HADITS DIPUKUL PENGUASA

December 9, 2015 at 3:04 am | Posted in Hadits | Leave a comment

HADITS DIPUKUL PENGUASA

 Imam Muslim dalam kitab shahihnya (no. 1847) menulis :

وحَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ سَهْلِ بْنِ عَسْكَرٍ التَّمِيمِيُّ، حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ حَسَّانَ، ح وحَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الدَّارِمِيُّ، أَخْبَرَنَا يَحْيَى وَهُوَ ابْنُ حَسَّانَ، حَدَّثَنَا مُعَاوِيَةُ يَعْنِي ابْنَ سَلَّامٍ، حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ سَلَّامٍ، عَنْ أَبِي سَلَّامٍ، قَالَ: قَالَ حُذَيْفَةُ بْنُ الْيَمَانِ: قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، إِنَّا كُنَّا بِشَرٍّ، فَجَاءَ اللهُ بِخَيْرٍ، فَنَحْنُ فِيهِ، فَهَلْ مِنْ وَرَاءِ هَذَا الْخَيْرِ شَرٌّ؟ قَالَ: «نَعَمْ»، قُلْتُ: هَلْ وَرَاءَ ذَلِكَ الشَّرِّ خَيْرٌ؟ قَالَ: «نَعَمْ»، قُلْتُ: فَهَلْ وَرَاءَ ذَلِكَ الْخَيْرِ شَرٌّ؟ قَالَ: «نَعَمْ»، قُلْتُ: كَيْفَ؟ قَالَ: «يَكُونُ بَعْدِي أَئِمَّةٌ لَا يَهْتَدُونَ بِهُدَايَ، وَلَا يَسْتَنُّونَ بِسُنَّتِي، وَسَيَقُومُ فِيهِمْ رِجَالٌ قُلُوبُهُمْ قُلُوبُ الشَّيَاطِينِ فِي جُثْمَانِ إِنْسٍ»، قَالَ: قُلْتُ: كَيْفَ أَصْنَعُ يَا رَسُولَ اللهِ، إِنْ أَدْرَكْتُ ذَلِكَ؟ قَالَ: «تَسْمَعُ وَتُطِيعُ لِلْأَمِيرِ، وَإِنْ ضُرِبَ ظَهْرُكَ، وَأُخِذَ مَالُكَ، فَاسْمَعْ وَأَطِعْ»

Haddatsani Muhammad bin Sahl bin ‘Askar at-Taimiy, haddatsanaa Yahya bin Hasaan (ganti sanad) haddatsanaa Abdullah bin Abdur Rokhman ad-Daarimiy, akhbaronaa Yahya –Ibnu Hassaan-, haddatsanaa Mu’awiyyah –ibnu Sallaam-, haddatsanaa Zaid bin Aslam, dari Abi Sallaam, ia berkata, Khudaifah ibnul Yamaan rodhiyallahu anhu berkata : “aku bertanya kepada Rasulullah sholallahu alaihi wa salam, wahai Rasulullah, dahulu kami dalam kejelakan, lalu Allah Subhanahu Wa Ta’ala mendatangkan kebaikan, dan sekarang kami sedang mengalaminya, maka apakah nanti setelah kebaikan ini ada lagi kejelekan?, Nabi sholallahu alaihi wa salam menjawab : “iya”. Lanjutku : “apakah setelah kejelekan itu ada kebaikan lagi?”, jawabnya : “iya”. Lanjutku lagi : “apakah setelah kebaikan itu ada kejelekan lagi?”, jawab Beliau : “iya”. Sambungku : “bagaimana bentuknya?”, Beliau menjawab : “akan datang setelahku para pemimpin yang tidak mengambil petunjukku, tidak melaksanakan sunahku, akan ada orang-orang yang hatinya adalah hati setan dalam wujud manusia”. Komentarku : “apa yang harus saya lakukan wahai Rasulullah, jika aku menjumpai zaman tersebut?”, Nabi sholallahu alaihi wa salam menjawab : “dengar dan taatilah para penguasa, sekalipun ia memukul punggungmu, mengambil hartamu, maka tetap mendengar dan taat”.

Imam Daruquthni ketika mengomentari hadits diatas dalam kitabnya al-Ilzaamaat wat Tatabu’ (hal. 182 –cet. Daarul Kutubil ‘Ilmiyyah, dengan tahqiq dari asy-Syaikh Muqbil bin Hadi) berkata :

وهذا عندي مرسل، أبو سلام لم يسمع من حذيفة ولا من نظرائه الذين نزلوا العراق لأن حذيفة توفي بعد قتل عثمان (رضي الله عنه) بليال، وقد قال فيه حذيفة فهذا يدل على إرساله.

Menurutku hadits diatas mursal, Abu Sallaam tidak pernah mendengar dari Khudzaifah rodhiyallahu anhu dan tidak juga dari sahabat yang sezaman dengannya, yang mereka tinggal di Irak, karena Khuzaifah rodhiyallahu anhu wafat satu hari setelah gugurnya Utsman rodhiyallahu anhu. Dan ucapan Abu Sallaam, “Khudzaifah berkata” ini menunjukkan atas kemursalannya.

Kemudian asy-Syaikh Muqbil bin Hadi memberikan komentar terhadap hadits diatas dalam Tahqiqnya :

(وفي حديث حذيفة هذا زيادة ليست في حديث حذيفة المتفق عليه وهي قوله (وإن ضرب ظهرك وأخذ مالك)! فهذه الزيادة ضعيفة لأنها من هذه الطريق المنقطعة

Tambahan (yang digarisbawahi –pent.) dalam hadits Khudzaifah rodhiyallahu anhu diatas tidak ada dalam hadits Khudzaifah yang disepakati oleh (Bukhori-Muslim) yaitu sabda Nabi sholallahu alaihi wa salam : “sekalipun ia memukul punggungmu, mengambil hartamu”. Tambahan ini lemah karena berasal dari riwayat yang terputus (sebagaimana diatas).

Asy- Syaikh Naashir bin Yahya al-Hunainiy sebagaimana dinukil di http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=238576, bekata :atas tidak ada dalam hadits Khudzaifah yang disepakati oleh (Bukhori-Muslim) yaitu sabda Nabi saw a ada orang-orang yang hatin

وهذه الزيادة بهذا السند ضعيفة (بل ومنكرة كما سيأتي)

Tambahan (sebagaimana yang digarisbawahi –pent.) dengan sanad diatas lemah, bahkan mungkar, sebagaimana akan datang penjelasannya –selesai-.

Kemudian asy-Syaikh Naashir menyebutkan pendhoifan Imam Daruquthni dan asy-Syaikh Muqbil. Adapun penambahan status dari beliau dengan mungkar, maka beliau menjelaskannnya sebagai berikut :

أما أنَّ هذه الزيادة منكرة فالأنها تخالف الشريعة التي جاءت لرفع الظلم عن الناس ، ولتبعث حياة العزة والرفعة في الخلق ، الشريعة التي تُعلِّـــق فساد الأمم على وجود الظلم ، وتضع المظلوم الراضي بالظلم في مرتبة الظالم الممارس له …قال الله تعالى : {وإذ يتحاجون في النار ، فيقول الضعفاء للذين استكبروا : إنا كنا لكم تبعاً فهل أنتم مغنون عنا نصيباً من النار ؟ قال الذين استكبروا : إنا كل فيها ، إن الله قد حكم بين العباد} [غافر:47،48]. هذه الشريعة سمت المستضعفين الذين لا يتحركون ضد الظلم ظالمين ، ولم تــقبل أعذارهم ، فقال الله تعالى : {إن الذين توفتهم الملائكة ظالمي أنفسهم ، قالوا: فيم كنتم ؟ قالوا : كنا مستضعفين في الأرض .. } [البقرة:9]

هل يعقل أن تقول الشريعة هذا ، ورسولها يقول :” إن الناس إذا رأوا الظالم فلم يأخذوا على يديه ، أوشك أن يعمهم الله بعقاب من عنده ” . والنصوص في هذا كثيرة ، وما أشرت إليه كافٍ ، فالشريعة في نصوصها ومقاصدها تحث على رفض الظلم ، وتأبى أن يسكت الناس عن الظالمين . فهل يعقل أن يأمر النبي صلى الله عليه وسلم المسلم أن يتسامح في أكل ماله ، وجلد ظهره ؟! هذا من عجائب المسلمين الذين سوغوا السكوت عن الظلم ، وأطروه في صياغة شرعية حتى قال أحد العلماء:

” فيه الصبر على المقدور ، والرضى بالقضاء حلوه ومره والتسليم لمراد الرب العليم الحكيم ” لا عجب أن الأمة تسام الخسف منذ قرون !

أين هذا من كلام أبي بكر وعمر رضي الله عنهما للناس عندما بويعا للخلافة ، حيث يأمران الناس بأن يقوموهما بالسيف إذا رأوا منهم اعوجاجا … هل يعقل يكون منهج الصحابة نزع يد الطاعة على من أجل ذراع قماش ، أعني هذا الذي قال لعمر رضي الله عنه : لا سمع ولا طاعة من أجل ثوب كما في القصة المعروفة ، ولم يقل له أحد من الصحابة : ويحك أمن اجل ثوب ؟! بل عليك أن تسمع وتطيع .. ولم يقل له عمر رضي الله عنه : بل تسمع وتطيع رغمــاً عنك أيها المندس ، يا صاحب الأجندة الخارجية ، أيها المخالف لرسولك الذي أمرك بأن تسمع وتطيع حتى ولو سرقتكم .. لم يقل له أحد هذا ولا ذاك ، بل قال له الفاروق : لا خير فيكم إن لم تقولوها ، ولا خير فينا إن لم نسمعها .

وأخيراً أقول : على فرض صحة هذه الزيادة ، فقطعاً ليس المقصود ما يفهمه هؤلاء ، بل المقصود المبالغة في طاعة الحاكم المسلم العادل ، وعدم المبادرة إلى الخروج عليه عند اختلاف وجهات النظر في تحقيق محل الظلم .. أي أن الحديث لا يتحدث عن أكل المليارات ، ولا عن منهجة التعذيب والظلم والتجبر . والله أعلم .

Adapun status tambahan tersebut dinilai mungkar, karena menyelisihi syariat yang ada terkait dengan dilarangnya kedholiman dari manusia, dan mengokohkan kehidupan manusia dengan kemulian dan derajat yang tinggi, syariat yang mengkaitkan kerusakan umat manusia dengan adanya kedholiman…Allah berfirman : {Dan (ingatlah), ketika mereka berbantah-bantah dalam neraka, maka orang-orang yang lemah berkata kepada orang-orang yang menyombongkan diri: “Sesungguhnya kami adalah pengikut-pengikutmu, maka dapatkah kamu menghindarkan dari kami sebahagian azab api neraka?” Orang-orang yang menyombongkan diri menjawab: “Sesungguhnya kita semua sama-sama dalam neraka karena sesungguhnya Allah telah menetapkan keputusan antara hamba-hamba-(Nya)} [QS. Ghoofir 47-48]. Syariat ini yang menyebutkan orang-orang yang lemah tetap sebagai orang yang dholim, dan tidak menerima alasan mereka, Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman : { Sesungguhnya orang-orang yang diwafatkan malaikat dalam keadaan menganiaya diri sendiri, (kepada mereka) malaikat bertanya : “Dalam keadaan bagaimana kamu ini?.” Mereka menjawab: “Adalah kami orang-orang yang tertindas di negeri (Mekah)} [QS. An Nisaa` : 97]. Maka apakah masuk akal untuk mengatakan syariat ini, sedangkan Rasulullah bersabda : “sesungguhnya seseorang jika melihat orang yang dholim, lalu tidak mencegahnya, hampir-hampir Allah akan menimpakan hukuman karenanya”. Nash-nash tentang hal tersebut sangat banyak, dan apa yang saya isyaratkan sudah cukup.

Syariat Islam dalam nash dan tujuannya adalah menghapuskan kedholiman, dan melarang seorang dia dari kedholiman, maka apakah masuk akal Nabi sholallahu alaihi wa salam memerintahkan seorang Muslim untuk bertoleransi terhadap orang yang makan hartanya dan memukul punggungnya?, ini sesuatu yang mengherankan dimana kaum Muslimin terpaksa diam dari kedholiman…

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: