MAKAN SEHARI 2 KALI, APAKAH BERLEBIHAN?

October 30, 2015 at 4:35 pm | Posted in Hadits, Nasehat | Leave a comment

MAKAN SEHARI 2 KALI, APAKAH BERLEBIHAN?

 

Diriwayatkan bahwa Nabi sholallahu alaihi wa salam pernah menyampaikan kepada istrinya yakni Ummul Mukminin Aisyah rodhiyallahu anha, bahwa makan sehari 2 kali, termasuk perkara berlebih-lebihan. Hadits tersebut diriwayatkan oleh Imam Baihaqi dalam Syu’abul Iman (no. 5253) dari jalan Abdullah bin Luhai`ah dari Abil Aswaad dari Urwah dari Aisyah rodhiyallahu anha beliau berkata :

رَآنِي النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَقَدْ أَكَلْتُ فِي الْيَوْمِ مَرَّتَيْنِ فَقَالَ: ” يَا عَائِشَةُ ” أَمَا تُحِبِّينَ أَنْ يَكُونَ لَكَ شُغُلٌ إِلَّا فِي جَوْفِكَ الْأَكْلُ؟ فِي الْيَوْمِ مَرَّتَيْنِ، مِنَ الْإِسْرَافِ، وَاللهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ “

Nabi sholallahu alaihi wa salam memperhatikanku, yakni bahwa aku makan dalam sehari 2 kali, maka Beliau berkata : “wahai Aisyah, apakah engkau tidak nyaman, jika tidak ada kesibukanmu, kecuali memenuhi perutmu?, (sesungguhnya) makan 2 kali dalam sehari, termasuk pemborosan, dan Allah tidak suka dengan orang-orang yang boros.

Asy-Syaikh Ibnu Hamzah al-Husaini al-Hanafi dalam kitabnya “al-Burhan wa at-Ta’riif fii Asbaabil Wurudil Hadits asy-Syariif (1/134) menisbatkan hadits diatas kepada Imam ad-Dailami dalam Musnadnya, dengan perkataannya :

أخرجه الديلمي عَن عَائِشَة رَضِي الله عَنْهَا سَببه كَمَا فِي الْجَامِع الْكَبِير عَنْهَا

Dikeluarkan oleh ad-Dailami dari Aisyah rodhiyallahu anhu, dan sebab (asbabul wurud) hadits ini adalah sebagaimana dalam kitab al-Jaami’ul Kabiiir dari Aisyah rodhiyallahu anhu…

Sebagaimana kita lihat bahwa sanad hadits diatas bertumpu kepada Abdullah bin Luhai`ah, seorang perowi yang berubah hapalannya, setelah kitabnya terbakar, dan dalam hal ini, tidak diketahui apakah beliau meriwayatkannya setelah berubah hapalannya atau tidak. Sebagian ulama menguatkan riwayatnya Ibnu Luha`iah, jika yang meriwayatkannya seperti Abdullah bin Mubarok, Abdullah bin Wahhab,  dan Qutaibah bin Sa’ad. Sedangkan dalam sanad yang disebutkan oleh Imam Baihaqi bahwa yang orang yang meriwayatkan hadits ini dari Ibnu Luha`iah adalah Utsman bin Shoolih al-Mishri, sedangkan beliau tidak diketahui apakah meriwayatkan haditsnya Ibnu Luha`aih setelah berubah hapalannya atau tidak, sehingga untuk kehati-hatian riwayatnya tidak diterima. Imam Shon’ani dalam Subulus Salam (2/652)  seolah-olah mengisyaratkan kedhoifan hadits ini, ketika beliau menukilnya dengan mengatakan bahwa didalam sanadnya terdapat Ibnu Luha`iah.

Kemudian asy-Syaikh Muhammad bin Sholih al-Munajid tegas mendhoifkan hadits ini dalam fatawanya (http://islamqa.info/ar/151112), kemudian beliau menambahkan keterangan dalam Shahih Bukhori riwayat dari Aisyah  rodhiyallahu anhu yang berkata :

مَا أَكَلَ آلُ مُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم أَكْلَتَيْنِ فِي يَوْمٍ إِلاَّ إِحْدَاهُمَا تَمْرٌ

Keluarga Nabi sholallahu alaihi wa salam tidaklah makan dua kali dalam sehari, melainkan yang satunya adalah makan dengan kurma (HR. Bukhori no. 6455).

Sehingga menurut asy-Syaikh Shoolih al-Munajid bahwa makan sehari 2 kali adalah mubah, beliau berkata :

والحاصل : أن تناول الطعام مرتين في اليوم الواحد من الأمور المباحة الجائزة ، وهو من عادات العرب المعروفة ، كانوا يأكلون في اليوم أكلتين ، أكلة الغداء ، وأكلة العشاء ، ومن لم يكن شأنه ذلك إنما كان ذلك بسبب قلة ذات اليد ، وليس من أجل أن الأكل مرتين في اليوم من الإسراف .

Kesimpulannya kebiasaan makan 2 kali dalam sehari adalah perkara mubah yang diperbolehkan. Itu adalah kebiasaannya orang arab yang sudah ma’ruf, mereka biasanya makan 2 kali sehari, makan pagi dan makan malam. Dan orang-orang yang kebiasaannya tidak seperti itu, hanyalah karena tidak punya makanan lebih, bukan karena makan 2 kali sehari itu, termasuk pemborosan.

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: