MEMBACA AL FATIHAH BA’DA SHOLAT MENURUT IMAM AR-ROMLIY

December 17, 2016 at 4:04 pm | Posted in fiqih | Leave a comment

MEMBACA AL FATIHAH BA’DA SHOLAT MENURUT IMAM AR-ROMLIY

 

سُئِلَ الإمامُ الرَّمليُ : عَنْ قِرَاءَةِ الْفَاتِحَةِ عَقِبَ الدُّعَاءِ بَعْدَ الصَّلَوَاتِ هَلْ لَهَا أَصْلٌ فِي السُّنَّةِ أَمْ هِيَ مُحْدَثَةٌ لَمْ تُعْهَدْ فِي الصَّدْرِ الاوَّلِ , وَإِذَا قُلْتُمْ مُحْدَثَةٌ فَهَلْ هِيَ حَسَنَةٌ أَوْ قَبِيحَةٌ وَعَلَى تَقْدِيرِ الْكَرَاهَةِ هَلْ يُثَابُ قَائِلُهَا أَمْ لا ؟

فَأَجَابَ  بِأَنَّ لِقِرَاءَةِ الْفَاتِحَةِ عَقِبَ الدُّعَاءِ بَعْدَ الصَّلَوَاتِ أَصْلا فِي السُّنَّةِ ، وَالْمَعْنَى فِيهِ ظَاهِرٌ لِكَثْرَةِ فَضَائِلِهَا ,

وَقَدْ قَالَ صلى الله عليه وسلم { فَاتِحَةُ الْكِتَابِ مُعَلَّقَةٌ فِي الْعَرْشِ لَيْسَ بَيْنَهَا وَبَيْنَ اللَّهِ حِجَابٌ }

وَفِيهَا مِنْ الصِّفَاتِ مَا لَيْسَ فِي غَيْرِهَا حَتَّى قَالُوا إنَّ جَمِيعَ الْقُرْآنِ فِيهَا وَهِيَ خَمْسٌ وَعِشْرُونَ كَلِمَةً تَضَمَّنَتْ عُلُومَ الْقُرْآنِ لاشْتِمَالِهَا عَلَى الثَّنَاءِ عَلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ بِأَوْصَافِ كَمَالِهِ وَجَمَالِهِ وَعَلَى الامْرِ بِالْعِبَادَاتِ وَالاخْلاصِ فِيهَا وَالاعْتِرَافِ بِالْعَجْزِ عَنْ الْقِيَامِ بِشَيْءٍ مِنْهَا إلا بِإِعَانَتِهِ – تَعَالَى , وَعَلَى الابْتِهَالِ إلَيْهِ فِي الْهِدَايَةِ إلَى الصِّرَاطِ الْمُسْتَقِيمِ , وَعَلَى بَيَانِ عَاقِبَةِ الْجَاحِدِينَ , وَمِنْ شَرَفِهَا أَنَّ اللَّهَ – تَعَالَى – قَسَمَهَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ عَبْدِهِ وَلا تَصِحُّ الْقِرَاءَةُ فِي الصَّلاةِ إلا بِهَا وَلا يَلْحَقُ عَمَلٌ بِثَوَابِهَا وَبِهَذَا الْمَعْنَى صَارَتْ أُمَّ الْقُرْآنِ الْعَظِيمِ , وَأَيْضًا فَلِكَثْرَةِ أَسْمَائِهَا , وَكَثْرَةُ الاسْمَاءِ تَدُلُّ عَلَى شَرَفِ الْمُسَمَّى , وَلانَّ مِنْ أَسْمَائِهَا أَنَّهَا سُورَةُ الدُّعَاءِ وَسُورَةُ الْمُنَاجَاةِ وَسُورَةُ التَّفْوِيضِ وَأَنَّهَا الرَّاقِيَةُ وَأَنَّهَا الشِّفَاءُ وَالشَّافِيَةُ لِقَوْلِهِ صلى الله عليه وسلم { إنَّهَا لِكُلِّ دَاءٍ } وَقَالُوا إذَا عَلَّلْت أَوْ شَكَيْت فَعَلَيْك بِالْفَاتِحَةِ فَإِنَّهَا تَشْفِي .

 

فتاوى الامام شهاب الدين أحمد بن أحمد الرملي الشافعي (رحمه الله تعالى)]

Soal : Imam Ar-Romliy –Aimah dari kalangan Syafi’iyyah- ditanya tentang hukum membaca surat Al fatihah setelah berdoa pada saat selesai sholat fardu, apakah hal tersebut memiliki asal dari sunah atau itu merupakan perkara bid’ah yang tidak pernah dilakukan oleh generasi pertama. Jika antum mengatakan itu adalah bid’ah, apakah ini hasanah atau qobiihah, dan kalau dimakruhkan apakah orang yang membacanya akan diberikan pahala atau tidak?

Jawab :

Membaca Al Fatihah setelah berdoa pada saat selesai sholat, ia memiliki landasan dalam as-Sunnah, maksudnya sangat jelas bahwa membaca Al Fatihah memiliki keutamaan yang sangat banyak. Rasulullah sholallahu ‘alaihi wa Salam bersabda :

“Al Fatihah tergantung diatas Arasy, tidak ada penghalang antara Al Fatihah dengan Allah”.

Al fatihah punya keistimewaan yang tidak ada pada surat selainnya, hingga para ulama mengatakan, “Al Qur’an terkumpul seluruhnya pada Al Fatihah yang terdiri dari 25 kalimat, yang mengandung ilmu-ilmu Al Qur’an, karena mengandung juga pujian dari Allah, yangmana Dia mensifatinya dengan sifat-sifat yang sempurna dan indah yang terdapat didalamnya perintah beribadah dan mengikhlaskannya kepada-Nya. Didalamnya juga terkandung kelemahan untuk menegakkan (perintah dan larangan Allah) kecuali berkat pertolongan dari-Nya, kemudian adanya permohonan mendapatkan hidayah ke jalan yang lurus dan penjelasan bagi orang-orang yang bersungguh-sungguh menempuh jalan itu.

Diantara kemuliannya juga, Allah Ta’aalaa membagi antara Diri-Nya dengan hamba-Nya, dan tidak sah sholat, kecuali dengan membaca Al Fatihah. Tidak diberikan pahala sholat (tanpa membaca Al Fatihah), oleh karenanya jadilah surat ini sebagai induk Al Qur’an. Begitu juga banyaknya nama surat ini, dan banyaknya nama menunjukkan atas kemulian yang diberikan nama, diantara nama surat ini adalah surat doa, surat munajah, surat tafwiidh, dan disebut juga ruqyah, Asy-Syifaa (obat) serta Asy-Syaafiyah, berdasarkan sabda Nabi sholallahu ‘alaihi wa Salam :

“sesungguhnya Al Fatihah itu (obat) untuk setiap penyakit”.

Para ulama berkata : “jika kalian sakit atau tersengat binatang berbisa, maka gunakanlah Al Fatihah, karena itu adalah obat”.

 

Sumber : http://www.ghrib.net/vb/showthread.php?t=13438

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: