DOA DALAM ISTILAH NAHWU 

June 24, 2017 at 10:08 pm | Posted in Tulisan Lainnya | Leave a comment

DO’A DALAM ISTILAH NAHWU
didalam kitab al-Jurumiyyah ketika disebut bab tentang “Jawaazim al-Mudhoori'”, yangmana Imam ibnu Ajurruum menghitungnya ada 18 buah. Diantara al-Adawaatu (alat) yang menjazmkan fi’il Mudhori’ adalah laam al-Amr dan Ad-Du’aa` serta Laa fii an-Nahyi dan ad-Du’aa`.
Kemudian pensyarah kitab al-Jurumiyyah, yakni asy-syaikh Muhyiddin Abdul Hamid dalam kitabnya “at-Tuhfah as-Saniyyah” menerangkan bahwa laam al-Amr dan laam ad-Du’aa` secara makna adalah sama yaitu meminta untuk mengerjakan suatu pekerjaan dengan permintaan yang pasti. Hanya saja bedanya al-Amr adalah perintah dari pihak yang lebih tinggi kepada yang rendah. Sedangkan ad-Du’aa` adalah perintah dari yang rendah kepada yang tinggi. 
Kemudian laa an-Nahiy dan laa ad-Du’aa` juga sama, yaitu meminta untuk tidak mengerjakan sesuatu dan meninggalkannya, bedanya dari sisi siapa yang memerintahkan sebagaimana dalam penjelasan laam al-Amri. 
Dari sinilah kita bisa memahami mengapa para ulama tidak absen dari menuliskan adab-adab dalam berdoa, karena urusannya sangat besar yaitu kita “memerintah” Sang pencipta agar menunaikan hajat yang kita inginkan. Namun bukan berarti karena segan dengan kondisi ini, lantas kita meninggalkan berdoa kepada Allah, karena Allah subhanahu wa ta’ala sendiri yang memerintahkan agar kita senantiasa berdoa kepada-Nya. 

ﻭَﺇِﺫَﺍ ﺳَﺄَﻟَﻚَ ﻋِﺒَﺎﺩِﻱ ﻋَﻨِّﻲ ﻓَﺈِﻧِّﻲ ﻗَﺮِﻳﺐٌۖ ﺃُﺟِﻴﺐُ ﺩَﻋْﻮَﺓَ ﺍﻟﺪَّﺍﻉِ ﺇِﺫَﺍ ﺩَﻋَﺎﻥِۖ ﻓَﻠْﻴَﺴْﺘَﺠِﻴﺒُﻮﺍ ﻟِﻲ ﻭَﻟْﻴُﺆْﻣِﻨُﻮﺍ ﺑِﻲ ﻟَﻌَﻠَّﻬُﻢْ ﻳَﺮْﺷُﺪُﻭﻥَ

“ Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran .” (Al-Baqarah: 186)

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: