BERBURU DENGAN ALAT BERBURU

March 12, 2017 at 4:52 am | Posted in Tulisan Lainnya | Leave a comment

FIQIH RINGKAS BERBURU DENGAN ALAT BERBURU

¥¥¥¥¥¥

Diketik oleh Neno Triyono pada hari Ahad pagi, 12 Maret 2017
Pada pembahasan lalu kita telah menyebutkan tentang aturan berburu menggunakan binatang buruan yang terlatih. Sekarang Insya Allah bi idznillah pembahasannya terkait berburu menggunan alat berburu, seperti : panah, tombak, senapan angin dan semisalnya. Aturannyab:

1. Alat berburunya harus tajam,  jika pakai panahan, anak panahnya harus tajam, jika pakai senapan, maka pelurunya harus tajam. Karena jika tidak tajam, binatang buruannya tidak boleh dikonsumsi, berdasarkan hadits :

“Apabila yang mengenai (hewan buruan) bagian yang tajam maka makanlah, tapi apabila yang mengenai tongkatnya (bukan bagian yang tajam) dan menjadikannya mati maka janganlah kamu makan, karena dia termasuk waqiydz (hewan yang mati karena pukulan benda tumpul) (HR.  Bukhori). 

Dan ini sesuai dengan Firman Allah subhanahu wa ta’ala :

“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul (benda tumpul) , yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya,  …” (QS. Al-Maidah [5]: 3).

2. Kemudian sebelum memanah, melempar atau menembak, disyariatkan membaca Basmallah. Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

ﻭَﺇِﻥْ ﺭَﻣَﻴْﺖَ ﺳَﻬْﻤَﻚَ ﻓَﺎﺫْﻛُﺮْ ﺍﺳْﻢَ ﺍﻟﻠَّﻪِ

“Jika engkau memanah, maka sebutlah nama Allah” (Muttafaqun ‘Alaih). 

3. Kemudian terkait buruannya, jika terkena anak panah, peluru atau tombak kita, maka ada beberapa kondisi :

A.  Langsung mati di tempat, maka yang ini jelas boleh dikonsumsi. 

B.  Tidak mati, namun sudah lumpuh, sehingga ditangkap hidup-hidup, maka disembelih terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. 

C. Binatang buruannya masih sempat kabur dalam kondisi terluka, maka perlu diperhatikan, jika kemudian kita menemukannya dengan kondisi sudah mati di tempat lain dan ada bekas luka terkena anak panah, atau tombak kita dan yang semisalnya, maka buruan tersebut boleh dikonsumsi. Namun jika matinya tenggelam di sungai atau kondisi yang serupa yang menjukkan bahwa ia mati bukan karena serangan yang kita lakukan kepadanya, maka tidak boleh dikonsumsi. Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

ﻓَﺈِﻥْ ﻏَﺎﺏَ ﻋَﻨْﻚَ ﻳَﻮْﻣًﺎ ﻓَﻠَﻢْ ﺗَﺠِﺪْ ﻓِﻴﻪِ ﺇِﻻ ﺃَﺛَﺮَ ﺳَﻬْﻤِﻚَ ﻓَﻜُﻞْ ﺇِﻥْ ﺷِﺌْﺖَ، ﻭَﺇِﻥْ ﻭَﺟَﺪْﺗَﻪُ ﻏَﺮِﻳﻘﺎً ﻓِﻲ ﺍﻟْﻤَﺎﺀِ ﻓَﻼ ﺗَﺄْﻛُﻞْ

“Jika ia kabur (setelah kena senjata kita-pent) dan hilang dari engkau satu harian, lalu engkau tidak menemukannya kecuali dalam kondisi mati akibat bekas serangan, maka konsumsilah jika mau, namun jika engkau menemukannya tenggelam di sungai, maka jangan dikonsumsi” (Muttafaqun ‘alaih). 

4. Jika misalnya kita menggunakan tombak atau yang semisalnya, dan ternyata hewan buruan kita terkena bagian yang tumpul, maka jika mati karenanya, hewan tersebut dinamakan waqidz yang haram dikonsumsi. Namun jika hanya terluka dan masih hidup, maka disembelih terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. 

5. Adapun jika dari awal alat berburu kita menggunakan benda tumpul, maka ini masuk larangan untuk menyakiti hewan sebelum dibunuh. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melarang Khadzaf, Beliau berkata : “Khadzaf itu tidak mematikan binatang buruan, tidak pula membunuh musuh, ia hanya melepaskan mata dan memecahkan gigi.” (HR. Al-Bukhari).

Khodzaf itu semacam menggunakan ketapel yang diisi kerikil. 
Referensi :

https://konsultasi.wordpress.com/2012/04/30/hukum-berburu-dengan-senapan-angin/

http://taimiah.net/index.aspx?function=Printable&id=977&node=8154

http://www.alifta.net/Fatawa/fatawaChapters.aspx?languagename=ar&View=Page&PageID=1598&PageNo=1&BookID=2

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: