JUMLAH NABI 124 RIBU DAN RASUL 315

March 25, 2016 at 1:00 am | Posted in Hadits | Leave a comment

JUMLAH NABI 124 RIBU DAN RASUL 315

 

Nabi r pernah bertanya ditanya tentang jumlah para Nabi  :

قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ كَمْ وَفَّى عِدَّةُ الأَنْبِيَاءِ قَالَ « مِائَةُ أَلْفٍ وَأَرْبَعَةٌ وَعِشْرُونَ أَلْفاً الرُّسُلُ مِنْ ذَلِكَ ثَلاَثُمِائَةٍ وَخَمْسَةَ عَشَرَ جَمًّا غَفِيراً

“Wahai Rasulullah, berapakah jumlah para Nabi? Beliau r menjawab : ”124 ribu dan darinya ada 315 Rasul, suatu jumlah yang sangat banyak sekali”.

Hadits ini datang dari beberapa jalan diantaranya :

  1. Hadits Abu Dzar t
  • Ditulis oleh Imam Thabrani dalam “Al Kabir” (no. 7788), Imam Al Bushiri dalam “Az Zawaaid” (no. 6515) semuanya dari jalan Ma’aan bin Rifaa’ah dari Ali bin Yazid dari Al Qoosim dari Abu Umamah (dalam hadits yang panjang dan didalamnya terdapat pertanyaan dari Abu Dzar seperti diatas).

Sanad ini memiliki beberapa kritikan :

  1. Ma’aan bin Rifaa’ah dinilai oleh Al Hafidz dalam “At Taqriib”, Layyinul hadits (lemah, namun dapat dijadikan penguat).
  2. Ali bin Yazid seorang rowi yang dhaif (lemah), sebagaimana dikatakan oleh Imam Ahmad, Imam Ibnu Ma’in dan Imam Al Haitsami.
  3. Al Qoosim Abu Abdur Rakhman didhaifkan oleh Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya.

 

  • Imam Abu Nu’aim dalam “Al Hilyah” (1/166) menulis jalan lain dari Muhammad bin Ahmad ibnul Hasan, haddatsanaa Ja’far Al Firyaabiy dan haddatsanaa Sulaiman bin Ahmad, haddatsanaa Ahmad bin Anas bin Maalik keduanya berkata, haddatsanaa Ibrohim bin Hisyaam bin Yahya bin Yahya Al Ghosaani, haddatsanii Bapakku dari Kakekku dari Abu Idris Al Khoulaaniy dari Abu Dzar (dalam hadits yang panjang)

Sanad ini memiliki kritikan :

  1. Ibrohim bin Hisyaam, Imam Abu Hatim dan Imam Abu Zur’ah dalam “Jarh wa Ta’dil” menilai Ibrohim ini sebagai rowi “pendusta”
  2. Adanya rowi majhul yaitu Bapaknya Al Ghosaani dan kakeknya.

 

  • Dalam kitab “Mathoolibul ‘Aliyah” (no. 3536) karya Al Hafidz Ibnu Hajar dan juga dalam “Musnad Al Harits” (no. 51) meriwayatkan jalan lain dari akhbaronaa Ma’bad, akhbaronii Fulan di Masjid Damasyqus dari ‘Auf bin Malik ia berkata : “Sesungguhnya Abu Dzar t (dst. Dalam hadits yang panjang).

Sanad ini memiliki kritikan :

  1. Adanya rowi yang Mubham (majhul) antara Ma’bad dengan ‘Auf bin Malik

Namun dalam riwayat “Fawaaid Ibnu Hayaan” (no. 20) terdapat penguat untuk rowi yang Mubham ini dengan sanad : haddatsanaa Abdullah bin Muhammad, haddatsanaa Sa’id, haddatsanaa Muslim dari Muthorif Al Bashri dari Hamiid bin Hilaal dari ‘Auf bin Malik Al Asyja’iiy dari Abu Dzar t (dalam hadits yang panjang, namun hanya disebutkan jumlah Rasul sebanyak 315 tidak terdapat penyebutan jumlah para Nabi u).

Sanad ini memiliki kritikan :

  1. Muthorif rowi yang shoduq namun banyak memiliki kesalahan sebagaimana dinukil dari Al Hafidz dalam “At Taqriib”.

 

  • Imam Thobari menulis dalam kitab “Tarikh” (1/102) dengan sanad : haddatsanii Al Maadhiy bin Muhammad dari Abu Sulaiman dari Al Qoosim bin Muhammad dari Abu Idris Al Khoulaani dari Abu Dzar t (dalam hadits yang panjang)

Sanad ini memiliki kritikan :

  1. Al Maadhiy seorang rowi yang dhoif, sebagaimana dikatakan Al Hafidz dalam “At Taqriib”.
  2. Abu Sulaiman Ali bin Sulaiman, rowi yang majhul, sebagaimana dikatakan oleh Al Hafidz dalam “At Taqriib”.
  3. Al Qoosim bin Muhammad juga majhul menurut Al Hafidz dalam “At Taqriib”.

 

  • Imam Baihaqi menulis dengan sanad lain : haddatsanaa Abul Hasan Ali ibnul Fadhol bin Idris As Saamiriy bibaghdaad, haddatsanaa Al Hasan bin ‘Arofah Al ‘Abadiy, haddatsanii Yahya bin Sa’id As Sa’iidiy Al Bashriy, haddatsanaa Al Malik bin Juroij dari ‘Athoo dari ‘Ubaid bin ‘Umair dari Abu Dzar t (dalam hadits yang panjang, namun disebutkan jumlah Rasulnya 313).

Sanad ini memiliki kritikan :

  1. Yahya bin Sa’id sekalipun rowi yang “Shoduq” namun ia terkadang meriwayatkan hadits-hadits yang ghorib (asing) sebagaimana dikatakan oleh Al Hafidz dalam “At Taqriib”.
  2. Ibnu Juraij seorang Mudallis dan disini meriwayatkan dengan ‘An’anah (dari-dari) sehingga cacat tadlisnya belum terangkat disini.

 

  • Imam Ahmad dalam “Musnad” (no. 22173) Imam Hanad dalam “Zuhud” (no. 1059) dan Imam Baihaqi dalam “Syu’abul Iman” (no. 3419) meriwayatkan dengan sanad semuanya dari : haddatsanaa Al Mas’uudiy dari Abu ‘Umar Asy Syaamiy dari ‘Ubaid ibnul Hashaas dari Abu Dzar t. (dalam hadits yang panjang, namun hanya disebutkan jumlah Rasul sebanyak 315).

Sanad ini memiliki kritikan :

  1. Abu Umar atau Abu ‘Amr dinilai dhoif oleh Al Hafidz dalam “At Taqriib”.
  2. ‘Ubaid ibnul Hashaas dinilai “Layyin” oleh Al Hafidz dalam “At Taqriib”.

 

  1. Hadits Abu Umaamah t
  • Ditulis oleh Imam Ahmad dalam “Musnad” (no. 22948), Imam Ibnu Abi Hatim dalam “Tafsir” (no. 959) semuanya dari jalan Abul Mughiroh dari Ma’aan bin Rifaa’ah dari Ali bin Yazid dari Al Qoosim dari Abu Umamah t ia bertanya kepada Nabi r (sama seperti hadits diatas).

Sanad ini memiliki kritikan :

  1. Ali bin Yazid seorang rawi dhaif
  2. Riwayat ini menunjukkan idhthirob (kegoncangan) karena dalam sanad sebelumnya yang bertanya adalah Abu Dzar t bukan Abu Umamah t.

 

  • Imam Thabrani dalam “Mu’jam Ausath” (no. 403) Imam Baihaqi dalam “Asma wa Shifat” (no. 427) dan Imam Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dalam “Tafsir” (no. 6211) semuanya dari jalan : haddatsanaa Abu Taubah Ar Rabii’ bin Naafi’, haddatsanaa Mu’awiyah bin Salaam dari saudaranya Zaid bin Salaam bahwa ia mendengar Abu Salam berkata, haddatsanii Abu Umamah berkata : seorang laki-laki bertanya kepada Nabi r, ‘Berapa jumlah Rasul? Beliau r menjawab : “315”.

Kedudukan sanad :

Semua perowinya adalah perowi yang tsiqoh berdasarkan penilaian Al Hafidz dalam “At Taqriib”. Rowi yang Mubham (majhul) yang disebutkan oleh sahabat Abu Umamah t kemungkinan besar adalah sahabat Abu Dzar t sebagaimana dalam sanad-sanad sebelumnya.

 

Dalam hadits lain dari sahabat Anas bin Malik t disebutkan jumlah para Nabi lainnya. Riwayatnya ditakhrij oleh Imam Abu Ya’la dalam “Musnad” (no. 4021), Imam Abu Nu’aim dalam “Al Hilyah” (no. 3/53),  dari jalan : haddatsanaa Makkiy bin Ibrohim, haddatsanaa Musa bin ‘Ubaidah dari Yaziid Ar Riqoosiy dari Anas bin Malik t bahwa Rasulullah r bersabda :

بعث الله ثمانية آلاف نبي : أربعة آلاف إلى بني إسرائيل ، وأربعة آلاف إلى سائر الناس

“Allah I mengutus 8000 Nabi, 4000 Nabi diutus kepada Bani Isroil dan 4000 Nabi kepada kelompok manusia lainnya”.

Sanad ini memiliki kritikan :

  1. Musa bin ‘Ubaidah, kata Imam Adz-Dzahabi, para ulama mendhoifkannya.
  2. Gurunya Yaziid juga dhaif sebagaimana kesimpulan Al Hafidz dalam “At Taqriib”.

 

Kesimpulan :

Asy-Syaikh Syaadiy bin Muhammad bin Saalim Alu Nu’man menyusun kitab yang menghimpun perkataan Imam Al Albani terkait masalah aqidah yang berjudul Ma’ushuu’ah Al Albani fii al-‘Aqiidah menukil penilaian Imam Al Albani terhadap hadits ditas, kata beliau :

وجملة القول: إن عدد الرسل المذكورين في حديث الترجمة صحيح لذاته، وأن عدد الأنبياء المذكورين في أحد طرقه، وفي حديث أبي ذر من ثلاث طرق، فهو صحيح لغيره.

Kesimpulannya : jumlah Rasul sebagaimana yang disebutkan pada judul adalah shahih lidzatihi, sedangkan jumlah Nabi sebagaimana disebutkan pada salah satu jalannya dari haditsnya Abu Dzar rodhiyallahu anhu yang terdiri dari 3 jalan, maka statusnya adalah Shahih lighoirihi (8/140).

Pada halaman lain beliau berkata :

وجملة القول أن الأحاديث في عدد الأنبياء مع ضعف أسانيدها متعارضة. وأما عدد الرسل فحديثه صحيح. كما سبق تحقيقه.

Kesimpulannya bahwa hadits jumlah Nabi bersama dengan kedhoifan sanadnya adalah saling menguatkan satu sama lainnya, sedangkan hadits terkait jumlah Rasul adalah shahih sebagaimana tahqiq sebelumnya (8/141 –selesai).

Sedangkan riwayat yang menyebutkan jumlah Nabi sebanyak 8000, datang dengan sanad yang sangat lemah dan kami belum mendapatkan penguat untuk riwayat ini.

 

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: