MUKADIMAH IMAM IBNU KATSIR (BAG. 2)

September 21, 2015 at 11:34 pm | Posted in TAFSIR IBNU KATSIR | Leave a comment

MUKADIMAH IMAM IBNU KATSIR

 

Imam Ibnu Katsir berkata :

Segala puji bagi Allah yang telah mengutus para Rasul-Nya :

مُبَشِّرِينَ وَمُنْذِرِينَ لِئَلا يَكُونَ لِلنَّاسِ عَلَى اللَّهِ حُجَّةٌ بَعْدَ الرُّسُلِ

Mereka Kami utus) selaku rasul-rasul pembawa berita gembira dan pemberi peringatan agar supaya tidak ada alasan bagi manusia membantah Allah sesudah diutusnya rasul-rasul itu {QS. An Nisaa` : 165}.

Penutup para Rasul adalah Nabi yang Ummi, orang Arab penduduk Mekkah yang memberi petunjuk kepada jalan yang sangat jelas, Allah mengutusnya kepada seluruh makhluk baik manusia, maupun jin dari mulai diutusnya sampai nanti hari kiamat, sebagaimana Firman-Nya :

قُلْ يَاأَيُّهَا النَّاسُ إِنِّي رَسُولُ اللَّهِ إِلَيْكُمْ جَمِيعًا الَّذِي لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ لَا إِلَهَ إِلا هُوَ يُحْيِي وَيُمِيتُ فَآمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ النَّبِيِّ الأمِّيِّ الَّذِي يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَكَلِمَاتِهِ وَاتَّبِعُوهُ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

Katakanlah: “Hai manusia sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu semua, yaitu Allah Yang mempunyai kerajaan langit dan bumi; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang menghidupkan dan mematikan, maka berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya, Nabi yang ummi yang beriman kepada Allah dan kepada kalimat-kalimat-Nya (kitab-kitab-Nya) dan ikutilah dia, supaya kamu mendapat petunjuk.” {QS. Al A’raf : 158}.

لأنْذِرَكُمْ بِهِ وَمَنْ بَلَغَ

supaya dengan dia aku memberi peringatan kepadamu dan kepada orang-orang yang sampai Al-Quran (kepadanya) {QS. Al An’aam : 19}.

Maka barangsiapa yang telah sampai Al Qur’an ini kepada orang Arab atau Ajam, baik bangsa berkulit hitam atau merah, manusia atau Jin, maka itu adalah peringatan baginya, oleh karenanya Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman :

وَمَنْ يَكْفُرْ بِهِ مِنَ الأحْزَابِ فَالنَّارُ مَوْعِدُهُ

Dan barangsiapa di antara mereka (orang-orang Quraisy) dan sekutu-sekutunya yang kafir kepada Al Quran, maka nerakalah tempat yang diancamkan baginya {QS. Huud : 17}.

sehingga barangsiapa yang mengingkari Al Qur’an, dari orang-orang yang telah kami sebutkan, neraka adalah tempatnya, dengan nash dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala, sebagaimana juga Firman-Nya :

فَذَرْنِي وَمَنْ يُكَذِّبُ بِهَذَا الْحَدِيثِ سَنَسْتَدْرِجُهُمْ مِنْ حَيْثُ لَا يَعْلَمُونَ * وَأُمْلِي لَهُمْ

Maka serahkanlah (ya Muhammad) kepada-Ku (urusan) orang-orang yang mendustakan perkataan ini (Al Quran). Nanti Kami akan menarik mereka dengan berangsur-angsur (ke arah kebinasaan) dari arah yang tidak mereka ketahui, dan Aku memberi tangguh kepada mereka. Sesungguhnya rencana-Ku amat tangguh {QS. Al Qolam : 44-45}.

Nabi sholallahu alaihi wa salam bersabda :

بُعِثتُ إِلَى الْأَحْمَرِ وَالْأَسْوَدِ

aku diutus kepada bangsa berkulit merah dan hitam (HR. Muslim no. 521 dari Jaabir rodhiyallahu anhu).

Mujahid berkata : ‘yakni manusia dan jin’. Nabi sholallahu alaihi wa salam adalah utusan Allah kepada 2 bangsa, yaitu manusia dan jin, menyampaikan kepada mereka apa yang telah diwahyukan Allah kepadanya, berupa Kitab yang sangat mulia ini, yangmana kitab tersebut :

لَا يَأْتِيهِ الْبَاطِلُ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَلا مِنْ خَلْفِهِ تَنزيلٌ مِنْ حَكِيمٍ حَمِيدٍ

Yang tidak datang kepadanya (Al Quran) kebatilan baik dari depan maupun dari belakangnya, yang diturunkan dari Rabb Yang Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji {QS. Fushilat : 42}.

Rasulullah sholallahu alaihi wa salam telah menyampaikan pesan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala kepada mereka, bahwa Dia memerintahkan mereka untuk memahami Kitabullah, Allah berfirman :

أَفَلا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ وَلَوْ كَانَ مِنْ عِنْدِ غَيْرِ اللَّهِ لَوَجَدُوا فِيهِ اخْتِلافًا كَثِيرًا

Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran? Kalau kiranya Al Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya {QS. An Nisaa’: 82}.

كِتَابٌ أَنزلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الألْبَابِ

Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran {QS. Shaad : 29}.

أَفَلا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ أَمْ عَلَى قُلُوبٍ أَقْفَالُهَا

Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran ataukah hati mereka terkunci? {QS. Muhammad : 24}.

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: