TETAP MENDAPATKAN PAHALA ATAS NIATNYA

April 30, 2017 at 12:50 am | Posted in Tulisan Lainnya | Leave a comment

SESEORANG TETAP MENDAPATKAN PAHALA ATAS NIAT BAIKNYA, SEKALIPUN REALISASINYA TERNYATA BERBEDA DENGAN NIATNYA SEMULA
By. Neno Triyono
Kaedah diatas diucapkan oleh al-‘Alamah ibu Utsaimin dalam syarah Riyadhus Shalihin :

وأن الإنسان يكتب له أجر ما نوي؛ وإن وقع الأمر على خلاف ما نوي

“Seseorang akan ditulis pahala atas apa yang dia niatkan, sekalipun realisasinya ternyata tidak sesuai dengan apa yang diniatkan semula”.
Contoh dari kaedah ini :

Seorang yang wajib zakat menyerahkan zakatnya kepada fulan yang dia sangka fulan tersebut adalah mustahiq / orang yang berhak menerima zakat. Di kemudian hari diketahui bahwa ternyata si fulan adalah orang kaya, yang sesungguhnya fulan ini tidak berhak menerima zakat. Maka berdasarkan kaedah diatas, zakat orang tersebut tetap sah, telah dianggap melepaskannya dari beban zakat yang diwajibkan kepadanya. 
Dalil dari kaedah ini adalah hadits no. 5 dalam kitab Riyadhus Shalihin :

وعن أبي يزيد معن بن يزيد بن الأخنس رضي الله عنهم، وهو وأبوه وجده صحابيون، قال‏:‏ كان أبي يزيد أخرج دنانير يتصدق بها فوضعها عند رجل في المسجد فجئت فأخذتها فأتيته بها، فقال‏:‏ والله ما إياك أردت، فخاصمته إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال‏:‏ ‏”‏ لك ما نويت يا يزيد، ولك ما أخذت يامعن‏”‏ ‏(‏‏(‏رواه البخاري‏)‏‏)‏‏.‏

“Dari Abu Yazid yaitu Ma’an bin Yazid bin Akhnas radhiallahu ‘anhum. Ia, ayahnya dan kakeknya adalah termasuk golongan sahabat semua. Kata saya: “Ayahku, yaitu Yazid mengeluarkan beberapa dinar yang dengannya ia bersedekah, lalu dinar-dinar tersebut diserahkan kepada seseorang di dalam masjid (agar dia membagikannya kepada fuqoro -pensy). Saya – yakni Ma’an anak Yazid – datang untuk mengambilnya, kemudian saya menemui ayahku dengan dinar-dinar tadi. Ayah berkata: “Demi Allah, bukan engkau yang kukehendaki – untuk diberi sedekah itu.”

Selanjutnya hal itu saya adukan kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam., lalu beliau bersabda:

“Bagimu adalah apa yang engkau niatkan hai Yazid, sedang bagimu adalah apa yang engkau ambil, hai Ma’an”. (Riwayat Bukhari)
*Ta’liqiy :*

Namun ada beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku dalam menerapkan kaedah tersebut, yakni amalan yang ternyata berbeda dengan niat awalnya adalah amalan yang tidak menyelisihi syari’at Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Artinya sekedar niat baik saja, tidak cukup seseorang layak mendapatkan pahala, tapi harus memenuhi syarat satunya lagi yaitu mutaba’ah (mengikuti)  syariat Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Oleh karenanya telah masyhur sebuah perkataan yang sangat menarik dari Abdullah bin Mas’ud yang diriwayatkan oleh Imam Ad-Darimi dengan sanad hasan :

ﻭَﻛَﻢْ ﻣِﻦْ ﻣُﺮِﻳﺪٍ ﻟِﻠْﺨَﻴْﺮِ ﻟَﻦْ ﻳُﺼِﻴﺒَﻪُ

“Berapa banyak orang yang berniat baik, tapi tidak mendapatkan kebaikan”.
Terkait contoh yang diberikan yakni seorang yang keliru memberi zakat yang semula dia menduga yang diberinya adalah orang miskin, namun di kemudian hari ternyata dia orang yang kaya, apakah diterima zakatnya? 

Al-‘Alamah ibnu Utsaimin berpendapat itu diterima, begitu juga ini menjadi pandangan dalam madzhab hambali. 

Namun sebagian ulama, seperti sebagian kalangan Syafi’iyah sebagaimana yang saya baca dalam Al-Majmu Syarah Al-Muhadzab, berpendapat zakatya tidak sah, wajib diulang lagi. Pendapat ini dirajihkan oleh asy-syaikh DR. Muhammad bin Muhammad al-Mukhtar asy-Syinqithiy. 
Tambahan referensi :

http://www.shankeety.net/Alfajr01Beta/index.php?module=Publisher&section=Topics&action=ViewTopic&topicId=103

https://islamqa.info/ar/179635
_Catatan untuk pelajaran Syarah Riyadhus Shalihin_

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: