbuat dari anggur,  kurma, madu, gandum dan selai. –khomr adalah seuatu yang menutupi akal-. Ada tiga hal yang aku menyenanginya wahai manusia bahwa Rasulullah sholallahu alaihi wa salam telah mengamanatkan kepada kami agar menyampaikannya yaitu : kakek, al-Kalaalah dan pintu-pintu riba”.

Bukhori no. 5588

Haddatsanaa Abu Bakar bin Abi Syaibah, haddatsanaa Ismail bin ‘Ulayyah (ganti sanad)

Haddatsanaa Ishaq bin Ibrohim, akhbaronaa Isa bin Yunus keduanya dari Abi Hayyaan dengan sanad ini, seperti kedua hadits, kcuali bahwa Ibnu ‘Ulayyah dalam haditsnya menyebutkan ‘inab (anggur basah) sebagamana perkataan ibnu Idriis dan dalam haditsnya Isa disebutkan Zabiib (anggur kering), sebagaimana perkataan Ibnu Mushir.

 

Penjelasan Hadits :

  1. Dalam Al Qur’an ada 3 tahap pengharaman Al Qur’an yaitu :
  • Surat Al Baqoroh ayat ke 219

يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَإِثْمُهُمَا أَكْبَرُ مِنْ نَفْعِهِمَا

Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: “Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya.

  • Surat An Nisaa’ ayat 43

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ لاَ تَقْرَبُواْ الصَّلاَةَ وَأَنتُمْ سُكَارَى حَتَّىَ تَعْلَمُواْ مَا تَقُولُونَ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan.

  • Surat Al Maidah ayat 90-92

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (90) إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَعَنِ الصَّلَاةِ فَهَلْ أَنْتُمْ مُنْتَهُونَ (91) وَأَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَاحْذَرُوا فَإِنْ تَوَلَّيْتُمْ فَاعْلَمُوا أَنَّمَا عَلَى رَسُولِنَا الْبَلَاغُ الْمُبِينُ (92)

Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu). Dan taatlah kamu kepada Allah dan taatlah kamu kepada Rasul-(Nya) dan berhati-hatilah. Jika kamu berpaling, maka ketahuilah bahwa sesungguhnya kewajiban Rasul Kami, hanyalah menyampaikan (amanat Allah) dengan terang.

Syaikh Sholih al-Fauzan dalam al-Muntaqo min Fatawa al-Fauzan berkata tentang pengharaman minuman keras :

الله سبحانه وتعالى حرم الخمر على التدريج الى قوله فحرم الخمر تحريمًا قاطعًا في جميع الأوقات وفي جميع عمر الإنسان ولم يبق لها وقت من حياة الإنسان، بل هي حرام على المسلم طول عمره، وكانت هذه هي نهاية الخمر

Allah Subhanahu wa Ta’alaa mengharamkan minuman keras secara bertahap…… lalu haramlah minuman keras dengan pengharaman yang tegas pada semua waktu dan sepanjang hayat seorang manusia, tidak lagi ada masa dalam umurnya (yang tidak diharamkan minuman keras), namun diharamkan atas seorang Muslim sepanjang umurnya dan inilah keputusan akhir dari status hukum minuman keras…kan minuman keras secara bertahap…haditsnya Isa disebutkan Zabiib (anggur kering), sebagaimana perkataan Ibnu Mushir.

  1. Adapun jenis minuman keras yang diharamkan, maka seluruh makanan dan minuman yang memabukkan adalah khomr dan diharamkan. Imam ibnu Mulaqqon dalam at-Taudih (27/890 berkata :

أسلفنا أن الحكم في التحريم لا يتعلق بعين الخمر وكل ما أسكر فهو ملحق به.

Telah berlalu bahwa hukum pengaraman khomer tidak terkait dengan dari jenis apa minuman kerasnya, namun semua yang memabukkan diikutkan hukumnya kepada khomer.

  1. Adapun 3 hal yang disampaikan Umar bin Khothob rodhiyallahu anhu diakhir kutbahnya adalah terkait warisan bagi kakek dan Kalaalah, yaitu orang yang tidak memiliki bapak dan anak.
  2. Kemudian yang dimaksud dengan pintu riba adalah sebagian transaksi yang masuk unsur riba didalamnya, seperti jual beli ‘Inah dan sejenisnya.
Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: