HUKUM BERWUDHU LEBIJ DARI TIGA KALI

May 8, 2017 at 8:05 am | Posted in Tulisan Lainnya | Leave a comment

HUKUM BERWUDHU  LEBIH DARI TIGA KALI
Para ulama sepakat bahwa membasuh anggota wudhu sebanyak satu kali telah mencukupi sahnya berwudhu. Kemudian disunahkan untuk membasuhnya sebanyak dua kali dua kali, dan yang lebih utama lagi sebanyak tiga kali tiga kali. 
Adapun berwudhu lebih dari empat kali empat kali, maka para ulama juga sepakat akan kemakruhannya.  Bahkan Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

ﻓَﻤَﻦْ ﺯَﺍﺩَ ﻋَﻠَﻰ ﻫَﺬَﺍ ﻓَﻘَﺪْ ﺃَﺳَﺎﺀَ ﻭَﺗَﻌَﺪَّﻯ ﻭَﻇَﻠَﻢَ ‏

“Barangsiapa yang melebihi (3 kali basuhan), maka dia telah berbuat jelek, melampaui batas dan berbuat zholim (HR. Abu Dawud, Nasa’i dan dishahihkan Al Albani). 
Adapun terkait apakah batal wudhunya bagi orang yang sengaja berwudhu sebanyak empat kali misalnya? Imam Nawawi menegaskan bahwa madzhab syafi’i semuanya sepakat tidak batal wudhunya dan juga ini madzhabnya para ulama pada umumnya, hanya saja Imam Darimu menukil bahwa ada sebagian orang yang mengatakan batal wudhunya. Alasannya dikiaskan dengan menambahi jumlah rokaat dalam sholat. Namun Al Hafidz ibnu hajar mengatakan ini adalah qiyas yang rusak. 
Namun bukan berarti jika wudhunya tidak batal, lantas tidak berdosa, karena Rasulullah telah menyebutnya sebagai orang yang berbuat jelek, melampai batas dan berbuat dholim. 
NB : yang dihitung adalah basuhan sempurna, misal dia membasuh kakinya dengan dua guyuran air, krn satu guyuran belum menjangkau seluruh bagian kaki yang wajib dibasuh, lalu dia ulangi lagi guyuran kedua untuk menyempurnakannya, maka ini tetap dihitung satu basuhan. Jadi yang dimaksud adalah basuhan secara sempurna mengenai anggota wudhu yang wajib dibasuh seluruhnya. 
Referensi : https://islamqa.info/ar/225952
_catatan untuk pelajaran shahih Bukhori_

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: