PENDAPAT IMAM SUYUTHI TENTANG MIHRAB MASJID

September 15, 2016 at 2:20 pm | Posted in fiqih | Leave a comment
Tags:

PENDAPAT IMAM SUYUTHI TENTANG MIHRAB MASJID

 

Imam Abdur Rohman bin Abi Bakar as-Suyuthi (Imam Suyuthi, wafat 911 H) adalah nama yang tidak asing bagi para penuntut ilmu. Beliau memiliki sebuah risalah terkait hukum mihrab masjid yang beliau beri judul “I’lamul Ariib bikhuduutsi bid’atil Mahaarib”. Motivasi beliau menulis risalah ini adalah sebagaimana yang beliau ungkapkan dalam mukadimah risalahnya, bahwa ada sebagian orang yang masih tersembunyi baginya bahwa mihrab masjid adalah bid’ah. Mereka mengira bahwa pada zaman Nabi sholallahu ‘alaihi wa Salam sudah ada mihrab masjid. Namun yang benar menurut beliau bahwa pada zaman Nabi sholallahu ‘alaihi wa Salam tidak ada mihrab, begitu juga kholifah Rasulullah sholallahu ‘alaihi wa Salam yang empat (Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali radhiyallahu ‘anhum) tidak ada mihrab, sampai seratus tahun pertama hijriyyah. Mihrab baru ada pada awal-awal tahun 200-an hijriyyah. Alasan bid’ahnya adalah karena larangan Nabi sholallahu ‘alaihi wa Salam membuat mihrab, itu adalah ciri khas gereja, dan membuat mihrab di masjid adalah tanda-tanda hari kiamat.

Kemudian Imam Suyuthi mulai menyebutkan dalil-dalil yang memperkuat argument beliau, yaitu terkait larangan membuat mihrab beliau membawakan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Baihaqi dalam Sunan Kubro (no. 4304) dengan sanadnya sampai kepada Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu ‘anhu bahwa beliau berkata, Rasulullah sholallahu ‘alaihi wa Salam bersabda :

اتَّقُوا هَذِهِ الْمَذَابِحَ ” يَعْنِي الْمَحَارِيبَ

 “waspadalah kaliah dari al-Madzaabih –yakni mihrab-mihrab”.

Imam Suyuthi menilai hadits diatas shahih lighoirihi.

Lalu beliau menyebutkan beberapa atsar dari para sahabat dan Tabi’in yang menyatakan mereka tidak suka sholat di mihrab masjid.

 

Dalil lainnya adalah bahwa dibuatnya mihrob masjid merupakan salah satu tanda kiamat, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Abi Syaibah dalam “al-Mushonaf” dengan sanadnya sampai kepada Abu Dzar beliau berkata :

مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ أَنْ تُتَّخَذَ الْمَذابِحُ فِي الْمَسَاجِدِ

“diantara tanda kiamat adalah dijadikannya mihrab-mihrab didalam masjid”.

Imam Suyuthi berhujjah dengan atsar mauquf ini, dan mengatakan bahwa hukumnya adalah marfu’ (kepada Nabi sholallahu ‘alaihi wa Salam), karena tanda kiamat adalah suatu hal yang ghoib yang tidak mungkin berasal dari pendapat pribadi Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, namun mesti itu berasal dari wahyu ilahiyyah.

 

Kemudian Imam Suyuthi menutup risalahnya dengan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani dalam “al-Ausath” dari Jaabir bin Usaamah al-Juhniy bahwa beliau berkata :

لَقِيتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي أَصْحَابِهِ بِالسُّوقِ، فَقُلْتُ: أَيْنَ يُرِيدُ رَسُولُ اللَّهِ؟ قَالُوا: «يُرِيدُ أَنْ يَخُطُّ لِقَوْمِكَ مَسْجِدًا» ، قَالَ: فَأَتَيْتُ «وَقَدْ خَطَّ لَهُمْ مَسْجِدًا، وَغَرَزَ فِي قِبْلَتِهِ خَشَبَةٌ، فَأَقَامَهَا قِبْلَةً»

 “aku berjumpa dengan Rasulullah sholallahu ‘alaihi wa salam bersama para sahabatnya di pasar, aku berkata kepada Beliau : “Rasulullah hendak kemana?”, mereka menjawab : “Beliau hendak merencakan membangun masjid untuk  kaummu”. Lalu aku pun mendatanginya, Beliau membuat masjid untuk mereka, lalu Beliau menancapkan kayu di arah kiblat, dan menjadikannya sebagai tanda kiblat”.

 

Demikian ringkasan dari kutaib yang ditulis oleh Imam Suyuthi terkait masalah Mihrob masjid, dimana beliau berkesimpulan bahwa keberadaan mihrob masjid adalah bid’ah. Kutaib ini dicetak oleh penerbit Daar ash-Shohabat lit Turots, yang digabungkan dengan risalah Imam Suyuthi lainnya yang berjudul “Tahdziir as-Saajid min Bida’i Banaail Masaajid” dengan mendapatkan sentuhan pentahqiqan oleh ‘Imaad Thoha. Kitab ini bisa diunduh di http://waqfeya.com/book.php?bid=2231

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: