PERBEDAAN QIROAH ASHIM ANTARA RIWAYAT HAFSH DENGAN SYU’BAH

May 21, 2017 at 12:03 am | Posted in Tulisan Lainnya | 3 Comments

PERBEDAAN QIRO’AH ASHIM ANTARA RIWAYAT HAFSH DENGAN SYU’BAH
Sebagaimana diketahui qiroah al qur’an yang biasa kita baca adalah qiroah ashim dengan menggunakan riwayat hafsh. Para ulama sudah menyebutkan alasan kenapa qiroah Ashim dengan riwayat Hafsh lebih banyak diaplikasikan oleh kaum muslimin, selain karena mudahnya, sanad qiroah ini juga memiliki tempat tersendiri di hati kaum muslimin. Yakni Imam Ashim mengambil qiroah ini dari gurunya Abu Abdurrahman as-Sulamiy, kemudian as-Sulamiy mengambil qiroahnya dari amirul mukminin Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu, yangmana beliau bertalaqi langsung  kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. 
Kemudian Imam Ashim ternyata mengambil qiroah juga dari guru lainnya yakni Zirr bin Khubaisy, yangmana Zirr ini bertalaqi kepada sahabat yang mulia Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu anhu yang juga merupakan murid Rasulullah dalam qiroah Al Qur’an. Bacaan Imam Ashim dari Abdullah bin Mas’ud inilah yang kemudian diajarkan kepada Syu’bah, sehingga kemudian ada istilah qiroah ashim dengan riwayat Syu’bah. 
Kemudian setelah dibandingkan oleh para ulama kita, ternyata terjadi beberapa perbedaan cara baca antara riwayat Hafsh dengan Syu’bah yang sama-sama bertalaqi kepada Imam Ashim, karena memang Imam Ashim mengajarkan versi yang berbeda kepada Hafsh dan Syu’bah. Alhamdulillah para ulama telah menyusun mushaf Al Qur’an qiroah Ashim dengan riwayat hafsh dan ini sudah umum dimiliki oleh kaum muslimin, kemudian juga telah disusun qiroah ashim dengan riwayat Syu’bah. 
Bagi yang ingin memiliki mushaf Al Qur’an qiroah Ashim dengan riwayat Syu’bah dapat didownload di link berikut : 

https://archive.org/details/sas66b_yahoo_Pdf
Sedangkan bagi yang ingin mengetahui perbedaan antara riwayat hafsh dengan ashim dapat memiliki mushafnya dengan mengunduhnya pada link berikut :

Click to access MOS7F_H_SHH.pdf

Kita juga bisa menyimak beberapa contoh perbandingan riwayat hafsh dengan syu’bah di surat Al Baqoroh dengan menyaksikan video pada link berikut : 

(Namun dalam video tersebut ada ralat kesalahan untuk menit kedelapannya) 
Saya lampirkan juga contoh perbedaan riwayat hafsh dengan syu’bah di mushaf yang bisa didownload diatas.

3 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Kalau mau download makalah perbedaan nya dimana ya? Seperti makalah yg ada di video itu

    Like

  2. saya juga belum dapat linknya

    Like

  3. Assalamu’alaikum izin download ya ustadz. Syukron

    Like


Leave a comment

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.