SHOLAT MENGGUNAKAN SANDAL DAN SEPATU

August 10, 2015 at 11:45 pm | Posted in Sifat Sholat Nabi antara Al Albani dengan Syafi'iyyah | Leave a comment

SIFAT SHOLAT NABI SHOLALLAHU ALAIHI WA SALAM ANTARA AL ALBANI DENGAN SYAFI’IYYAH

Sholat Menggunakan Sandal dan Perintah Terkait Penggunaannya

Sifat sholat Nabi sholallahu alaihi wa salam berikutnya adalah sholat menggunakan sandal. Imam Al Albani berkata (hal. 80) :

كان يقف حافيا أحيانا ومنتعلا أحيانا

Rasulullah sholallahu alaihi wa salam terkadang sholat dengan bertelanjang kaki dan terkadang menggunakan sandal.

Al-Akh Ro’fat Haamid al-‘Adni telah membuat sebuah risalah terkait hukum penggunaan sandal dalam sholat yang dipublikasikan di http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=208190#, beliau berkata :

لصلاة في النعلين مختلف فيهما بين أهل العلم على قولين:
الأول: أنها جائزة ورخصة ،غير مستحبة،وهذا مذهب المالكية والشافعية .

Sholat menggunakan sandal para ulama berbeda pendapat dan ada 2 pendapat tentang hal ini :

  1. Diperbolehkan dan diberikan keringanan menggunakannya, bukan mustahab. Ini adalah pendapatnya Malikiyyah dan Syafi’iyyah

لمذهب الشافعي :
الصلاة في النعل الطهارة جائزة ويجوز المشي في المسجد بالنعل .المجموع (3 / 156)
وقال ابن رجب :وقال الشافعي – ونقلوه عنه – : أن خلع النعلين في الصلاة أفضل .فتح الباري (2 / 276)

Madzhab Syafi’I : sholat menggunakan sandal yang suci diperbolehkan dan boleh juga berjalan di Masjid menggunakan sandal (al-Majmu’ 3/156). Ibnu Rojab berkata : ‘Imam Syafi’I berkata : ‘melepas sandal dalam sholat lebih utama’ (Fathul Baari 2/276).

الثاني: سنية الصلاة فيها، وهذا مذهب الحنفية والحنابلة.وهو الصواب

  1. Sunah sholat menggunakan sandal, ini adalah madzhabnya Hanafiyyah dan Hanabilah dan ini yang rajih (menurut penulis –pent.).

Imam al-Munawi dalam Faudhul Qodiir (1/390) berkata tentang sholat memakai sandal :

وذهب بعض السلف إلى أن النعل المتنجسة تطهر بدلكها بالأرض وتصح الصلاة فيها وهو قول قديم للشافعي

Sebagian salaf berpendapat bahwa sandal yang najis dapat menjadi suci dengan digosok-gosokkan ke tanah, sehingga shahih sholat dengannya. Ini adalah pendapat syafi’I yang qodiim (lalu).

Imam Al Albani termasuk ulama yang memilih pendapat sunahnya memakai sandal dalam sholat, sebagaimana catatan beliau setelah membawakan hadits berikut :

خالفوا اليهود؛ فإنهم لا يصلون في نعالهم ولا خِفافهم

Selisihilah yahudi, karena mereka sembahyang tidak menggunakan sandal dan juga tidak menggunakan khuf.

Dalam al-Ashlu (1/109-110), Imam Al Albani memberikan catatan :

وهذا الحديث يفيد استحباب الصلاة في النعال؛ لأنه أمر بذلك، وعلَّله بمخالفة اليهود، وأقل ما يستفاد منه الاستحباب، وإن كان ظاهره الوجوب؛ فإنه غير مراد؛ بدليل قوله في الحديث الذي قبله: ” إذا صلى أحدكم؛ فليلبس نعليه، أو ليخلعهما “. فهذا يفيد التخيير، ولكنه لا ينافي الاستحباب؛ كما في حديث: ” بين كل أذانين صلاة لمن شاء “. قال الشوكاني: ” وهذا أعدل المذاهب، وأقواها عندي “. وإليه ذهب الحافظ في ” الفتح ” (1/393) ؛ حيث قال – بعد أن ساق الحديث -: ” فيكون استحباب ذلك من جهة قصد المخالفة المذكورة “.

Hadits ini menunjukkan disunahkannya sholat menggunakan sandal, karena diperintahkan untuk melakukan hal tersebut, alasannya untuk menyelisihi yahudi, minimalnya memberikan faedah sunnah, sekalipun dhohirnya menunjukkan wajib, karena hal tersebut bukan yang dimaksud, berdalil dengan hadits sebelumnya : “jika kalian sholat, maka pakailah sandal atau lepas sandal”. Ini memberikan faedah pilihan, namun tidak menafikan kesunahannya, sebagaimana dalam hadits : “antara 2 azan (azan dan iqomat) ada sholat bagi yang menghendakinya”. Syaukani berkata : ‘ini adalah madzhab yang lurus dan yang lebih kuat menurutku’.

Al-Hafidz Ibnu Hajar juga berpendapat seperti itu dalam al-Fath (1/391) yang mana beliau berkata setelah menyebutkan hadits ini : ‘maka hal tersebut disunnahkan dari sisi untuk tujuan menyelisihi apa yang telah disebutkan’.

 

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: