DURORUL BAHIYYAH : 7D. PASAL HADYU

March 7, 2016 at 10:33 pm | Posted in fiqih | Leave a comment

7D. Pasal Hadyu

 

فصل: والهدي؛ أفضله البدنة، ثم البقرة، ثم الشاة،

Pasal : al-Hadyu[1] yang paling utama adalah al-Badanah/Unta[2], lalu Sapi, lalu

وتجزئ البدَنَة والبقرة عن سبعة،

Kambing. Unta dan Sapi mencukupi untuk 7 orang[3]. Boleh bagi orang yang

ويجوز للمُهدي أن يأكل من لحم هديه، ويركب عليه،

ber-Hadyu untuk makan daging sembelihannya[4], dan menungganginya[5].

ويُنْدب له إشعاره وتقليده،

Dianjurkan untuk memberi tanda dan mengalungkannya[6]. Barangsiapa yang

ومن بعث بهدي؛ لم يحرُم عليه شيء مما يحرم على المُحرم.

diutus membawa hadyu maka ia tidak diharamkan apa yang diharamkan oleh orang yang ihrom[7].

 

 

[1] Para ulama sepakat bahwa al-Hadyu (menyembelih binatang kurban) dianjurkan bagi yang melakukan haji ifrod atau umroh ifrod, dan diwajibkan bagi yang melakukan haji Qoorin dan Tamatu’ (Roudhutun Nadhiyyah).

[2] Berdasarkan Firman Allah dalam surat Al Hajj ayat ke-36 :

وَالْبُدْنَ جَعَلْنَاهَا لَكُمْ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ

Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebahagian dari syi’ar Allah.

[3] Berdasarkan hadits Jaabir Rodhiyallahu ‘anhu beliau berkata :

فَأَمَرَنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ نَشْتَرِكَ فِي الْإِبِلِ وَالْبَقَرِ، كُلُّ سَبْعَةٍ مِنَّا فِي بَدَنَةٍ

Lalu Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wa salaam memerintahkan kami untuk berserikat dalam hadyu Unta dan Sapi, yakni setiap binatang tersebut (bisa) untuk 7 orang (HR. Muslim).

[4] Berdasarkan firman Allah dalam surat Al Hajj ayat ke-36 yang lengkap :

وَالْبُدْنَ جَعَلْنَاهَا لَكُمْ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ لَكُمْ فِيهَا خَيْرٌ فَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَيْهَا صَوَافَّ فَإِذَا وَجَبَتْ جُنُوبُهَا فَكُلُوا مِنْهَا وَأَطْعِمُوا الْقَانِعَ وَالْمُعْتَرَّ كَذَلِكَ سَخَّرْنَاهَا لَكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebahagian dari syi’ar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Kemudian apabila telah roboh (mati), maka makanlah sebahagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Demikianlah Kami telah menundukkan untua-unta itu kepada kamu, mudah-mudahan kamu bersyukur.

[5] Berdasarkan hadits Abu Huroiroh Rodhiyallahu ‘anhu beliau berkata :

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَى رَجُلًا يَسُوقُ بَدَنَةً، فَقَالَ: «ارْكَبْهَا» فَقَالَ: إِنَّهَا بَدَنَةٌ فَقَالَ: «ارْكَبْهَا» قَالَ: إِنَّهَا بَدَنَةٌ قَالَ: «ارْكَبْهَا وَيْلَكَ» فِي الثَّالِثَةِ أَوْ فِي الثَّانِيَةِ

Bahwa Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wa salaam melihat seseorang yang sedang menuntun Badanah (Unta Hadyu), maka Beliau berkata : “tunggangilah!”. Laki-laki tadi menjawab : “ini Badanah”, Nabi Sholallahu ‘alaihi wa salaam kembali berkata : “tunggangilah!”. Laki-laki tadi berkata : “ini Badanah”, maka Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wa salaam pun berkata : “tunggangilah, celaka engkau”, pada ucapan yang ketiga atau kedua kalinya (Muttafaqun ‘Alaih).

[6] Berdasarkan hadits Abdullah bin Abbas Rodhiyallahu ‘anhu beliau berkata :

صَلَّى رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الظُّهْرَ بِذِي الْحُلَيْفَةِ، ثُمَّ دَعَا بِنَاقَتِهِ فَأَشْعَرَهَا فِي صَفْحَةِ سَنَامِهَا الْأَيْمَنِ، وَسَلَتَ الدَّمَ، وَقَلَّدَهَا نَعْلَيْنِ، ثُمَّ رَكِبَ رَاحِلَتَهُ، فَلَمَّا اسْتَوَتْ بِهِ عَلَى الْبَيْدَاءِ أَهَلَّ بِالْحَجِّ»

Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wa salaam sholat Dhuhur di Dzil Hulaifah, lalu Beliau meminta didatangkan Untanya, kemudian beliau menandainya (menggores) di bagian sebelah kanan punuknya, hingga darah mengucur padanya, kemudian Unta tersebut dikalungan di lehernya, kemudian Beliau menungganginya. Tatkala sampai di Baidaa`a beliau bertalbiyyah untuk haji (HR. Muslim).

[7] Berdasarkan hadits Aisyah Rodhiyallahu ‘anha beliau berkata :

كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُهْدِي مِنَ الْمَدِينَةِ فَأَفْتِلُ قَلَائِدَ هَدْيِهِ، ثُمَّ لَا يَجْتَنِبُ شَيْئًا مِمَّا يَجْتَنِبُ الْمُحْرِمُ

Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wa salaam membawa Hadyu dari Madinah, lalu aku yang memutus kalungnya, kemudian beliau tidak menjauhi apapun sebagaimana yang dijauhi oleh orang yang ihrom (HR. Muslim).

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: