SEDEKAHNYA ORANG YANG SEHAT DAN SAKIT PARAH

December 18, 2016 at 3:05 am | Posted in fiqih | Leave a comment

SEDEKAHNYA ORANG YANG SEHAT DAN SAKIT PARAH

 

Faedah yang sayang jika tidak terdokumentasikan dari penjelasan Imam Ibnu Utsaimin dalam tulisan beliau syarah Riyadhus Sholihin (hadits no. 6). Beliau menyebutkan bagi orang yang sehat wal afiat atau menderita sakit ringan, maka terserah baginya untuk menyedekahkan hartanya sebanyak apapun yang ia kehendaki, mau sepertiganya, setengahnya, dua pertiganya, maupun seluruhnya dengan catatan kata beliau :

لكن لا ينبغي أن يتصدق بماله كله؛ إلا إن كان عنده شيء يعرف أنه سوف يستغني به عن عباد الله.

“namun hendaknya tidak menyedekahkan hartanya seluruhnya, kecuali jika ia memiliki sesuatu yang sudah diketahuinya bahwa nanti akan datang (harta) yang mencukupkan dirinya dari meminta-minta kepada orang lain”.

Namun jika orang tersebut menderita sakit parah yang dikhawatirkan berujung kepada kematiannya, maka tidak boleh baginya bersedekah melebihi sepertiga hartanya. Alasanya kata beliau :

لأن المريض مرض الموت المخوف لا يجوز أن يتصدق بأكثر من الثلث، لأن ماله قد تعلق به حق الغير؛ وهم الورثة

“karena orang yang sakit dengan sakit yang bisa membawanya kepada kematian, tidak boleh baginya bersedekah lebih dari sepertiga, karena hartanya sudah terikat dengan orang lain, yaitu menjadi warisan (keluarganya)”.

Dalilnya adalah hadits Sa’ad bin Sinaan Rodhiyallahu ‘anhu beliau berkata dalam potongan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim dan ini lafadz Muslim :

يَا رَسُولَ اللهِ، بَلَغَنِي مَا تَرَى مِنَ الْوَجَعِ، وَأَنَا ذُو مَالٍ، وَلَا يَرِثُنِي إِلَّا ابْنَةٌ لِي وَاحِدَةٌ، أَفَأَتَصَدَّقُ بِثُلُثَيْ مَالِي؟ قَالَ: «لَا»، قَالَ: قُلْتُ: أَفَأَتَصَدَّقُ بِشَطْرِهِ؟ قَالَ: «لَا، الثُّلُثُ، وَالثُّلُثُ كَثِيرٌ ، إِنَّكَ أَنْ تَذَرَ وَرَثَتَكَ أَغْنِيَاءَ، خَيْرٌ مِنْ أَنْ تَذَرَهُمْ عَالَةً يَتَكَفَّفُونَ النَّاسَ

“wahai Rasulullah telah sampai kepadaku penyakit parah, sebagaimana yang engkau lihat, aku memiliki harta, dan tidak ada yang mewarisi hartaku kecuali satu orang anak perempuan. Apakah aku boleh bersedekah dengan duapertiga hartaku?”, Nabi Sholallahu ‘alaihi wa Salaam menjawab, “tidak boleh”. Lanjutku, “bagaimana kalau aku bersedekah dengan setengahnya?”, jawab Nabi, “tidak boleh”. “kalau sepertiga?”, kata Nabi Sholallahu ‘alaihi wa Salaam : “sepertiga itu banyak, sesungguhnya engkau meninggalkan ahli warismu dalam kondisi kaya itu jauh lebih baik daripada engkau meninggalkan mereka dalam kondisi miskin yang menengadahkan tangannya kepada orang-orang (menjadi pengemis –pent.)”.

 

Kemudian Imam Ibnu Utsaimin menukil pendapat dikalangan ulama Hanabilah, kalau pun seseorang merasa bahwa harta warisannya sudah melebihi kebutuhan ahli warisnya dan ia mau bersedekah, maka ia berwasiat dengan menyedekahkan seperlima dari hartanya, kata beliau –Rahimahullah- :

قال فقهاؤنا رحمهم الله والأفضل أن يوصي بالخمس، لا يزيد عليه؛ اقتداء بأبي بكر الصديق رضي الله عنه

“para ulama madzhab kami berkata, yang lebih utama adalah ia berwasiat dengan seperlima hartanya, jangan lebih dari itu, dalam rangka meneladani Abu Bakar Ash-Shiddiq Rodhiyallahu ‘anhu”.

Imam Abdur Rozaq meriwayatkan dengan sanadnya sampai kepada Qotadah beliau berkata :

أَنَّ أَبَا بَكْرٍ، أَوْصَى بِالْخُمُسِ وَقَالَ: ” أُوصِي بِمَا رَضِيَ اللَّهُ بِهِ لِنَفْسِهِ ثُمَّ تَلَا {وَاعْلَمُوا أَنَّمَا غَنِمْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَأَنَّ لِلَّهِ خُمُسَهُ} [الأنفال: 41]

“bahwa Abu Bakar Rodhiyallahu ‘anhu berwasiat dengan seperlima hartanya, lalu beliau berkata : “aku berwasiat dengan apa yang Allah ridho untuk Dirinya, kemudian beliau membacakan ayat : “ Ketahuilah, sesungguhnya apa saja yang dapat kamu peroleh sebagai rampasan perang, maka sesungguhnya seperlima untuk Allah” (QS. Al Anfaal : 41).

Namun sanad atsar diatas lemah, karena Qotadah tidak berjumpa dengan Abu Bakar Rodhiyallahu ‘anhu, sehingga terjadi inqitho’ (keterputusan) dalam sanadnya. Wallahul A’lam.

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: