AS-SUNNAH BAB. 1 (BAG. 5)

April 11, 2017 at 1:00 am | Posted in Tulisan Lainnya | Leave a comment

By Neno Triyono

Hadits no. 8

Imam Ibnu Abi ‘Ashim berkata :

٨- ثنا الْحَوْطِيُّ ثنا أَبُو الْيَمَانِ ثنا صَفْوَانُ بْنُ عَمْرٍو عَنْ مَاعِزٍ التَّمِيمِيِّ عَنْ جَابِرِ بْنِ عبد الله عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:

“إِنَّ الشَّيْطَانَ قَدْ يَئِسَ أَنْ يَعْبُدَهُ الْمُصَلُّونَ وَلَكِنْ بالتحريش بينهم”.

“Sesungguhnya syaithon benar-benar putus asa untuk mengharapkan disembah oleh orang-orang yang sholat, namun ia tidak berputus asa untuk mengadu domba diantara kalian” *[Shahih] *.
*Penjelasan :*

1. Keutamaan orang-orang yang menegakkan sholat, dimana sholatnya mampu mencegahnya dari perbuatan keji dan mungkar. Dan jika dia benar-benar jujur dengan sholatnya, maka tidak terbetik keinginan sedikitpun untuk menyembaj setan terkutuk, karena dia sudah berikrar dalam sholatnya “hanya kepada Engkau-Lah, Yaa Allah, kami menyembah”.

2. Orang-orang yang meninggalkan sholat rawan terjatuh dalam kesyirikan, karena dia tidak punya tempat bergantung dalam menyelesaikan problematika hidupnya. Allah subhanahu wa ta’alaa berfirman:

وَاسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ  وَاِنَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْنَ 

“Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Dan (sholat) itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk,” (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 45)

Maka orang yang malas sholat, bisa jadi ia mencari pertolongan kepada selain Allah. 

3. Namun ada pintu yang kebanyakan orang lalai padanya, yaitu pintu untuk bermusuhan dengan saudaranya sesama Muslim. Lewat pintu inilah setan berusaha keras masuk merayu agar para hamba-hamba Allah berseteru, sehingga dakwah mentauhidkan Allah bisa sedikit terhambat, karena saling menyibukan diri sesama para pejuang dakwah. 

4. Diantara rahasia setan masuk lewat pintu permusuhan adalah sebuah hadits :
ﺗﻔﺘﺢ ﺃﺑﻮﺍﺏ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻳﻮﻡ ﺍﻻﺛﻨﻴﻦ ﻭﻳﻮﻡ ﺍﻟﺨﻤﻴﺲ ﻓﻴﻐﻔﺮ ﻟﻜﻞ ﻋﺒﺪ ﻻ ﻳﺸﺮﻙ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﺷﻴﺌﺎ ﺇﻻ ﺭﺟﻼ ﻛﺎﻧﺖ ﺑﻴﻨﻪ ﻭﺑﻴﻦ ﺃﺧﻴﻪ ﺷﺤﻨﺎﺀ ﻓﻴﻘﺎﻝ : ﺃﻧﻈﺮﻭﺍ ﻫﺬﻳﻦ ﺣﺘﻰ ﻳﺼﻄﻠﺤﺎ، ﺃﻧﻈﺮﻭﺍ ﻫﺬﻳﻦ ﺣﺘﻰ ﻳﺼﻄﻠﺤﺎ، ﺃﻧﻈﺮﻭﺍ ﻫﺬﻳﻦ ﺣﺘﻰ ﻳﺼﻄﻠﺤﺎ

“ Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka akan diampuni semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatupun, kecuali dua orang laki-laki yang terdapat permusuhan antara dia dengan saudaranya. Maka dikatakan: ‘Tangguhkan oleh kalian kedua orang ini, sampai keduanya berdamai. Tangguhkan oleh kalian kedua orang ini, sampai keduanya berdamai. Tangguhkan oleh kalian kedua orang ini, sampai keduanya berdamai.’ (HR.Muslim).
_Catatan untuk pelajaran kitab As-Sunnah_

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: