TAFSIR SURAT AL BAQOROH AYAT 1

May 3, 2015 at 11:38 pm | Posted in Tafsir Al Baqoroh | Leave a comment
Tags: , ,

الم

Tafsir “Alif laam miin” (Al Baqoroh : 1)

 

I. Mufrodat Ayat

الم” adalah huruf-huruf yang terputus yang terdapat dibeberapa tempat dalam Al Qur’an diawal surat-surat berikut : surat al-Baqoroh, surat Ali Imroon, al-‘Ankabut, ar-Ruum, Luqman dan as-Sajdah.

Imam as-Sa’diy dalam tafsirnya berkata :

وأما الحروف المقطعة في أوائل السور، فالأسلم فيها، السكوت عن التعرض لمعناها [من غير مستند شرعي]، مع الجزم بأن الله تعالى لم ينزلها عبثا بل لحكمة لا نعلمها.

Adapun huruf-huruf yang terputus diawal beberapa surat, maka yang lebih selamat padanya adalah diam dari menafsirkan maknanya tanpa landasan syar’i, bersama keyakinan bahwa Allah Subhanaahu wa Ta’aalaa tidak menurunkannya secara sia-sia, namun untuk suatu hikmah yang kami tidak mengetahuinya.

 

II. Kesimpulan Makna Ayat Secara Global

Kita serahkan kepada Allah apa yang dimaksud dengan makna huruf-huruf tersebut.

 

III. Faedah Ayat

  1. Yang pasti bahwa huruf-huruf diawal beberapa surat itu adalah huruf-huruf hijaiyyah, seolah-olah mengisyaratkan bahwa al-Qur’an memang diturunkan dengan huruf-huruf hijaiyyah, sebagaimana yang biasa digunakan oleh bangsa arab. Allah Subhanaahu wa Ta’aalaa berfirman :

وَإِنَّهُ لَتَنْزِيلُ رَبِّ الْعَالَمِينَ (192) نَزَلَ بِهِ الرُّوحُ الْأَمِينُ (193) عَلَى قَلْبِكَ لِتَكُونَ مِنَ الْمُنْذِرِينَ (194) بِلِسَانٍ عَرَبِيٍّ مُبِينٍ (195)

“Dan sesungguhnya Al Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam, dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril), ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan, dengan bahasa Arab yang jelas” (QS. Asy-Syu’araa’ : 192-195).

  1. Allah Subhanaahu wa Ta’aalaa tidak menurunkan dalam kitab-Nya, sesuatu yang sia-sia, orang-orang yang mendalam ilmunya akan beriman dengan semua apa yang Allah Subhanaahu wa Ta’aalaa turunkan dalam kitab-Nya, sebagaimana Firman-Nya :

وَالرَّاسِخُونَ فِي الْعِلْمِ يَقُولُونَ آَمَنَّا بِهِ كُلٌّ مِنْ عِنْدِ رَبِّنَا

“Dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata: “Kami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyaabihaat, semuanya itu dari sisi Tuhan kami” (QS. Ali Imroom : 7).

  1. Ilmu manusia sangat terbatas, sangat mustahil dan tidak mungkin meliputi ilmu Allah Subhanaahu wa Ta’aalaa, sebagaimana Firman-Nya :

يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِهِ عِلْمًا

“Dia mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan apa yang ada di belakang mereka, sedang ilmu mereka tidak dapat meliputi ilmu-Nya” (QS. Thahaa : 110).

 

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: