WASIAT RASULULLAH SHOLALLAHU ALAIHI WA SALAM YANG ABADI

June 27, 2015 at 4:32 am | Posted in Aqidah, Hadits | Leave a comment

WASIAT RASULULLAH SHOLALLAHU ALAIHI WA SALAM YANG ABADI

 

Abdullah bin Mas’ud rodhiyallahu anhu berkata :

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يَقْرَأَ وَصِيَّةَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلْيَقْرَأْ هَذِهِ الْآيَاتِ: {قُلْ تَعَالَوْا أَتْلُ مَا حَرَّمَ رَبُّكُمْ عَلَيْكُمْ} [الأنعام: 151] إِلَى قَوْلِهِ: {ذَلِكُمْ وَصَّاكُمْ بِهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ} [الأنعام: 153] »

Barangsiapa yang senang untuk membaca wasiat Rasulullah sholallahu alaihi wa salam, maka hendaknya membaca ayat ini : {Katakanlah: “Marilah kubacakan apa yang diharamkan atas kamu oleh Tuhanmu yaitu: janganlah kamu mempersekutukan sesuatu dengan Dia, berbuat baiklah terhadap kedua orang ibu bapa, dan janganlah kamu membunuh anak-anak kamu karena takut kemiskinan, Kami akan memberi rezki kepadamu dan kepada mereka, dan janganlah kamu mendekati perbuatan-perbuatan yang keji, baik yang nampak di antaranya maupun yang tersembunyi, dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) melainkan dengan sesuatu (sebab) yang benar.” Demikian itu yang diperintahkan kepadamu supaya kamu memahami(nya). Dan janganlah kamu dekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih bermanfaat, hingga sampai ia dewasa. Dan sempurnakanlah takaran dan timbangan dengan adil. Kami tidak memikulkan beban kepada sesorang melainkan sekedar kesanggupannya. Dan apabila kamu berkata, maka hendaklah kamu berlaku adil, kendatipun ia adalah kerabat(mu), dan penuhilah janji Allah. Yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu ingat. dan bahwa (yang Kami perintahkan ini) adalah jalanKu yang lurus, maka ikutilah dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai beraikan kamu dari jalanNya. Yang demikian itu diperintahkan Allah agar kamu bertakwa.} (QS. Al An’aam : 151-153).

Takhrij Atsar :

Atsar ini diriwayatkan oleh para Aimah hadits diantara mereka adalah :

  1. Imam Tirmidzi dalam Sunan Tirmidzi (no. 3979 –pen. Musthofa Baabil Halabi, Mesir).
  2. Imam Baihaqi dalam Syu’abul Imaan (no. 7540 –pen. Maktabah ar-Rusydi, Riyaadh).
  3. Imam Thabrani dalam Mu’jam Kabiir (no. 10060 –pen. Maktabah Ibnu Taimiyyah, Kairo) dan Mu’jam Ausath (no. 1186 –pen. Daarul Haromain, Kairo).

Lafadz hadits diatas adalah milik Imam Thabrani dalam Mu’jam Ausath. Lalu semua Aimah diatas meriwayatkannya dari jalan :

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ فُضَيْلٍ، عَنْ دَاوُدَ الأَوْدِيِّ، عَنْ الشَّعْبِيِّ، عَنْ عَلْقَمَةَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ

Haddatsanaa Muhammad bin Fudhoil, dari Dawud al-Audiy, dari asy-Sya’biy, dari ‘Alqomah, dari Abdullah –bin Mas’ud- rodhiyallahu anhu beliau berkata : “Al Atsar”.

Kedudukan sanad :

Semua perowinya adalah perowi tsiqoh, perowi yang dijadikan hujjah oleh Bukhori-Muslim, kecuali Dawud bin Yaziid al-Audiy, dia hanya dipakai oleh Imam Bukhori dalam kitabnya Adabul Mufrod. Sebagian ulama melemahkannya, seperti : Imam Ibnu Ma’in, Imam Abu Hatim, Imam Abu Dawud, Imam Nasa’i, Imam al-‘Ijli, Imam al-Azdiy, dan Imam al-Hakim (lihat tahdzibain). Namun Imam Ibnu Adiy memberikan penilaian positif kepadanya jika meriwayatkan dari perowi yang tsiqoh, kata beliau :

لم أر له حديثا منكرا جاوز الحد إذا روى عنه ثقة ، و إن كان ليس بقوى فى الحديث ، فإنه يكتب حديثه و يقبل إذا روى عنه ثقة

Saya tidak melihah ia memiliki hadits yang mungkar yang melampaui batas jika perowi tsiqoh meriwayatkan darinya. Sekalipun ia tidak kuat dalam hadits, namun ditulis dan diterima haditsnya jika perowi tsiqoh meriwayatkan darinya.

Al Hafidz Ibnu Hajar kelihatannya tidak melirik pendapat Imam Ibnu Adiy sehingga dalam Taqribut Tahdzib, beliau memberikan penilaian “Dhoif” untuknya.

Berdasarkan hal tersebut, Imam Al Albani dalam Dhoif Sunan Tirmidzi (hal. 375 –pen. Maktabah Islamiy, Beirut) memberikan penilaian : “Dhoiful Isnad” (sanadnya lemah). Namun disisi lain barangkali Imam Tirmidzi sependapat dengan Imam Ibnu Adiy, sehingga dalam kitabnya beliau memberikan penilaian : “Hadza Hadits Hasan Ghorib” (hadits ini hasan ghorib).

Kemudian pentahqiq “Kitabut Tauhid” yakni asy-Syaikh Ahmad bin Ali bin Mutsana menilai atsar diatas shahih dalam tahqiqnya tersebut (hal. 10 –pen. Maktabah Ibadur Rokhman, Mesir), alasan beliau bahwa Dawud al-Audiy diatas adalah Dawud bin Abdullah Al-Audiy, bukan Dawud bin Yaziid al-Audiy. Dan Dawud bin Abdullah ini tsiqoh, dinilai demikian oleh Al Hafidz dalam at-Taqriib. Asy-Syaikh Ahmad juga menisbatkan perajihan bahwa itu adalah Dawud bin Abdullah kepada gurunya, yaitu asy-Syaikh Muqbil bin Hadi.

Memang dalam riwayat Imam Tirmidzi tidak disebut nama bapak dari Dawud al-Audiy ini, dan kebetulan dalam kitab-kitab rijalul hadits Dawud al-Audiy ada dua dan menariknya lagi kedua-duanya sama-sama memiliki guru dan murid yang sama dalam riwayat ini, yaitu keduanya sama-sama berguru kepada ‘Aamir asy-Sya’bi dan muridnya juga sama yaitu Muhammad bin Fudhoil.

Untuk merajihkannya tentu kita perlu mencari informasi sanad yang menyebutkan nama Dawud ini secara lengkap dengan nama bapaknya, sehingga bisa diketahui siapa Dawud yang dimaksud, Dawud yang dhoif atau yang tsiqoh?, walhamdulillah, Imam Thabrani dalam Mu’jam Ausath-nya menulis nama lengkap Dawud, kata beliau dalam kitabnya tersebut :

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ جَرِيرِ بْنِ جَبَلَةَ قَالَ: نا خَالِدُ بْنُ يُوسُفَ السَّمْتِيُّ قَالَ: نا مُحَمَّدُ بْنُ فُضَيْلٍ، عَنْ دَاوُدَ بْنِ يَزِيدَ الْأَوْدِيِّ، عَنْ عَامِرٍ الشَّعْبِيِّ، عَنْ عَلْقَمَةَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ

Haddatsanaa Ahmad bin Abdullah bin Jariir bin Jabalah ia berkata, akhbaronaa Khoolid bin Yusuf as-Samtiy ia berkata, akhbaronaa Muhammad bin Fudhoil, dari Dawud bin Yaziid al-Audiy, dari ‘Aamir asy-Sya’biy, dari ‘Alqomah dari Abdullah bin Mas’ud rodhiyallahu anhu beliau berkata : “al-Atsar”.

 Shuf!, Dawud yang dimaksud adalah Dawud bin Yaziid al-Audiy, perowi yang dhoif, sehingga dengan ini, pendapat yang rajih adalah atsar ini dhoif, sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Al Albani. Wal ‘ilmu minallah.

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: