BERSUCI DENGAN AIR ZAM ZAM

August 20, 2015 at 1:11 am | Posted in fiqih | Leave a comment

BERSUCI DENGAN AIR ZAM ZAM

 

Air Zam Zam yang terletak di Mekkah adalah air yang memiliki keistimewaan tersendiri bagi kaum Muslimin. Air tersebut adalah air yang memiliki berkah, sebagaimana sabda Nabi sholallahu alaihi wa salam :

إِنَّهَا مُبَارَكَةٌ، إِنَّهَا طَعَامُ طُعْمٍ

Sesungguhnya air zam zam adalah air yang berkah, dan ia dapat berfungsi seperti makanan (HR. Muslim).

Karena keistimewaannya, maka sebagian ulama keberatan jika air zam zam digunakan untuk bersuci. Asy-Syaikh

اختلف العلماء في استعمال ماء زمزم في رفع الحدث وإزالة الخبث:

فقيل: يكره استعماله في إزالة الخبث، ولا يكره في رفع الحدث، وهو مذهب الحنفية[1]، والمشهور من مذهب الحنابلة[2].

 وقيل: لا يكره فيهما، وهو مذهب المالكية.

وقيل: في إزالة النجاسة بماء زمزم خلاف الأولى، ولا يكره الوضوء والغسل منه، وهو مذهب الشافعية[3].

وقيل: يكره فيهما، وهو قول في مذهب الحنابلة[4]، اختاره ابن تيمية[5].

وقيل: يحرم فيهما، حكاه قولاً بعض الفقهاء[6]، وهو وجه في مذهب الحنابلة[7].

وقيل: يحرم إزالة النجاسة فقط، وهو قول في مذهب الحنابلة[8].

وقيل: يستحب الوضوء من زمزم، اختاره ابن الزاغوني من الحنابلة[9].

وقيل: يكره الغسل، دون الوضوء، وهو رواية عن أحمد[10].

Para ulama berselisih pendapat terkait penggunaan air zam zam dalam menghilangkan hadats dan najis :

  1. Dimakruhkan untuk menghilangkan najis, namun tidak makruh untuk mengangkat hadats. Ini adalah madzhabnya Hanafiyyah dan yang masyhur dalam madzhabnya Hanabillah.
  2. Tidak dimakruhkan sama sekali (baik untuk menghilangkan najis, maupun mengangkat hadats). Ini madzhabnya Malikiyyah
  3. Dalam menghilangkan najis menggunakan air zam zam menyelisihi yang utama, dan tidak dimakruhkan beruwudhu dan mandi menggunakan air zam zam. Ini adalah pendapatnya Syafi’iyyah.
  4. Dimakruhkan semuanya (yakni menghilangkan najis dan mengangkat hadats menggunakan Zam Zam). Ini pendapatnya Hanabillaj dan dipilih oleh Ibnu Taimiyyah.
  5. Diharamkan semuanya, diriwayatkan dari sebagian fuqoha dan salah satu pendapat Hanabilah.
  6. Diharamkan menghilangkan najis saja, ini juga salah satu pendapatnya Hanabillah.
  7. Hanya disunahkan wudhu dengan Zam Zam, ini pilihan az-Zaaghowaniy dari kalangan Hanabilah.
  8. Dimkaruhkan mandi, namun wudhu tidak, ini adalah riwayat dari Ahmad.

رابط الموضوع: http://www.alukah.net/sharia/0/54780/#ixzz3jJKgrIfN

Yang perlu dijadikan catatan bahwa air Zam Zam adalah suci dan mensucikan, sebagaimana mata air lainnya. Sehingga para ulama yang membolehkan menggunakan air Zam Zam untuk bersuci, mereka berdalil dengan keumuman firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala :

فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا

Maka jika kalian tidak mendapatkan air, bertayamumlah (QS. An Nisaa’ : 43).

Kemudian telah tsabit bahwa Ali bin Abi Thalib rodhiyallahu anhu ketika mensifati Haji Nabi sholallahu alaihi wa salam beliua berkata diantaranya :

“Lalu Nabi sholallahu alaihi wa salam meminta setimba air Zamzam, lalu beliau minum darinya dan juga wudhu.” (Diriwayatkan Ahmad)

Imam bin Baz dalam fatwanya pernah mengatakan :

ولا حرج في الوضوء منه أو الاغتسال منه، أو إزالة النجاسة، ومن قال بكراهة ذلك من الفقهاء فقوله ضعيف مرجوح

Tidak mengapa untuk wudhu menggunakan air Zam Zam atau mandi dengannya atau untuk menghilangkan najis. Ulama yang memakruhkannya adalah pendapat yang lemah yang marjuh (http://www.binbaz.org.sa/node/17606#).

 

 

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: