SHAHIH BUKHORI : BAB 12 ASMA’UL HUSNA

April 6, 2015 at 11:54 pm | Posted in Syarah Kitab Tauhid min Shahih Bukhori | Leave a comment

بَابٌ: إِنَّ لِلَّهِ مِائَةَ اسْمٍ إِلَّا وَاحِدًا

Bab 12 Sesungguhnya Allah Memiliki 100 Nama, Kurang 1

 

Penjelasan Bab :

Allah Subhanahu Wa Ta’ala memiliki nama-nama, yang dikenal dengan Asma’ul Husna, sebagaimana dalam Firman-Nya :

وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى فَادْعُوهُ بِهَا

Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu (QS. Al A’raf : 180).

Imam as-Sa’di dalam Tafsirnya berkata :

هذا بيان لعظيم جلاله وسعة أوصافه، بأن له الأسماء الحسنى، أي: له كل اسم حسن، وضابطه: أنه كل اسم دال على صفة كمال عظيمة، وبذلك كانت حسنى

Ini adalah penjelasan keagungan Allah dan keluasan Sifat-Nya, bahwa Dia memiliki Asma’ul Husna, yakni seluruh Namanya adalah Bagus. Batasannya adalah seluruh nama yang menunjukkan sifat yang Agung, demikian itu Husna.

Imam Bukhori berkata :

قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ: {ذُو الجَلاَلِ} [الرحمن: 27] «العَظَمَةِ»، {البَرُّ} [البقرة: 177] «اللَّطِيفُ»

Ibnu Abbas rodhiyallahu anhu berkata : {Dzul Jalaal} (QS. Ar Rakhman : 27) yakni keagungan dan {al-Barru} (QS. Al Baqoroh : 177) adalah Maha Lembut.

Atsar Ibnu Abbas terkait ayat 27 surat Ar Rokhman disebutkan dalam tafsir yang dinisbatkan kepada Ibnu Abbas, Imam Ibnu Katsiir dalam tafsirnya juga menukil perkataan Ibnu Abbas rodhiyallahu anhu tentang ayat tersebut. Kaitannya dengan judul bab bahwa Al Barru adalah salah satu Asma’ul Husna, sebagaimana ditetapkan oleh lebih dari satu ulama.

Sedangkan ayat yang kedua dalam cetakan yang saya miliki disebutkan ayat 177 surat Al Baqoroh, namun ini keliru yang benar adalah surat At Thur ayat ke 28. Karena Imam Bukhori telah menyebutkan sebelumnya dalam surat At Thur. Atsar ini disebutkan dengan sanad bersambung oleh Imam Ibnu Abi Hatim dari jalan Ali bin Abi Tholhah dari Ibnu Abbas rodhiyallahu anhu, sebagaimana dikatakan oleh Al Hafidz Ibnu Hajar. Kaitannya dengan judul bab bahwa Al Barru adalah salah satu Asma’ul Husna, sebagaimana ditetapkan oleh lebih dari satu ulama.

Imam Bukhori berkata :

7392 – حَدَّثَنَا أَبُو اليَمَانِ، أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ، حَدَّثَنَا أَبُو الزِّنَادِ، عَنِ الأَعْرَجِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «إِنَّ لِلَّهِ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ اسْمًا، مِائَةً إِلَّا وَاحِدًا، مَنْ أَحْصَاهَا دَخَلَ الجَنَّةَ» أَحْصَيْنَاهُ حَفِظْنَاهُ

22). Hadits no. 7392

Haddatsani Abul Yamaan, akhbaronaa Syu’aib, haddatsanaa Abuz Zinnaad, dari al-A’raj, dari Abi Huroiroh rodhiyallahu anhu, bahwa Rasulullah sholallahu alaihi wa salam bersabda : “sesungguhnya Allah memiliki 100 nama, kurang 1, barangsiapa yang meng-ihsho-nya, akan masuk surga”.

Meng-ihsho-nya artinya menghapalnya.

  1. Muslim no. 2006

 

Penjelasan Hadits :

  1. Allah memiliki 99 Asma’ul Husna, yang para ulama telah menyebutkan nama-nama tersebut dalam kitab yang membahas tentang hal ini.
  2. Menghapal Asma’ul Husna dan memahaminya merupakan dasar untuk mengetahui segala maklumat, sebagaimana dikatakan oleh asy-Syaikh Sa’id al-Qohthon dalam kitabnya Syarah Asma’ul Husna.
  3. Asy-Syaikh juga menyebutkan bahwa urutan Ihsha ada 3 yaitu yang pertama menghafal lafadz dan bilangannya, yang kedua memahami makna dan yang diindikasikannya dan yang ketiga berdoa dengannya.
  4. Sebenarnya nama Allah tidak terbatas pada 99 nama saja, tapi banyak namanya, yang hanya diketahui oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala saja, sebagaimana dalam sebuah hadits :

أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ، سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ

Saya memohon kepada-Mu dengan seluruh Asma’-Mu, yang telah Engkau namakan diri-Mu atau yang telah Engkau turunkan dalam Kitab-Mu atau yang telah Engkau ajarkan kepada salah satu makhluk-Mu atau yang masih tersimpan dalam rahasia ghoib disisi-Mu (HR. Ahmad, dishahihkan oleh Imam Al Albani).

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: