DURORUL BAHIYYAH : G. BAB HAIDH

January 29, 2016 at 1:48 pm | Posted in fiqih | Leave a comment

G. BAB HAIDH

 

لم يأت في تقدير أقله وأكثره

Tidak ada batasan sedikit maupun banyaknya waktu haidh, sebuah dalil yang dapat

ما تقوم به الحجة، وكذلك الطُّهر، فذات العادة المتقرِّرة

dijadikah hujjah, demikian juga masa suci. Oleh karenanya kebiasan haidh

تعمل عليها، وغيرها

seseorang itulah yang digunakan sebagai patokan. begitu juga yang lainnya dapat

ترجع إلى القرائن،

merujuk kepada indikator-indikatornya.

فدم الحيض يتميز من غيره، فتكون حائضاً

Darah haidh dapat dibedakan dengan darah selainnya, oleh karenanya wanita haidh

إذا رأت دم الحيض، ومستحاضة إذا رأت غيره،

jika melihat darah haidh[1] dan mustahadhoh jika melihat darah yang lain. Dan

وهي كالطاهرة، وتغسل أثر الدم، وتتوضأ لكل صلاة،

istihadhoh adalah seperti kondisi suci, dicuci bekas darahnya, lalu berwudhu tiap kali

والحائض لا تصلي، ولا تصوم، ولا تُوطأ؛

sholat[2]. Wanita haidh tidak sholat dan tidak berpuasa[3], tidak boleh berhubungan

حتى تغتسل بعد الطهر، وتقضي الصيام.

badan, sampai mandi setelah bersuci[4], lalu ia mengqodho puasanya.

فصل: والنفاس أكثره أربعون يوماً، ولا حدّ لأقله، وهو كالحيض.

Pasal : nifas waktu paling banyaknya adalah 40 hari[5], tidak ada batasan minimalnya, ia seperti haidh (dalam hukumnya –pent.)

[1] Berdasarkan hadits Fathimah binti Abi Khubaisy dari Nabi Sholallahu ‘alaihi wa salaam Beliau bersabda :

إِنَّ دَمَ الْحَيْضِ أَسْوَدُ يُعْرَفُ , فَإِذَا كَانَ ذَلِكَ فَأَمْسِكِي عَنِ الصَّلَاةِ , وَإِذَا كَانَ الْآخَرُ؛ فَتَوَضَّئِي وَصَلِّي

Sesungguhnya darah haidh adalah hitam yang sudah diketahui, jika wanita haidh maka janganlah sholat, namun jika darah lain, maka berwudhulah lalu sholat (HR. Thahawi dalam Musykilur Atsar, dishahihkan oleh Imam Ibnu Hazm).

[2] Dari Fathimah bin Abi Khubaisy Rodhiyallahu ‘anha beliau berkata :

يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي امْرَأَةٌ أُسْتَحَاضُ فَلاَ أَطْهُرُ أَفَأَدَعُ الصَّلاَةَ؟ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لاَ، إِنَّمَا ذَلِكِ عِرْقٌ، وَلَيْسَ بِحَيْضٍ، فَإِذَا أَقْبَلَتْ حَيْضَتُكِ فَدَعِي الصَّلاَةَ، وَإِذَا أَدْبَرَتْ فَاغْسِلِي عَنْكِ الدَّمَ ثُمَّ صَلِّي»

Wahai Rasulullah, saya adalah wanita yang istihadhoh, tidak pernah suci, bolehkah aku meninggalkan sholat?, Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wa salaam menjawab : “tidak, itu adalah peluh, bukan haidh, jika darah itu bertepatan dengan masa haidhmu, maka tinggalkan sholat, namun jika sudah selesai, maka cucilah darahmu, lalu berwudhu” (Muttafaqun ‘alaih).

[3] Dari Mu’adzah ia berkata :

سَأَلْتُ عَائِشَةَ فَقُلْتُ: مَا بَالُ الْحَائِضِ تَقْضِي الصَّوْمَ، وَلَا تَقْضِي الصَّلَاةَ. فَقَالَتْ: أَحَرُورِيَّةٌ أَنْتِ؟ قُلْتُ: لَسْتُ بِحَرُورِيَّةٍ، وَلَكِنِّي أَسْأَلُ. قَالَتْ: «كَانَ يُصِيبُنَا ذَلِكَ، فَنُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّوْمِ، وَلَا نُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّلَاةِ»

Aku bertanya kepada Aisyah : “kenapa wanita haidh mengqodho puasa, namun tidak mengqodho sholat?”, beliau menjawab : “kamu khowarij?”, kujawab : “aku bukan khowarij, namun sekedar bertanya”. Aisyah Rodhiyallahu ‘anha menjawab : “kami pernah mengalami haidh, lalu kami diperintahkan mengqodho puasa, dan kami tidak diperintahkan mengqodho sholat” (HR. Muslim).

[4] Berdasarkan Firman Allah Subhanahu wa Ta’alaa :

وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّى يَطْهُرْنَ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللَّهُ

Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: “Haidh itu adalah suatu kotoran.” Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu (QS. Al Baqoroh : 222).

[5] Berdasarkan hadits Ummu Salamah Rodhiyallahu ‘anhu yang berkata :

كَانَتْ النُّفَسَاءُ تَجْلِسُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرْبَعِينَ يَوْمًا

Wanita nifas itu berlangsung nifasnya pada masa Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wa salaam selama 40 hari (HR. Tirmidzi, dikatakan hasan shahih oleh Al Albani).

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: