BERAPA BANYAK MUKJIZAT NABI SHOLALLAHU ALAIHI WA SALAM?

February 6, 2016 at 12:01 am | Posted in Aqidah | Leave a comment

BERAPA BANYAK MUKJIZAT NABI SHOLALLAHU ALAIHI WA SALAM?

 

Soal : apakah kalian bisa menyebutkan seluruh atau sebagian besar mukjizat Nabi sholallahu alaihi wa salam?

Jawab :

Mukjizat Nabi sholallahu alaihi wa salam sangat banyak jumlahnya mencapai lebih dari 1000, sebagaimana ditegaskan oleh Syaikhul Islam Ibnu Qoyyim dalam “Ighootsatul Lahfaan (2/691). Mukjizat-mukijizat ini ada yang terjadi keimana ditegaskan oleh Syaikhul Islam Ibnu Qoyyim dalam mudian sudah berakhir, ada juga yang masih tetap samai waktu yang ditentukan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala, yaitu mukjizat yang agung atas nubuwah Nabi Muhammad sholallahu alaihi wa salam, yaitu Al Qur’an. ayat-ayatny masih tetap ada yang tidak muncul perubahan dan penggantian dan ia memiliki mukjizat dari banyak sisi seperti dari sisi lafadznya, Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah menantang orang Arab yang paling fasih untuk membuat surat yang semisalnya, namun mereka tidak sanggup.

Lalu mukjizat dari sesuatu yang dikabarkan didalam Al Qur’an dari berita-berita yang akan datang, sebagaimana realita yang benar-benar terjadi pada akhirnya, seperti Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala :

الم (1) غُلِبَتِ الرُّومُ (2) فِي أَدْنَى الْأَرْضِ وَهُمْ مِنْ بَعْدِ غَلَبِهِمْ سَيَغْلِبُونَ (3) فِي بِضْعِ سِنِينَ لِلَّهِ الْأَمْرُ مِنْ قَبْلُ وَمِنْ بَعْدُ وَيَوْمَئِذٍ يَفْرَحُ الْمُؤْمِنُونَ (4)

Alif Laam Miim. Telah dikalahkan bangsa Rumawi, di negeri yang terdekat dan mereka sesudah dikalahkan itu akan menang, dalam beberapa tahun lagi. Bagi Allah-lah urusan sebelum dan sesudah (mereka menang). Dan di hari (kemenangan bangsa Rumawi) itu bergembiralah orang-orang yang beriman (QS. Ar Ruum : 1-4).

Lalu mukjizat berupa apa-apa yang merupakan syariat yang muhkam, yangmana manusia semuanya mendapatkan petunjuk karenanya. Begitu juga mukjizat yang berupa ilmu pengetahuan tentang rahasia-rahasia alam, yang kemudian perkembangan ilmu pengetahuan mengungkapnya sedikit demi sedikit.

Adapun mukjizat yang terjadi kemudian sudah berakhir, maka ini sangat banyak, sebagaimana yang telah kami singgung sebelumnya, diantara yang terkenal adalah :

  1. Mukjizat Isro dan Mi’roj, Al Qur’an telah menyebutkan Isro dengan jelas dan mi’raj dengan isyarat, lalu datang hadits-hadits yang shahih yang sangat banyak menjelaskan tentang mi’raj dan apa saja yang terjadi padanya.
  2. Mukjizat terbelahnya bulan, Al Qur’an menyebutkan mukjizat ini dan telah mutawatir hadits-haditsnya, sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Katsir, serta kaum Muslimin telah bersepakat atasnya.
  3. Memperbanyak makanan yang sedikit melalui tangan Rasulullah sholallahu alaihi wa salam hingga makanan tersebut dapat dimakan oleh pejuang Islam, dan masih ada sisanya. Hadits tentang hal ini terdapat didalam Shahih Bukhori dan Muslim serta selainnya.
  4. Mengucurnya air dari jari jemari Nabi sholallahu alaihi wa salam dan memperbanyak air hingga seluruh pejuang Islam dapat minum dan berwudhu darinya. Hadits-hadits tentang hal ini juga terdapat didalam Shahih Bukhori dan Muslim.
  5. Pemberitahuan Nabi sholallahu alaihi wa salam tentang perkara ghoib yang akan terjadi pada masa akan datang, kemudian benar-benar terjadi sebagaimana yang diberitakan tadi. Telah banyak bukti kejadian seperti apa yang dikabarkan Beliau, dan kita senantiasa melihat apa yang dikabarkan Beliau sholallahu alaihi wa salam telah terjadi.
  6. Kesedihan batang kurma, ketika sudah tidak dipakai sebagai mimbar Rasulullah sholallahu alaihi wa salam. Haditsnya di Shahih Bukhori.
  7. Batu yang memberi salam kepada Beliau waktu di Mekkah. Haditsnya di Shahih Muslim.
  8. Menyembuhkan orang yang sakit, hadits-hadits tentang ini sangat banyak di Shahih Bukhori dan Muslim serta selainnya.

Mukjizat-mukjizat sebagaimana yang kami katakan sangat banyak sekali dari jenis seperti ini, para ulama telah banyak menulis buku tentang kumpulan mukjizat-mukjizat Nabi sholallahu alaihi wa salam, seperti Dalain Nubuwah, karya Imam Baihaqi, A’laamun Nubuwah karya Imam al-Mawardiy, dan juga kitab-kitab akidah penuh dengan penyebutan mukjizat-mukjizat tersebut pada pembahasan Iman kepada Rasul.

 

Sumber : https://islamqa.info/ar/103514

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: