MUKADIMAH

March 7, 2015 at 12:10 am | Posted in Sifat Sholat Nabi antara Al Albani dengan Syafi'iyyah | Leave a comment

SIFAT SHOLAT NABI SHOLALLAHU ALAIHI WA SALAM

ANTARA AL ALBANI DENGAN SYAFI’IYYAH

 

Mukadimah

Kitab sifat sholat Nabi sholallahu alaihi wa salam karya Imam asy-Syaikh Muhammad Naashiruddin Al Albani yang beliau beri judul dengan :

صفة صلاة النبي صلى الله عليه وسلم من التكبير إلى التسليم كأنك تراها

Sifat Sholat Nabi sholallahu alaihi wa salam dari mulai takbir sampai salam, seolah-olah engkau melihatnya.

Kitab ini cukup fenomenal dan monumental terutama bagi pencinta hadits-hadits Nabi sholallahu alaihi wa salam pada zaman ini, karena kitab ini merupakan kumpulan-kumpulan dari tatacara sholat Nabi sholallahu alaihi wa salam yang termaktub dalam kitab-kitab hadits yang menurut penulisnya hadits-hadits tersebut dapat dijadikan hujjah/sandaran dalam beramal. Imam Al Albani menulis kitab ini dengan pendekatan haditsiyyah, sebagaimana beliau katakan sendiri dalam mukadimah kitabnya :

ولما كان موضوع الكتاب إنما هو بيان هدي النبي صلى الله عليه وسلم في الصلاة كان من البدهي أن لا أتقيد فيه بمذهب معين للسبب الذي مر ذكره وإنما أورد فيه ما ثبت عنه صلى الله عليه وسلم كما هو مذهب المحدثين قديما وحديثا

Tatkala tema dalam pembahasan kitab ini adalah terkait petunjuk Nabi sholallahu alaihi wa salam dalam masalah sholat, maka diantara yang telah pasti kebenarannya agar aku tidak mengikatkan diri dengan madzhab tertentu dengan alasan yang telah berlalu penjelasannya. aku hanya menghendaki sesuatu yang telah tsabit dari Nabi sholallahu alaihi wa salam sebagaimana ini adalah madzhabnya ahli hadits baik pada zaman dahulu maupun zaman sekarang.

Jadi Imam Al Albani sebagaimana yang telah penulis singgung sebelumnya, beliau dalam menulis kitab sifat sholat ini, berpegang dengan hadits-hadits yang tsabit dari Nabi sholallahu alaihi wa salam terkait tema yang dibahas dari tatacara sholat yang diajarkan dan dipraktekan oleh Nabi sholallahu alaihi wa salam. Namun penulis ingin melakukan pendekatan lain bahwa apa yang disampaikan atau diajarkan oleh Imam Al Albani dalam kitabnya ini, pada hakekatnya juga disampaikan oleh para Aimah Fiqih dalam kitab-kitab mereka, oleh karenanya penulis ingin membandingkan apa yang disampaikan oleh Imam Al Albani dalam kitabnya ini dengan apa yang disampaikan juga oleh Aimah madzhab kami yaitu Syafi’iyyah. Penulis akan menggali tema-tema atau tatacara sholat yang disebutkan oleh Imam Al Albani dengan ucapan para Aimah Syafi’iyyah yang sejalan dengan beliau atau setidaknya menyebutkan bahwa amalan tersebut ada yang melakukan, jika Aimah Syafi’iyyah memandang lemahnya dalil atau sebab lain yang menyebabkan tidak diamalkannya tatacara sholat yang disebutkan oleh Imam Al Albani.

penulis akan menyebutkan beberapa ucapan Aimah Syafi’iyyah dalam kitab-kitab mereka atau salah satunya saja seperti Imamunaa Muhammad bin Idris Syafi’i, jika dirasa penjelasannya sudah cukup jelas dan gamblang terkait tatacara sholat tersebut. Yang perlu diingat bahwa madzhab Aimah Syafi’iyyah adalah madzhab ahli hadits juga, karena pendapat-pendapat mereka juga berdasarkan kepada tsabit tidaknya suatu hadits. Imam Syafi’i sendiri mengatakan :

إذا صح الحديث فهو مذهبي

Jika sah suatu hadits, maka itu adalah madzhabku (disebutkan oleh Imam Al Albani dalam Mukadimah kitab sholat ini).

كل مسألة صح فيها الخبر عن رسول الله صلى الله عليه وسلم عند أهل النقل بخلاف ما قلت فأنا راجع عنها في حياتي وبعد موتي

Setiap masalah yang telah sah khobarnya dari Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wa salaam menurut ahli hadits yang ternyata bertentangan dengan pendapatku, maka aku rujuk kepada hadits shahih selama aku hidup atau setelah kematianku (disebutkan oleh Imam Al Albani dalam Mukadimah kitab sholat ini).

كل حديث عن النبي صلى الله عليه وسلم فهو قولي وإن لم تسمعوه مني

Setiap hadits hadits dari Nabi Sholallahu ‘alaihi wa salaam adalah pendapatku, sekalipun engkau tidak mendengarnya dariku (disebutkan oleh Imam Al Albani dalam Mukadimah kitab sholat ini).

 

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: