HUKUM MENGUSAP JILBAB KETIKA BERWUDHU

November 30, 2015 at 3:10 pm | Posted in fiqih | Leave a comment

HUKUM MENGUSAP JILBAB KETIKA BERWUDHU

 

Soal : apakah wanita boleh mengusap kerudungnya (ketika berwudhu)?

Jawab :

Para ulama berselisih pendapat terkait hukum wanita mengusap kerudung yang menempel di kepalanya, atas 3 pendapat :

  1. Mayoritas ulama dan ini salah satu riwayat dari Imam Ahmad berpendapat tidak bolehnya mengusap kerudung, mereka menghukumi wudhunya batal, kecuali jika kerudungnya tipis yang memungkinkan air menembus kepelanya. Dalam “Al Mudawanah” (1/124), Imam Malik berkata : “wanita yang mengusap kerudungnya, (harus) mengulangi sholat dan wudhunya” –selesai-.

Kami ingin jelaskan disini bahwa Syafi’i mengkaitkan kebolehan mengusap Imamah berdasarkan keshahihan haditsnya, seperti hadits Bilaal rodhiyallahu anhu dalam “Shahih Muslim” (275) : bahwa Rasulullah sholallahu alaihi wa salam pernah mengusap kedua khuf dan kerudung/imamahnya. Maka mau tidak mau menggabungkan Imam Syafi’i kepada yang berpendapat bolehnya mengusap imamah bagi laki-laki dan kerudung bagi wanita.

  1. Hanabilah dalam riwayat lainnya dari Imam Ahmad berpendapat bolehnya mengusap kerudung dan sah wudhunya, ini juga pendapatnya Imam Ibnu Hazm, yang mana beliau berkata : “semua yang dipakai di kepala seperti Imamah, kerudung, peci, baidhoh, mughofir dan yang semisalnya, sah untuk diusap. Laki-laki dan perempuan sama hukumnya, karena ada dan tidak adanya alasan” (Al-Muhalla 1/303).
  2. Kelompok ketiga berpendapat untuk memisahkan antara kerudung yang susah dilepas dan yang mudah dilepas, yang susah diperbolehkan mengusap, sedangkan yang mudah tidak. Ini adalah pendapatnya Ibnu Taimiyyah dan dari kalangan ulama kontemporer seperti Ibnu Utsaimin. Syaikhul Islam berkata : “terkait mengusap kerudung bagi wanita ada 2 pendapat, yang pertama tidak boleh, karena nash-nash yang menyebutkan rukhsoh adalah terkait dengan laki-laki secara pasti, sedangkan wanita masih diragukan, dan apa yang dipakai oleh wanita di kepalanya adalah seperti perisai. Pendapat yang kedua adalah boleh dan ini lebih jelas karena keumuman sabda Nabi sholallahu alaihi wa salam : “basuhlah kedua khuf dan kerudung” (HR. Ahmad (39/325)). Para muhaqiqin berkata, hadis yang shahih dari perbuatan Nabi sholallahu alaihi wa salam bukan dari perkataannya. Adapun wanita maka masuk kedalam obyek hadits diatas, sebagaimana para wanita diperbolehkan juga mengusap khuf, dan karena kepala boleh bagi laki-laki untuk diusap, maka apa yang dipakai wanita di kepalanya boleh sama seperti laki-laki, dan alasan diperbolehkan karena Imamah laki-laki sulit untuk dilepas pada umumnya, oleh karenanya kerudung wanita yang lebih menutupi dibandingkan imamah, tentu lebih sulit untuk melepasnya, sehingga keperluan untuk mengusapnya lebih dibutuhkan dibandingkan dengan khuf” (Syarah al-‘Umdah (1/265-266)).

Asy-Syaikh al-Utsaimin berkata : “kesimpulannya, jika disana ada kesulitan seperti udara yang sangat dingin, atua susah melepasnya, maka mengusap dalam hal ini tidak mengapa, jika tidak seperti itu, maka yang lebih utama untuk tidak dilepas, sehingga nash-nash yang shahih tentang hal ini tidak saling bertentangan” (Syarhul Mumti’ (1/239)).

Pendapat yang ketiga adalah yang rajih, telah shahih dari Nabi sholallahu alaihi wa salam bahwa Beliau mengusap imamahnya, dan tidak ada perbedaan antara imamah laki-laki dengan kerudung wanita, bahkan wanita lebih utama untuk diperbolehkan, sebagaimana disebutkan alasannya oleh Syaikhul Islam. Berdasarkan ini, tidak semua penutup kepala boleh diusap, namun hanya yang menutupi kepala secara utuh, dan ada kesulitan untuk dilepaskan, seperti wanita yang khawatir kelihatan rambutnya atau kerena rambutnya disemir dengan khinaa`, atau udara yang sangat dingin yang membahayakan jiwanya, dan yang semisalnya. Lihat jawaban soal no. 139719.

Sumber : http://islamqa.info/ar/148129#

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: