UMROH LEBIH DARI SATU KALI

February 28, 2017 at 6:25 am | Posted in Tulisan Lainnya | Leave a comment

HUKUM UMROH LEBIH DARI SATU KALI DALAM SATU KALI BERPEGIAN KE MEKKAH
Kita yang tinggal di tanah Air untuk melakukan perjalanan umroh ke Mekkah, tentu membutuhkan tenaga, waktu dan biaya yang tidak sedikit. Sehingga bagi orang yang dikaruniai Rizki oleh Allah untuk bisa hadir di tanah suci, tentu merupakan kesempatan emas untuk beribadah sebanyak-banyaknya disana. Salah satu ibadah utama yang banyak dijadikan tujuan utama berkunjung ke Mekkah adalah umroh. 

Mengingat umroh dapat dilaksanakan kurang dari satu hari, dan biasanya jamaah umroh berada di Mekkah lebih dari dua hari, maka bagaimana hukumnya mengulangi umroh lagi pada keesokan harinya, dan seterusnya sesuai kadar kemampuannya. Dalam hal ini para ulama berbeda pendapat :

1. Tidak membolehkan mengulangi umrohnya. Ini pendapatnya Imam Thawus, ibnu taimiyyah dan dibahas oleh syaikh abdul azhim baidhowi dalam Al Wajiiz. 

2. Hal tersebut diperbolehkan dan ini madzhabnya mayoritas ulama. Namun mereka berbeda pendapat dimana startnya lagi bagi orang yang ingin mengulangi umrohnya, ada yang mengatakan ia harus start dari miqot awalnya, ada yang mengatakan ia cukup keluar dari tanah halal di Tan’im misalnya dan ia mulai umrohnya untuk kedua, ketiga dan seterusnya dari sana. 
Alaa kulli hal, pendapat yang kedua bagi jamaah umroh tanah air lebih menyenangkan dan meringankan krn setiap orang tidak mudah melakukan perjalanan kesana mengingat faktor-faktor yang telah disebutkan.  Dan dengan mengambil pendapat yang kedua seseorang bisa melakukan badal umroh kepada orang-orang yang dicintainya. 

Wallahu a’lam.

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: