TAFSIR QS. AL FALAQ (MUKADIMAH)

February 1, 2015 at 1:56 am | Posted in Tafsir | Leave a comment
Tags:

سورة الفلق

Surat Al Falaq

 Penamaan Al Falaq

Dinamakan surat ini dengan surat Al Falaq, diambil dari kata Al Falaq pada ayat yang pertama yang artinya waktu subuh, sebagaimana dikatakan oleh tim penerjemah Depag RI. Dalam sebuah hadits Nabi sholallahu alaihi wa salam biasanya menyebutnya dengan “قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ” yakni ayat pertama dalam surat ini, seperti dalam riwayat Imam Muslim dalam Shahihnya (no. 264) Nabi sholallahu alaihi wa salam bersabda :

أَلَمْ تَرَ آيَاتٍ أُنْزِلَتِ اللَّيْلَةَ لَمْ يُرَ مِثْلُهُنَّ قَطُّ، قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ، وَقُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ

Apakah kamu tidak memperhatikan ayat-ayat yang diturunkan pada malam ini, yang tidak ada yang semisal dengannya sedikitpun yaitu Qul A’uudzu bi Robbil Falaq (surat Al Falaq) dan Qul A’uudzu bi Robbin Naas (surat An Naas).

Nabi juga menamakan surat ini dengan al-Mu’awwidzatain bersama dengan surat An Naas, sebagaimana telah kami sebutkan dalam tafsir surat An Naas.

Tim penerjemah Depag RI mengatakan surat Al Falaq diturunkan setelah surat Al Fiil dan ia adalah Makkiyyah artinya diturunkan sebelum Rasulullah sholallahu alaihi wa salam hijrah. Namun Imam al-Baghowi dalam kitab tafsirnya mengatakan bahwa ia Madaniyyah. Imam Ibnul Jauzi dalam tafsirnya menyebutkan 2 pendapat tentang kapan turunnya surat Al Falaq, kata beliau :

أحدهما : مدنية رواه أبو صالح عن ابن عباس ، وبه قال قتادة في آخرين .

والثاني : مكية رواه كريب عن ابن عباس ، وبه قال الحسن ، وعطاء ، وعكرمة ، وجابر . والأول أصح ، ويدل عليه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم سحر وهو مع عائشة ، فنزلت عليه المعوذتان .

Pendapat pertama mengatakan bahwa Al Falaq Madaniyyah, diriwayatkan oleh Abu Shoolih dari Ibni Abbas rodhiyallahu anhu, ini juga pendapatnya Qotaadah dan selainnya.

Pendapat kedua ia Makiyyah, diriwayatkan oleh Abu Kuroib dari Ibnu Abbas rodhiyallahu anhu dan ini juga pendapatnya al-Hasan, Athoo’, ‘Ikrimah dan Jaabir.

Pendapat pertama (surat Al Falaq Madaniyyah) adalah pendapat yang rajih, hal ini ditunjukkan oleh hadits bahwa Rasulullah sholallahu alaihi wa salam pernah tersihir dan Beliau sedang bersama Aisyah rodhiyallahu anha, lalu turun kepada Beliau al-Mu’awidzatain.

Namun kami telah menyebutkan bahwa al-mu’awidzatain sebagai sebab turunnya karena Rasulullah sholallahu alaihi wa salam tersihir, haditsnya adalah dhoif. sehingga kami condong merajihkan bahwa surat Al Falaq adalah Makiyyah melihat kepada ciri-ciri surat Makiyyah sebagaimana yang kami rajihkan juga untuk surat An Naas.

Faedah Surat An Naas

  1. Sebagian faedah sudah kami sebutkan bersama dengan surat An Naas.
  2. Saya akan tambahkan faedah lainnya bersama surat An Naas yang belum disebutkan sebelumnya, yakni kedua surat ini dijadikan Rasulullah sholallahu alaihi wa salam sebagai ruqyah ketika sakit. Imam Bukhori dan Muslim meriwayatkan dari Aisyah rodhiyallahu anha bahwa beliau berkata :

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا اشْتَكَى يَقْرَأُ عَلَى نَفْسِهِ بِالْمُعَوِّذَاتِ وَيَنْفُثُ، فَلَمَّا اشْتَدَّ وَجَعُهُ كُنْتُ أَقْرَأُ عَلَيْهِ وَأَمْسَحُ بِيَدِهِ رَجَاءَ بَرَكَتِهَا

Rasulullah sholallahu alaihi wa salam jika tidak enak badan, beliau membaca untuk dirinya al-Mu’awidzatain lalu meniupkan (ke tubuhnya), ketika sakitnya bertambah parah, aku yang membacakan untuknya, lalu aku usapkan dengan kedua tangan Nabi sholallahu alaihi wa salam mengharapkan keberkahannya.

  1. Al-Mu’awidzatain dapat digunakan untuk menolak ‘Ain, sebagaimana perkataan Abu Said rodhiyallahu anhu :

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَعَوَّذُ مِنْ عَيْنِ الْجَانِّ، ثُمَّ أَعْيُنِ الْإِنْسِ، فَلَمَّا نَزَلَتِ الْمُعَوِّذَتَانِ، أَخَذَهُمَا وَتَرَكَ مَا سِوَى ذَلِكَ

Rasulullah sholallahu alaihi wa salam senantiasa memohon perlindungan dari ‘ainnya Jin dan manusia. Namun setelah turun al-Mu’awidzatain, Beliau menggunakannya dan meninggalkan bacaan lainnya (HR. Nasa’i dan Ibnu Majah, dishahihkan oleh Imam Al Albani).

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: