BUKA PUASA KARENA MENOLONG ORANG LAIN

June 16, 2017 at 9:19 pm | Posted in Tulisan Lainnya | Leave a comment

TERPAKSA BERBUKA PUASA KARENA MENOLONG ORANG LAIN
Telah masyhur pembahasan terkait siapa saja yang boleh untuk tidak berpuasa, seperti wanita haidh dan nifas, wanita hamil atau menyusui, musafir, orang yang sakit, orang jompo dan semisalnya. Namun barangkali ada yang tidak mengetahui bagaimana hukumnya orang yang sedang berpuasa ketika dihadapkan pada situasi emergency seperti dia melihat ada orang yang tenggelam, atau ada kebakaran. Kemudian dia telah memiliki basic renang atau fire fighting, sehingga secara naluri dia terpanggil untuk menyelamatkan korban atau segera bertindak memadamkan api. Cuma yang jadi masalah adalah bahwa kegiatan ini membutuhkan ekstra tenaga, sedangkan dia dalam kondisi puasa, ditambah lagi misalnya cuacanya sangat terik panasnya. Otomatis agar dia tidak menjadi korban ketika melakukan pertolongan, dia butuh asupan makan minum untuk memperkuat kondisi fisiknya. Permasalahannya apakah boleh berbuka baginya?  Dan jika boleh bagaimana cara menggantinya, apakah cukup mengqodho atau juga wajib membayar fidyah? 
Para ulama kita sebenarnya sudah membahasnya dalam kitab-kitab fiqih mereka.  Diantara yang telah membahasnya dengan baik adalah al-‘Alamah ibnu Utsaimin dalam kitabnya “Asy-Syarh al-Mumti'”, beliau mengatakan bahwa untuk kasus kita ini, orang tersebut boleh baginya berbuka puasa dan cukup mengqodhonya saja pada hari yang lain. 
pendapat seperti ini, dinukil juga dari Imam Nawawi sebagaimana dikatakan oleh asy-syaikh Muhammad Ali Firkous -Hafizhahullah- dalam website resminya : https://ferkous.com/home/?q=fatwa-1061

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: