DURORUL BAHIYYAH : 2M. SHOLATNYA MUSAFIR

February 9, 2016 at 10:45 pm | Posted in fiqih | Leave a comment

2M. Sholatnya Musafir

 

(باب صلاة السفر)

يجب القصر على من خرج من

Wajib mengqoshor sholat bagi orang yang sudah keluar dari negerinya

قاصداً للسفر؛ وإن كان دون بريد،

dengan tujuan safar[1], sekalipun jaraknya belum satu barid[2]. jika ia tinggal di

وإذا أقام ببلد مترددا؛

negeri tempat safarnya (dan belum ada keinginan untuk menetap), maka ia

قصر إلى عشرين يوماً،

dapat mengqoshor sholat selama 20 hari[3]. Namun jika ia berkeinginan untuk

وإذا عزم على إقامة أربع؛

menetap di negeri tujuan safarnya, maka ia dapat mengqoshor selama 4 hari,

أتم بعدها،

lalu ia menyepurnakan sholat setelah lewat masanya[4]. Ia boleh menjamak

بلده وله الجمع تقديماً وتأخيراً؛ بأذان وإقامتين.

dengan jamak takdim dan takhir, dengan satu adzan dan 2 iqomat[5].

 

 

[1] Berdasarkan hadits Aisyah rodhiyallahu anha beliau berkata :

أَوَّلُ مَا فُرِضَتِ الصَّلَاةُ فِي الْحَضَرِ وَالسَّفَرِ رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ زِيدَ فِي صَلَاةِ الْحَضَرِ، وَأُقِرَّتْ فِي السَّفَرِ

Awal diwajibkan sholat dalam sholat hadir dan safar adalah 2 rokaat, lalu ditambah untuk sholat hadir, dan tetap untuk sholat Ashar (HR. Ibnu Hibban, dishahihkan Al Albani).

[2] 1 barid menurut ukuran sekarang kurang lebih 80 km (Ta’liq Ali Hasan terhadap Ar-Roudhoh).

[3] Berdasarkan hadits Abdullah bin Abbas rodhiyallahu anhu beliau berkata :

سَافَرَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَفَرًا، فَأَقَامَ تِسْعَ عَشْرَةَ يُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ رَكْعَتَيْنِ ” قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ: ” فَنَحْنُ إِذَا سَافَرْنَا، فَأَقَمْنَا تِسْعَ عَشْرَةَ صَلَّيْنَا رَكْعَتَيْنِ رَكْعَتَيْنِ، فَإِذَا أَقَمْنَا أَكْثَرَ مِنْ ذَلِكَ صَلَّيْنَا أَرْبَعًا

Rasulullah sholallahu alaihi wa salam mengadakan safar, lalu Beliau tinggal selama 19 hari dengan mengerjakan sholat 2 rokaat 2 rokaat. Ibnu Abbas rodhiyallahu anhu berkata : “kami jika safar, lalu tinggal selama 19 hari kami sholat 2 rokaat 2 rokaat, jika kami tinggal lebih darinya, maka kami sholat 4 rokaat” (HR. Ahmad, dan Tirmidzi, dishahihkan Syu’aib Arnauth).

[4] Dalam shahihain Nabi sholallahu alaihi wa salam tinggal di Mekkah selama 4 hari dan melaksanakan sholat secara qoshor.

[5] Berdasarkan hadits Jaabir rodhiyallahu anhu yang panjang tentang sifat haji Nabi sholallahu alaihi wa salam didalamnya terdapat lafadz :

حَتَّى أَتَى الْمُزْدَلِفَةَ، فَصَلَّى بِهَا الْمَغْرِبَ وَالْعِشَاءَ بِأَذَانٍ وَاحِدٍ وَإِقَامَتَيْنِ

Hingga Beliau sampai Muzdalifah, lalu sholat Maghrib dengan Isya dengan satu adzan dan 2 iqomat (ini lafadz Muslim).

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: