NAMA-NAMA SURAT DALAM AL QUR’AN

November 19, 2016 at 4:00 pm | Posted in AL QUR'AN | Leave a comment

NAMA-NAMA SURAT DALAM AL QUR’AN

 

Terdapat pembahasan para ulama tentang pemberian nama-nama surat dalam Al Qur’an, apakah pemberian tersebut berasal dari wahyu? Ataukah hasil ijtihad dari sebagian ulama (sahabat Nabi)?. Asy-Syaikh M. Sholih al-Munajid telah membahas pertanyaan tersebut dalam website yang diasuh beliau di link berikut : https://islamqa.info/ar/131664

Dalam artikel di link tersebut dapat kita lihat ada 2 kubu terkait tema kita ini, Imam Suyuthi berani memastikan bahwa semua nama surat adalah tauqifiy alias berdasarkan wahyu, beliau berkata :

 وقد ثبتت جميع أسماء السور بالتوقيف من الأحاديث والآثار ، ولولا خشية الإطالة لبينت ذلك” انتهى 

“telah shahih bahwa seluruh nama surat adalah tauqifiy berdasarkan hadits dan atsar-atsar (sahabat), seandainya tidak khawatir berkepanjangan, niscaya aku akan menyebutkan dalil-dalil tersebut”.

 

Namun melalui pengamatan sederhana di kitab Tafsir Ibnu Katsir, saya menjumpai bahwa tidak semua surat diberikan namanya oleh Nabi sholallahu ‘alaihi wa Salam, memang benar ada juga sebagian surat yang diberi nama oleh sahabat radhiyallahu ‘anhum, akan tetapi dalam tulisan ini saya bermaksud hanya akan menampilkan nama-nama surat yang secara langsung diberikan oleh Nabi sholallahu ‘alaihi wa Salam, tentu saja melalui jalur periwayatan yang shahih yang dinisbatkan secara langsung kepada Nabi sholallahu ‘alaihi wa Salam berdasarkan penilaian ulama hadist. Penelitian sederhana ini, diunggulkan oleh Lajnah Daimah (semacam lembaga fatwa Ulama) Saudi Arabia, dimana mereka menyatakan :

“لا نعلم نصا عن رسول الله صلى الله عليه وسلم يدل على تسمية السور جميعها ، ولكن ورد في بعض الأحاديث الصحيحة تسمية بعضها من النبي صلى الله عليه وسلم ، كالبقرة ، وآل عمران ، أما بقية السور فالأظهر أن تسميتها وقعت من الصحابة رضي الله عنهم” انتهى .

“kami tidak mengetahui nash dari Rasulullah sholallahu ‘alaihi wa Salam yang menunjukkan penamaan seluruh surat (dalam Al Qur’an), namun memang ada di hadis-hadis yang shahih penamaan sebagian surat tersebut dari Nabi sholallahu ‘alaihi wa Salam, seperti surat Al Baqoroh dan Ali Imron. Adapun sebagian penamaan surat lainnya, maka itu berasal dari Sahabat radhiyallahu ‘anhum”.

Fatwa ini juga saya nukil dari link artikel diatas.

 

Oleh karenanya, berikut saya tampilkan dari ke 114 surat dalam Al Qur’an, mana saja yang diberikan namanya secara langsung oleh Rasulullah sholallahu ‘alaihi wa Salam. Ini semuanya diambil dari tafsir Ibnu Katsir, sehingga tidak tertutup kemungkinan ada beberapa nama surat yang terlewat dari pengamatan singkat ini, yang bisa jadi ternyata Rasulullah sholallahu ‘alaihi wa Salam langsung memberikan namanya pada surat yang terluput dalam tulisan.

kemudian tentu saja artikel ini sangat bisa direvisi kembali. Berikut daftar nama-nama suratnya :

  1. Al Baqoroh (surat ke-2)
  2. Ali Imron (Surat ke-3)

Dalilnya adalah sabda Nabi sholallahu ‘alaihi wa Salam :

اقْرَءُوا الزَّهْرَاوَيْنِ الْبَقَرَةَ، وَسُورَةَ آلِ عِمْرَانَ

“hendaknya kalian membaca az-Zahroowain, yakni surat Al Baqoroh dan surat Ali Imron…” (HR. Muslim).

  1. Surat Hud (surat ke-11)

Dalilnya adalah sabda Nabi sholallahu ‘alaihi wa Salam :

شَيَّبَتْنِي هُودٌ، وَالوَاقِعَةُ، وَالمُرْسَلَاتُ، وَعَمَّ يَتَسَاءَلُونَ، وَإِذَا الشَّمْسُ كُوِّرَتْ

“telah membuatku beruban surat Huud, al-Waaqi’ah, al-Mursalaat, ‘amma Yatasaaluun, dan idza asy-Syamsu Kuwwirot” (HR. Tirmidzi, dishahihkan Al Albani).

  1. Surat Al Kahfi (surat ke-18)

Dalilnya adalah sabda Nabi sholallahu ‘alaihi wa Salam :

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

“Barangsiapa yang menghapal 10 ayat pertama dari surat Al Kahfi, maka dia akan dilindungi dari Dajjal” (HR. Muslim).

  1. Surat Al Waqi’ah (surat ke-56)

Dalilnya pada surat Huud.

  1. Surat Al Mursalaat (surat ke-77)

Dalilnya pada surat Huud juga.

 

Demikian yang bisa saya temukan berdasarkan riwayat-riwayat shahihah pada tafsir Ibnu Katsir, penamaan surat-surat dalam Al Qur’an langsung dari Rasulullah sholallahu ‘alaihi wa Salam.

 

Catatan :

Adapun telah shahih, misalnya Rasulullah menyebutkan baca surat Qul Huwallahu Ahad dan yang semisalnya, yang biasanya beliau nukil dari ayat pertama dalam surat tersebut, maka saya memandang itu bukan nama surat, namun hanya sampling mengambil sebagian isi surat, untuk menunjukkan keseluruhan surat tersebut. Sebagaimana ketika beliau hendak mengatakan sholat, terkadang beliau hanya menyebut sujud atau ruku’ untuk mengungkapkannya.

 

Namun memang ada sebagian ulama yang menetapkan misalnya Qul Huwallahu Ahad sebagai nama surat baginya, disamping nama lain yang sudah masyhur yaitu surat Al Ikhlash (surat ke-112) dan begitu seterusnya, sehingga jika demikian maka daftar nama surat yang menjadi tema bahasan artikel ini bisa bertambah. Wallahul A’lam bish Showaab.

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: